BERLITERASI MEMBANGUN NEGERI

Dalam rangka menggalakkan budaya literasi di sekolah, SMK Negeri 6 Surakarta menghadiri “Peluncuran Buku dan Workshop Kepenulisan Komunitas Penulis rumah Virus Literasi Dalam Rangka Peringatan Bulan Bahasa 2022”. Acara ini digelar di Yogyakarta selama tiga hari, 21-23 Oktober 2022 oleh Komunitas Rumah Literasi (RVL).

Acara yang digelar di Balai Besar Guru Penggerak DIY dan mengusung tema “Berliterasi Membangun Negeri” ini juga disertai dengan bazar dan hibah buku serta workshop penulisan untuk guru. Dalam acara ini pula, RVL meluncurkan 185 judul buku karya para penulis dengan tema berbeda.

Hal ini menjadi motivasi tersendiri bagi peserta yang hadir, khususnya bagi tim literasi SMK PK Pemadanan yang dinahkodai oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. dan didampingi oleh ibu Nurul Yuhana, S.Pd., M. Si.(bidang SDM), bapak Mochamad Sofwan, S.Pd.,M.Pd.(tim literasi digital) dan ibu Sri Setyaningsih, S.Pd.(tim literasi digital). Muchammad Khoiri, Ketua RVL, mengajak semakin banyak orang untuk menulis dan memproduksi buku berkualitas dengan berbagai tema. “Ini merupakan kepedulian RVL untuk menularkan virus literasi, terutama keterampilan menulis khususnya kepada para guru.” Demikian yang disampaikannya dalam acara ramah tamah dan perkenalan peserta.

Dalam gelaran acara yang dibuka secara resmi dan daring oleh Plt Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Prof. Dr. Nunuk Suryani, dihadiri pula secara luring oleh pejabat setempat, pengurus komunitas, serta tak kurang 100 pegiat literasi dari seluruh Indonesia.

Demi menularkan virus literasi kepada seluruh peserta melalui workshop yang digelar secara luring, narasumber memotivasi dan melatih peserta untuk konsisten menulis. Selain ilmu kepenulisan, peserta juga dibekali dengan teknik-teknik menerbitkan buku.

Selain secara luring, workshop tetap dilanjutkan secara daring hingga total 32 JP untuk praktik menulisnya.

Materi disampaikan oleh para narasumber yang juga praktisi dalam kepenulisan buku yang karya-karyanya sudah tidak terhitung lagi. Diantaranya ada Bapak Much. Khoiri, ketua umum RVL, yang juga dosen dan penulis buku. Ada pula Prof. Dr. Ngainun Naim, S.Ag., M.Hi, dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang juga seorang penulis buku. Serta beberapa narasumber lain yang kesemuanya adalah penulis buku.

Materi tentang motivasi dan praktik kepenulisan yang diberikan di acara ini, siap untuk ditularkan kepada warga SMK Negeri 6 Surakarta khususnya siswa. Mari, berliterasi membangun negeri. Salam Literasi! (NN)