ORIENTASI PENGENALAN NILAI dan ETIKA INSTANSI PEMERINTAH bagi PPPK Tahun 2022

Pertama-tama kita panjatkan Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, yang telah  melimpahkan karunianya kepada kita semua sehingga, kami Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) Pemerintah Propinsi Jawa Tengah melalui Baadan Sumber Daya  dan Maunusia tengah melaksanakann Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah yang diselenggaran mulai tanggal 27 Oktober s.d 8 Nopember 2022, dalam rangka mengembangkan kopentensi dan Sumber Daya Manusia  (SDM) yang professional dan berakhlak

Peserta kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah meliputi Guru PPPK  baik formasi tahun 2019 maupun tahun 2021 yang sudah terdaftar sebagai peserta kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah Tahap ke 2.  Kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah dilakukan secara daring dan luring . Secara Daring dimulai tanggal 27 Oktober hingga 2 Nopember 2022 melalui On Line/ Zoom  dan aplikasi LMS-SIPTENAN,  selanjutnya dilanjutkan secara luring selama 5 (lima) hari mulai dari tanggal 3 hingga 8 Nopember 2022 di instansi masing-masing peserta bertugas,  tidak terkecuali dengan peserta Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah dari SMK Negeri 6 Surakarta.

Kurikulum Orientasi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Provinsi Jawa Tengah terdiri atas materi umum, terdiri atas visi misi dan kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Struktur Organisasi dan Tata Kerja OPD Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, manajemen Kepegawaian dan Penilaian Kiner PPPK. Untuk menunjang materi umum, peserta Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah melakukan kegiatan On The Job Traning (OJT). Materi selama OJT meliputi :

1) Rencana Strategis OPD

2) Struktur Organisasi dan Tugas Pokok Fungsi OPD

3) Penerapan Tugas dan Fungsi PPPK di Tempat Kerja, serta

4) Pelayanan Publik

Peserta Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah SMK Negeri 6 Surakarta terdiri dari 9 Peserta  yaitu

  1. Suwito, S,Kom
  2. Tri Haryani, S.Kom
  3. Raini Prasetyawati, S.Pd
  4. Dwi Safrudin, S.Pd
  5. Binar Aris Purwaka, S.Kom
  6. Bertha Galuhandini, S. Sn, M. Sn
  7. Ratnawati, S.Pd
  8. Era Sukmawati, SSi
  9. Jenji Jajilah R Nurjanah, S.Pd

Dengan Mentor dan Narasumber Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. sekaligus selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta.

Rencana strategis Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) sangat penting untuk dipahami guru PPPK sebagai dasar untuk melakukan pengembangan diri guna merancang diri menjadi ASN yang berkualitas, berkontribusi, berakhlak serta peningkatan kualitas pelayanan, dan peningkatan keprofesionalan kerja. Selain memahami rencana strategis OPD, peserta OJT PPPK wajib mengetahui dan memahami struktur organisasi SMK Negeri 6 Surakarta dengan tugas pokok dan fungsinya , sebagai dasar untuk melaksanakan tugas dan  berkomunikasi dalam structural kerja. Sebagai wujud penerapan tugas dan fungsi PPPK di SMK Negeri 6 Surakarta, peserta On Job Training (OJT) membuat program kerja sesuai dengan latar belakang pendidikan masing-masing peserta PPPK. Selain itu peserta OJT juga melakukan pelayanan bersifat public misalnya memberikan pelayanan di perpustakaan, pelayanan di resepsionis, serta menjadi petugas STP2K.

Sebagai akhir kegiatan Orientasi Pengenalan Nilai dan Etika Instansi Pemerintah peserta OJT wajib melakukan seminar dihadapan penguji untuk memaparkan hasil program yang telah dirancang. Kesemua kegiatan disebut dimaksudkan untuk mewujudkan ASN PPPK yang berakhlak dan berkualitas sesuai dengan Visi Pemerintah Jawa Tengah   “Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari” Tetep Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi”