Pekan Penilaian Dan Asesmen Sumatif 2022 SMK Negeri 6 Surakarta

Tenang dan bersahaja.

Suasana yang terkondisi di lingkungan SMK Negeri 6 Surakarta yang sudah berlangsung sejak hari Senin, 28 Nopember 2022. Pasalnya selama sepekan kedepan sedang berlangsung penilaian dan asesmen sumatif semester gasal untuk tahun ajaran 2022/2023. Pekan asesmen yang dijadwalkan berlangsung 28 Nopember 2022 – 6 Desember 2022 ini, disambut dan dilaksanakan oleh seluruh siswa dengan sukacita. Semangat mereka terlihat dari aktivitas belajar mereka yang rela datang ke sekolah lebih pagi dari biasa. Jika pemandangan di hari-hari biasa terlihat mereka sibuk dengan telepon genggamnya, maka selama pekan penilaian dan asesmen sumatif berlangsung, mereka nampak tekun membuka dan menekuri buku-bukunya.

Sesuai dengan yang diamanatkan dalam kurikulum merdeka yang kini berlaku, maka adanya penilaian atau asesmen sumatif betujuan untuk menilai pencapaian tujuan pembelajaran dan/atau Capaian Pembelajaran murid, sebagai dasar penentuan kenaikan kelas dan/atau kelulusan dari satuan pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar murid dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar murid dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

Tidak hanya murid yang menyambut pekan penilaian dan asesmen sumatif dengan semangat dan sukacita, tetapi bapak ibu guru dan karyawan turut berbahagia menghadapi kegiatan ini. Panitia telah menyiapkan seminggu sebelum jadwal pelaksanaan tiba. Persiapan jauh hari ini, lantaran semester ganjil tahun ajaran 2022/2023, penilaian dan asesmen kembali berbasis pada kertas. Meski tetap ada yang secara daring, namun mayoritas melaksanakannya secara luring.

Dalam sambutannya saat pembukaan penilaian dan asesmen sumatif berlangsung di aula utama SMK Negeri 6 Surakarta pada hari Senin, 28 Nopember 2022. Kepala sekolah, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. berpesan agar bapak ibu pengawas dapat guyup rukun melaksanakan tugas kepengawasan dengan baik, demi menanamkan karakter jujur pada murid. Agar murid terbiasa berpikir kritis dan berintegritas sesuai dengan yang diamanatkan dalam profil pelajar Pancasila.

Mari dukung dan laksanakan penilaian/asesmen sumatif semester gasal tahun ajaran 2022/2023 dengan penuh tanggungjawab.

Prestasi Yes, Jujur hal yang utama! (NN)