KEGIATAN PENYELARASAN KURIKULUM KELAS INDUSTRI BINAAN SINARMAS DAN ASTRA BERSAMA VOKASI UGM

SMK Negeri 6 Surakarta merupakan salah satu SMK yang menerima bantuan CSR dari Sinarmas dan Astra dalam wujud kelas industri Digital Marketing Communication (DMC) di tahun 2021. Guna menunjang pembelajaran di kelas industri diperlukan penyelarasan kurikulum yang ada yaitu kurikulum dari Pemerintah (Kurikulum Merdeka), kurikulum Sinarmas, dan kurikulum dari Vokasi UGM selaku pendamping.
Penyelarasan kurikulum antara sekolah binaan Sinarmas dan Astra bersama Vokasi UGM dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 20 Desember 2022 di Kaliurang, Yogyakarta. Adapun peserta dari kegiatan ini adalah SMK Negeri 6 Surakarta (DKV), SMK Negeri 2 Surakarta dan SMK Negeri 5 Surakarta (RPL). Inti dari kegiatan ini adalah sebagai berikut :
1. Evaluasi kegiatan pembelajaran kelas industri di SMK binaan.
2. Penyelarasan kurikulum yang terintegrasi bersama pendamping dari Vokasi UGM.
3. Rencana program pengembangan SDM SMK di bidang DMC dan RPL tahun 2023.

Narasumber dari Vokasi UGM selaku pendamping antara lain :
1. Muh. Sidiq Wicaksono
2. Dinar Nugroho Pratomo
3. Irkhan Huda
4. Yusron Fuadi
5. Agusta Ika Prihanti
6. Fani Pramuditya

Kurikulum Program DKV SMK N 6 Surakarta diselaraskan dan dikembangkan sesuai perkembangan industri di bidang DMC tanpa mengurangi elemen-elemen yang terdapat pada Fase E dan F di Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Selain capaian pada hardskill, juga menekankan pada softskill yg harus dikembangkan pada peserta didik.


Di akhir kegiatan, tersusun Kurikulum Integrasi untuk Program keahlian DMC SMK Negeri 6 Surakarta yang nantinya akan diimplementasikan dalam pembelajaran khususnya pada kelas industri binaan Sinar Mas dibawah pendampingan Vokasi UGM, Yogyakarta.

SMK berkembang bersama dan sejalan dengan industri.