MEMBANGUN JIWA KEPEMIMPINAN

Dalam rangka membangun kepemimpinan bagi para siswa, SMK Negeri 6 Surakarta mengadakan kegiatan LDK OSIS dan MPK masa bakti 2022 yang di hadiri oleh seluruh pengurus OSIS dan MPK yang dilakukan selama dua hari yaitu pada hari Jumat sampai dengan Sabtu, 9-10 Desember 2022. Pembukaan berlangsung di Aula SMK Negeri 6 Surakarta, dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdianti SSi, MPd.

LDK merupakan bagian dari pelatihan dan pengembangan SDM, yang memiliki tujuan untuk mempersiapkan SDM dalam organisasi di sekolah agar memiliki jiwa kepemimpinan dan mampu bekerja secara efektif. Tujuan dilaksanakan LDK tersebut adalah mengasah kemampuan para pengurus OSIS dan MPK agar dapat mengambil keputusan terbaik untuk kepentingan sekolah. Selain itu juga melatih kemampuan komunikasi yang baik kepada para peserta melalui pelatihan Public Speaker yang disampaikan oleh Ibu E Retna Palupi, SPd, MPd, selain menyampaikan bagaimana prosedur menyusun proposal kegiatan. Selain itu para peserta juga mendapatkan materi  tentang pembentukan karakter  dengan Tema Character Building dari Bapak Danang Eko S, SPd, selaku Wakil kepala Sekolah bidang Kesiswaan  mulai dari terbentuknya karakter siswa. Sebelum acara penyampaian materidi hari pertama berakhir, diadakan ramah tamah. Para peserta sangat antusias mengikutinya, walaupun acara dilaksanakan pada malam hari dan seluruh peserta menggunakan dresscode batik.

Di akhir sesi kegiatan,pada hari ke dua dilaksanakan outbond, yang bertujuan untuk untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif, serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi, juga akan menambah pengalaman hidup seseorang menuju sebuah pendewasaan diri. Sebelum kegiatan LDK ditutup dilakukan kerja bakti membersiahkan seluruh area tempat kegiatan berlangsung oleh seluruh peserta LDK.#erpe#