WORKSHOP PENYUSUNAN EVALUASI DIRI SEKOLAH MENGAWALI KEGIATAN AWAL SEMESTER GENAP DI SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Senin, 2 Januari 2023 merupakan hari pertama mulai masuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2023. Para peserta didik khususnya siswa SMK Negeri 6 Surakarta hiruk pikuk memasuki gerbang SMK Negeri 6 Surakarta, mereka sudah mulai masuk untuk belajar di sekolah. Sebagian besar putra-putri kelas X diantar orang tua, ada yang naik kendaraan umum, ada yang bersama dengan kakak kelas. Siswa kelas XI dan XII sebagian besar membawa kendaraan sendiri, tetapi masih ada juga yang diantar orang tua ataupun naik kendaraan umum. Mereka semua menunjukkan ceria dan penuh semangat untuk menapakkan langkah belajar di SMK Negeri 6 tercinta.

Hari pertama masuk dimulai dengan pembinaan Wali Kelas, Upacara ditiadakan. Wali Kelas memberikan pengarahan di kelasnya masing-masing. Setelah Pembinaan Wali Kelas, anak-anak di berikan tugas, karena Bapak Ibu Guru menghadiri undangan Workshop dan Rapat Dinas di aula mulai jam 08.30 – 15.30.

Workshop akan dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 2 Januari sampai dengan 4 Januari 2023. Workshop hari pertama “Penyusunan Evaluasi Diri Sekolah”.

Workshop dimulai dengan Pembukaan, Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Arahan oleh Kepala Sekolah Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Sn,M.Pd., Pembinaan Plt. Kepala Cabdin Wilayah VII Bapak Suratno S.Pd, M.Pd, dilanjutkan acara inti yaitu Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Sekolah oleh Plt Ka Sie SMK Cabdin Wilayah VII Bapak Pangarso Yuliatmoko, M.Pd, diakhiri dengan Penutup.

Setelah workshop selesai, dilanjutkan Rapat Dinas yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah yaitu Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd.

Pembukaan dibuka dengan do’a yang dipimpin oleh Bapak Badarudin Muhammad Khadam, S.PdI, yang intinya semoga workshop Penyusunan Evaluasi Diri Sekolah berjalan lancar, bermanfaat dan membawa berkah. Dengan khusuk para peserta workshop mengamini do’a yang dipimpin oleh Bapak Badar.

Setelah do’a selesai, dilanjutkan dengan Menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Istiningtyas Rahayu, S.Sn, M.Pd. Dengan sikap sempurna penuh hikmat Bapak Ibu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia.

Ibu Nurul Yuhana, S.Pd, M.Si, sebagai Pembawa Acara melanjutkan acara berikutnya yakni Arahan Kepala Sekolah, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd.

Ibu Titik memberi apresiasi kepada Bapak Ibu guru karyawan yang penuh semangat menghadiri undangan untuk mengikuti Pembinaan dari Plt. Ka Cabdin VII dan Workshop dari Plt. Ka Sie SMK Cabdin Wilayah VII. Beliau juga memberikan informasi antara lain tentang Cuti Tahunan, SKP Tahunan, Pembagian Tugas Guru, Guru Penggerak, Sosialisasi TEFA, Hasil Akreditasi Sekolah dan Perpustakaan, prestasi yang telah diraih sekolah serta tantangan-tantangan yang akan dihadapi, misalnya SMK PK Lanjutan, LKS, Literasi, meraih prestasi sebagai Juara di segala bidang, Kenaikan Pangkat, Akun belajar-id dan sebagainya.

Kemudian acara berikutnya, Pembinaan Plt. Ka Cabdin Wilayah VII, Bapak Suratno, S.Pd, M.Pd. Dalam pembinaannya Bapak Suratno menghimbau kepada Bapak Ibu Peserta workshop tentang kesadaran dalam bekerja, kesadaran dapat memunculkan keikhlasan yang merupakan salah satu bentuk dari ibadah yang dapat menjadi amal jariyah melalui ilmu yang bermanfaat yang diberikan kepada para peserta didik. SMKN 6 merupakan sekolah unggulan yang harus dapat menyamakan komitmen, misi, dan visi. Guru diharapkan dapat mengajar, memberikan teladan dan juga sebagai inspirator, sanggup bekerja keras dan disiplin. Beliau berpesan agar semua warga sekolah tetap selalu semangat, diharapkan untuk meraih prestasi setinggi mungkin, menjadi orang yang maju orang yang mau mengevaluasi diri dan sanggup memperbaiki kelemahannya, dan mampu mewujudkan impian yang belum tercapai.

Workshop Penyusunan Evaluasi Diri Sekolah yang merupakan acara inti, disampaikan oleh Plt. Ka Sie SMK Cabdin VII, Bapak Pangarso Yuliatmoko, S.Pd, M.Pd. Evaluasi diri sekolah adalah proses yang mengikutsertakan semua pemangku kepentingan untuk membantu sekolah dalam menilai mutu penyelenggaraan Pendidikan berdasarkan indikator-indikator kunci yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan. Melalui EDS kekuatan dan kemajuan sekolah dapat diketahui dan aspek-aspek yang memerlukan peningkatan dapat diidentifikasi. Bapak Pangarso juga menjelaskan apa tujuan dari evaluasi diri sekolah. Evaluasi diri sekolah digunakan untuk mengetahui capaian apa yang sudah dicapai sekolah untuk progres kemajuan sekolah yang dilakukan secara bersama-sama.

Evaluasi diri dapat dari Rapor Pendidikan, Kondisi sekolah, Asesmen Nasional, Dapodik, Tracer study, dan yang lainnya. Dapat juga dari Indikator kemampuan Literasi, Numerasi, Karakter, Iklim keamanan sekolah, Iklim kebhinekaan.

Bukti fisik dalam Evaluasi Diri Sekolah antara lain dari aspek Siswa, SDM, Kurikulum, Sarana Prasarana, Dudika.

Pak Pangarso mengakhiri workshop dengan memberikan Rekap Nilai EDS Penjaminan Mutu SMK, Tahun 2022.

Workshop diakhiri dengan Penutup, acara workshop Penyusunan Evaluasi Diri Sekolah ditutup oleh Pembawa Acara, dan selanjutnya istirahat.

Setelah waktu istirahat, dilanjutkan Rapat Dinas, penyampaian informasi dari Kepala Sekolah, WKS 1, WKS 2, WKS 3, WKS 4, Wakil Manajemen Mutu dan KTU.

Rapat Dinas ditutup oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd. dengan launching Yel-Yel SMK Negeri 6 Surakarta… Viska Jaya (HU)