WORKSHOP KETATAUSAHAAN

Dalam rangka peningkatan pelayanan prima tenaga kependidikan SMKN 6 Ska pd hari ini Rabu, 11 Januari 2023 di Aula SMKN 6 Ska diselenggarakanlah Workshop Ketatausahaan dengan thema “Pelayanan Prima”

Dibuka oleh MC ib Sulistyani Budiarti, Amd kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diregennya mbak Sintia, setelah itu sambutan oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd selaku Kepala Sekolah, dalam sambutannya antara lain disampaikan bhw menjadi tenaga kependidikan tdk merupakan sebagai warga negara kelas 2 atau kelas berapa, tetapi Bersama-sama kita baik guru maupun tenaga kependidikan saling bahu membahu untuk mencerdaskan anak bangsa ini.

Sebagai tenaga kependidikan kita bekerja sesuai dengan tupoksi masing-masing yang sudah diberikan. Kita bekerja dengan niat sungguh-sungguh dan bersyukur denga napa yang ada, dan melaksanakan dengan tulus dan iklas serta dengan hasil yang baik. Jadikan kita “role model” sebagai seorang pekerja agar orang lain mengenal kita dengan julukan atau predikat pekerja yang rajin, disiplin , tanggung jawab dsb.

Selanjutnya workshop diisi dengan materi “Pelayanan Prima” narsum oleh Bp. Selamet Hutomo. SE selaku Kasubbag TU SMKN 6 Ska, dalam materi yang disampaikan bhw dalam melaksanakan tugas pelayanan prima mempunyai dasar-dasar sbb :

  • Kemampuan (ability)
  • Kemampuan tertentu yang memiliki kemampuan kerja di bidang kerja yang ditekuni, yang dibutuhkan untuk menunjang program layanan prima (excellent service) seperti : melaksanakan komunikasi yang efektif, mengembangkan motivasi, dan menggunakan humas sebagai alat untuk membina hubungan ke dalam dan ke luar organisasi / perusahaan.
  • Sikap (attitude)
  • Perilaku tertentu yang harus ditonjolkan ketika berhadapan dengan pelanggan.
  • Penampilan (Apprearance)
  • Penampilan fisik ataupun non fisik yang merefleksikan kredibilitas kepada pelanggan.
  • Perhatian (Attention)
  • Kepedulian penuh terhadap pelanggan yang berkaitan dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, maupun memahami saran dan kritiknya.
  • Tindakan (Action)
  • Kegiatan nyata yang dilakukan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.
  • Tanggungjawab (Accountability)

Sikap keberpihakan kepada pelanggan sebagai bentuk kepedulian untuk meminimalkan ketidakpuasan pelanggan

TUJUAN PELAYANAN PRIMA :

  1. Untuk memberikan pelayanan yang bermutu tinggi kepada pelanggan/ pengguna produk
  2. Untuk menimbulkan keputusan dari pihak pelanggan agar segera membeli barang/ jasa yang ditawarkan pada saat itu juga
  3. Untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang/ jasa yang ditawarkan.
  4. Untuk menghindari terjadinya tuntutan-tuntutan yang tidak perlu dikemudian hari terhadap produsen
  5. Untuk menciptakan kepercayaan dan kepuasan kepada pelanggan
  6. Untuk menjaga agar pelanggan merasa diperhatikan segala kebutuhannya
  7. Untuk memepertahankan pelanggan/ pengguna produk

HARAPAN  dari masyarakat sbg konsumen dapat memperoleh layanan yang memenuhi kebutuhan mereka dan hasilnya memuaskan mereka.

KESIMPULAN

Pelayanan prima merupakan kegiatan pelayanan yang dilaksanakan oleh penyelenggara pelayanan public sebagai upaya pemenuhan kebutuhan penerima pelayanan maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan secara baik atau minimal sesuai dengan standar pelayanan yang telah ditentukan.

Setelah selesai penyampaian materi, dilanjutkan diskusi permasalahan di tiap-tiap lini struktur ketatausahaan. Diskusi dibagi menjadi 6 kelompok, masing-masing mendiskusikan permasalahan yang ditemui, kemudian ada usulan solusi, yang nnt akan diteruskan ke pihak Pimpinan dan tim manajemen sekolah. Harapan ke depan tenaga kependidikan lebih meningkata kinerja dalam pelayanan di smua lini, yang berimbas pada terselenggaranya proses Pendidikan di SMKN 6 Surakarta menjadi lebih baik lagi.