SOSIALISASI PERGURUAN TINGGI SWASTA

Semangattt pagii

Pagi pagi pagi

SMK Viska! smart dan semangat!

SMK! Bisa!

SMK! Hebat!

SMK! Bisa hebat!

SMK Viska! Jaya!!!

Pekikan yel-yel SMK Negeri 6 Surakarta oleh kelas XII OTKP 1 dan XII AKL 1,2,3 menggugah semangat peserta didik pada Selasa, 10 Januari 2022 bertajuk Sosialisasi Perguruan Tinggi Swasta. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran terhadap peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah lulus dari SMK Negeri 6 Surakarta. Dalam kegiatan ini Perguruan tinggi swasta yang terlibat, antara lain Universitas Slamet Riyadi (UNISRI), STIE YKPN Yogyakarta, Politeknik Indonusa Surakarta, diakhiri ITS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Salah satu alumni SMK Negeri 6 Surakarta dari jurusan OTKP yang saat ini melanjutkan studi di Ilmu Administrasi Negara, Novi, mewakili UNISRI dalam mensosialisasikan PMB di UNISRI. Sosialisasi diawali dengan penjelasan masing-masing fakultas di UNISRI. Bahkan dipaparkan juga prospek kerja ke depannya. Peserta didik sangat antusias dengan kegiatan ini.

Pada sesi kedua, disampaikan oleh Bapak Hermada Dekiawan selaku wakil direktur III Bidang Kemahasiswaan dari Politeknik YKPN Yogyakarta. Beliau menjelaskan bahwa politeknik YKPN Yogyakarta merupakan universitas dalam bentuk vokasi, sehingga Politeknik YKPN ini tidak mengenal jurusan, akan tetapi langsung program studi. Adapun Politeknik YKPN Yogyakarta sudah terakreditasi A. Dalam paparannya, beliau menyampaikan tips memilih prodi, yaitu berpikir rasional, bukan emosional, prospektif ke depan masih tinggi kebutuhannya, fleksibilitas tinggi di pasar tenaga kerja, serta mendukung cita-cita Anda.

Sesi ketiga, disampaikan oleh tim dari Politeknik Indonusa Surakarta. Sosialisasi ini dihadiri kelas XII jurusan DKV RPL, dan OTKP 2. Menurut bapak Dian selaku Kepala bagian Humas Politeknik Indonusa, “Kuliah adalah salah satu masa pembentuk kedewasaan”. Imbuhnya “Politeknik Indonusa juga memiliki unit usaha yang cukup banyak sebagai salah satu tempat mengembangkan skill mahasiswa”. Program studi yang ada menyediakan berbagai pilihan kelas, diantaranya kelas pagi, kelas petang, kelas karyawan, maupun kelas transfer.

Sesi terakhir, dimulai pukul 12.30 tepat oleh tim dari ITS PKU Muhammadiyah Surakarta bersama kelas XII OTKP 3 dan PM. Selain mempromosikan program studi, tim ITS PKU juga memberikan pemahaman prospek pekerjaan dalam bidang Kesehatan. Di akhir waktu 13:30, seluruh rangkaian kegiatan ini terlaksana dengan lancar. Akhirnya, acara ini ditutup dengan pembagian doorprice terlebih dahulu. Meskipun diakhir sesi, peserta didik terlihat antusias untuk mendapatkan doorprice dengan cara menjawab pertanyaan. Dengan kegiatan sosialisasi ini, semoga dapat menambah referensi peserta didik tentang perguruan tinggi swasta.