LITERASI RELIGI, SMK NEGERI 6 SURAKARTA BERDAYAKAN SISWA MUSLIM MELALUI KEGIATAN ROHANI ISLAM

Solo, 17 Januari 2023. Fondasi kekuatan agama yang matang bagi siswa akan menuntun pola sikap santun dan bersahaja dalam bersikap maupun bertutur kata ketika siswa berkomunikasi baik formal maupun nonformal. Kebersahajaan inilah yang ingin ditampilkan di garda terdepan SMK Negeri 6 Surakarta sebagai Sekolah Ramah Anak, Sekolah Anti Bullying, dan Sekolah Program Keunggulan yang berkarakter.

Memiliki Siswa yang Berkarakter Unggul dan Berdaya Pikir Tinggi berlandaskan Kekuatan Keyakinan atau Keagamaan Tentu Adalah Impian Semua Orang, Masyarakat, dan organisasi/lembaga. SMK Negeri 6 Surakarta Sebagai Lembaga Penyelenggara Pendidikan harus mampu mengakomodasi semua mimpi dan realisasi tersebut. Salah satu organisasi yang ternaungi oleh SMK Negeri 6 Surakarta adalah Organisasi ROHIS ( Rohani Islam). Penasaran apa ituRohis dan ada apa saja isinya? Simaklah tutur tulis berikut ini.

ROHIS merupakan singkatan dari Rohani Islam yaitu sebuah organisasi yang dapat membimbing kita untuk memperdalam dan memperkuat ajaran Islam.

Di SMK Negeri 6 Surakarta, Organisasi Rohis dikemas dalam bentuk ekstrakurikuler di sekolah. Untuk saat ini kegiatan organisasi Rohis dibagi menjadi dua bentuk kegiatan, yaitu kegiatan online dan offline. Kegiatan online yang dimaksud adalah kegiatan yang dilaksanakan melalui, grup WhatsApp, diantaranya seperti : One Day One Hadist, Quotes islami, Quiz islami, dan lomba – lomba online untuk memperingati hari besar Islam.

Organisasi Rohis SMK negeri 6 juga memiliki prestasi yang cukup banyak, diantaranya : Mendapatkan Piagam penghargaan Program Peduli Bencana Gempa Lombok pada tahun 2018, Mendapatkan sertifikat Safari Dakwah Rohis pada tahun 2019 yang dilaksanakan oleh UKMI Nurul ‘Ilmi IAIN Surakarta, dan mendapatkan beberapa  Piala Penghargaan dalam kategori Lomba Tilawah, Tartil, Kaligrafi, LCC (Lomba Cerdas Cermat), Lomba Mading 3 Dimensi, dan masih banyak lagi.

Rohis sendiri memiliki manfaat tersendiri untuk anggota yang mengikuti ekstrakurikuler ini. terutama mengajak kepada kebaikan dengan agenda-agenda yang bermanfaat. Rohis bukan sekadar ekskul biasa. Rohis juga media pengajaran cara berorganisasi dengan baik, pembuatan proposal, bekerja sama dengan tim, dan pendewasaan diri karena dituntut untuk mengutamakan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadi.

Untuk kegiatan offline Rohis ada berbagai macam kegiatan diantaranya seperti Hadrah, Kaligrafi, Baca Tulis Al Qur’an, Membersihkan masjid, dan masih banyak lagi. Di bulan Ramadhan kemarin rohis SMK negeri 6 berkesempatan untuk bisa mengadakan kegiatan seperti : pesantren kilat, mabit, dan berbagi takjil. In Syaa Allah untuk kedepannya akan diadakan kegiatan tambahan yakni: pembuatan karya seni kaligrafi, dan juga tilawah.

Beberapa contoh kegiatan Rohis:

  1. HADRAH AS-SYIFA

Gambar 1. Kegiatan Hadrah As-Syifa SMK N6 Surakarta

Salah satu kegiatan yang paling banyak dan diminati siswa-siswi rohis. Hadrah sendiri memiliki jadwal latihan khusus tiap minggunya yaitu di hari Selasa. Banyak dari teman-teman Rohis yang ingin mengikuti Hadrah,akan tetapi bersamaan dengan itu,pada kegiatan ini juga diadakan seleksi yang dilakukan langsung oleh pengurus hadrah. Hadrah sendiri memiliki banyak bagian, seperti pemain Jimbe, Icrik, Terbang, Bass,dan tak lupa di dukung oleh Vokal hadrah. Hadrah selalu tampil di setiap kegiatan, seperti Jum’at Rohani, LDKR, Pesantren Kilat, dan sebagainya. Hal ini yang membuat hadrah semakin dikenal Siswa-Siswi SMKN 6 Surakarta.

  1. KEGIATAN JUMAT BERKAH

Gambar 2. Kegiatan Jumat berkah, sebagai pembentukan karakter siswa

Merupakan progam rutin yang di selenggarakan Rohis. Kegiatan ini diadakan sebagai wujud kepedulian bersama. Selain itu, kegiatan ini juga membelajarkan siswa untuk selalu bersyukur dan mensyukuri apa yang telah dilimpahkan kepada kita dan kepedulian kita kepada sesama yang belum beruntuk secara material.   Kegiatan ini biasanya dibagikan setelah Sholat Jum’at. Pengurus perempuan yang menyiapkan keperluan untuk Jum’at Berkah,seperti Piring, Makanan, Gelas, Sedangkan Laki-Laki biasanya membantu mengangkat meja. Setelah kegiatan berlangsung Perempuan pasti akan mencuci piring serta peralatan yang sudah digunakan. Penanggung jawab kegiatan ini sendiri yaitu dari Sie Dakwah serta dibantu pengurus lainnya. Rohis sangat terbuka kepada siapa saja yang secara sukarela ingin membantu. Selain sebagai sarana pembentukan karakter saling berbagi rejeki dari dan oleh siswa SMK Negeri 6 Surakarta, kegiatan ini juga terbukti menjadi wadah efektif untuk menyatukan seluruh warga sekolah.

  1. BTA ( BACA TULIS AL-QURAN)

Gambar 3. Kegiatan Baca Tulis Al-quran

BTA, Baca Tulis Al-quran adalah kegiatan yang dinaungi Rohis. Kegiatan ini bertujuan mempelajari dan mendalami Al-Quran secara bersama-sama supaya bacaan semakin lancar dan membantu teman-teman yang belum terbiasa menjadi terbiasa. Kegiatan ini biasa di lakukan rutin setiap hari Selasa bertempat di lantai atas masjid SMKN 6. Sistemnya nanti di bagi 2 dan di kelompokkan per grup,yang membaca Al-Quran dan membaca Iqro. Rohis pastinya menyediakan Al-Quran maupun Iqro jadi untuk teman-teman yang lupa membawa tidak usah khawatir karena bisa meminjam, ataupun membaca melalui hp bagi teman-teman yang sedang berhalangan. Di sini kita akan berbaur bersama,tidak ada perbedaan justru kebersamaan yang akan terasa saat kegiatan ini berlangsung.

  1. BBM (Bersih – Bersih Masjid) dan Jum’at Bersih

Gambar 4. Kegiatan Bersih-bersih Masjid

Mungkin kalian bertanya – tanya mengapa ada jenis kegiatan yang sama, namun di bagi menjadi 2 nama?. Ya kalian tidak salah kok, kegiatan ini memang sama namun diadakan oleh pihak yang berbeda. BBM (Bersih – Bersih Masjid) adalah kegiatan mingguan yang diadakan Rohis sendiri dan biasanya di laksanakan rutin setiap hari Kamis, sedangkan Jum’at Bersih adalah kegiatan bulanan yang diadakan Sekolah. Tempat yang biasanya di bersihkan pasti berbeda-beda setiap orang, contohnya di Tempat Wudhu, Maktabah Perempuan dan Laki-Laki, Perpustakaan Masjid, Masjid Lantai Bawah dan Atas. Juga tak lupa dengan rutin mengurus mukena untuk di laundry kan. Fasilitas seperti Vacuum Cleaner, Sapu, Pel, Sabun, Kemoceng, Lap, dan Sikat sangat di maksimalkan untuk membantu kelancaran kegiatan ini.

  1. Jum’at Rohani

Gambar 5. Kolase foto kegiatan Jumat Rohani

Selain, Kegiatan Jumat Religi atau Jumat Rohani, Literasi Religi juga dilaksanakan secara rutin setiap hari sebelum memulai proses KBM. Kegiatan Literasi Religi dilaksanakan setiap  pagi mulai Selasa hingga Kamis. Kegiatan dalam bentuk mengaji Quran di dalam ruang kelas masing-masing dengan dipandu Guru agama Islam secara tersentral. Selain itu, bagi siswa yang terlambat, juga tetap mengikuti kegiatan mengaji bareng didampingi Petugas STP2K.

Gambar 6. Kegiatan Ngaji bareng guru dan siswa di kelas

Kegiatan ini biasanya diikuti seluruh warga sekolah yang beragama Islam. Tak ayal Rohis juga turut memberikan kinerjanya untuk acara Jum’at Rohani ini. Diantaranya Hadrah, Membaca Al – Quran, dan Menjadi MC kegiatan. Pemateri Jum’at Rohani terkadang mendatangkan tamu dari luar sekolah, namun seringnya pemateri dari Bapak guru SMKN 6 Surakarta. Materi yang di bawakan juga menyesuaikan tergantung dari pihak pemateri. Dari Rohis sendiri juga menyebarkan kotak Infaq yang di letakkan di beberapa titik. Kegiatan ini juga menjadi ajang untuk memperkenalkan kegiatan Rohis kepada seluruh siswa-siswi SMKN 6 Surakarta.

  1. Pesantren Kilat

Gambar 7. Kegiatan Pesantren Kilat SMK Negeri 6 Surakarta

Kegiatan ini di lakukan setiap bulan Ramadhan. Rohis juga turut andil dalam kegiatan ini. Seperti menjadi MC kegiatan , hadrah , menjadi panitia kegiatan, dan dokumentasi. Pesertanya pasti seluruh Siswa-Siswi SMK N 6 yang beragama Islam, dan diadakan kurang lebih 4 hari berturut-turut. Dress code nya baju muslim bebas tetapi sopan. Kegiatan ini juga mendatangkan tamu dari luar untuk menjadi pemateri Pesantren Kilat. Tak hanya itu, dalam kegiatan pesantren Kilat ini   juga ada lomba Stand Up Comedy serta Doorprize menarik selama kegiatan berlangsung.

Penguatan karakter religi di bulan romadhon merupakan momen yang tepat dalam rangka penggemblengan karakter siswa agar selalu lebih berdaya. Keberdayaan siswa dalam berkarya dan berkreasi serta bersikap akan menentukan bagaimana sebenarnya kondisi riil SMK Negeri 6 Surakarta sebagai sekolah pemadanan bagi sekolah lainnya.

Fondasi kekuatan agama yang matang bagi siswa akan menuntun pola sikap santun dan bersahaja dalam bersikap maupun bertutur kata ketika siswa berkomunikasi baik formal maupun nonformal. Kebersahajaan inilah yang ingin ditampilkan di garda terdepan SMK Negeri 6 Surakarta sebagai Sekolah Ramah Anak, Sekolah Anti Bullying, dan Sekolah Program Keunggulan yang berkarakter.

  1. Mabit (Malam Bina Iman dan Takwa)

Mabit Atau bisa disebut Malam Bina Iman dan Takwa adalah sebuah kegiatan dimana seluruh anggota Rohis dikumpulkan untuk bermalam bersama dan melakukan banyak kegiatan produktif. Seperti Senam, Tadarus Al-Quran , Tausiyah, Sahur dan Buka Bersama, juga Dzikir bersama seperti gambar diatas. Saat mabit dianjurkan membawa tempat makan minum sendiri,dan di haruskan mencuci setelah makan bersama selesai. Kegiatan ini biasa dilakukan setahun sekali. Tahun 2022 kemarin Mabit di selenggarakan di bulan Ramadhan. Tujuan diadakan Mabit adalah untuk meningkatkan iman dan takwa, mendekatkan diri kepada Allah SWT, lebih menghargai waktu.

Gambar 8. Kolase Foto Kegiatan Ramadhan Penuh Suci

  1. LDKR (Latihan Dasar Kepemimpinan dan Regenerasi)

LDKR merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Rohis. Berbeda dengan tahun lalu yang diadakan di sekolah. Pada tahun 2022 ini,LDKR terkesan lebih istimewa karena diadakan di luar sekolah,lebih tepatnya di Kemuning. Selain itu,terdapat susunan kegiatan yang tak kalah seru seperti : outbound, pentas seni, dan pemilu. Agenda LDKR Regenerasi ini, akan ada pergantian pengurus, yang dimana masa bakti pengurus lama, akan digantikan dengan pengurus baru. Serta diadakannya sumpah janji yang harus diucapkan dari setiap pengurus baru yang akan membimbing Rohis pada periode baru.

Beberapa kegiatan di atas rutin dilaksanakan Rohis sebagai sumbangsih organisasi pendidikan yang dimiliki SMK Negeri 6 Surakarta dalam membangun kekuatan lahir maupun batin dalam membesarkan nama sekolah. Semoga paparan dapat bermanfaat bagi teman-teman yang Ingin lebih banyak  mengetahui tentang Rohis. Salam Literasi Religi.  ( Badarudin Muhamad Khadam_2023)