SEMARAK HUT SMK VISKA KE-55

Solo, 26 Januari 2023. SMK Negeri 6 Surakarta Rayakan Hari Ulang Tahun Ke-55 Tahun 2023 Secara Meriah dengan Berbagai Agenda Kegiatan Yang Bernas dan Berkualitas.

“ Lima puluh lima tahun yang lalu benih kecil ini mulai bertunas. Benih kecil bernas yang dihadirkan melalui tangan-tangan sang pendahulu nan cerdas dan berkualitas.  Memutihkan hati, menjernihkan niat, dan memancarkan pikiran ke depan meraih masa depan. Kuncup cantik itu bersemi seiring dentang kreativitas waktu, mememdar melebarkan  kepak sayap  daun ingin merenda mimpi melanglang menembus  awan. Akar kaki menjejak menandur pijakan agar sang pucuk berlari melesat ke arah yang terarah.

Kadang, memang dentang waktu tak seirama dendang nyanyian angan, lekukan angin menyamarkan keinginan, bahkan lekukan kebijakan menjadikan perjalanan waktu dan tempat sempat samar-samar. Tapi, tekukan niat sang pendahulu terlanjur mengental sekuat kolaborasi akar, kuncup dan sayap daun dalam menjalani prosesi kehidupan.

Sekarang, Kolaborasi akunsada itu telah bernyali dan bertaji.  Tumbuh besar menjadi  terdepan dan berteladan, menjadi hebat bermartabat, dan cerdas berkualitas. Rumah besar  yang siap melahirkan karya yang cemistri dan menginspirasi. Dan, rumah besar itu adalah SMK Negeri 6 Surakarta.”

Sedikit Ulasan kilas balik tentang perjalanan SMKN 6 Surakarta yang telah berusia setengah abad tersebut  perlu dipahami dan dimaknai oleh generasi pelaksana titah. Sehingga generasi penerus titah tahu bagaimana  perjuangan menumbuhkembangkan SMK Negeri 6 Surakarta menjadi sekolah Program Keunggulan.

Ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan guru  dan siswa  dalam mengawal terus prosesi Hari Ulang tahun SMK N 6 Surakarta. Kegiatan-kegiatan itu antara lain :

  1. Pekan Proyek P5

Penyelenggaraan Pekan proyek  P 5 mengawali alur perjalanan  Semarak Hari Ulang Tahun SMK Negeri 6 Surakarta. Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 16 – 26 Januari 2023. Rangkaian Pekan proyek P 5 merupakan ajang penggemblengan tanggung jawab siswa dari  merencanakan, memproduksi, dan mempromosikan barang yang dibuatnya agar dapat  menjadi  komoditas layak jual. Selain penanaman jiwa entrepreneur, Penyelenggaraan P 5 juga menandur karakater kreativitas yang bertanggung jawab, tangguh, gotong royong, dan kolaboratif. Berikuta adalah kolase potret pelaksanaan proyek P 5 siswa kelas X semua Jurusan SMK Negeri 6 Surakarta.

Gambar 1. Proses pelaksanaan Proyek P5

  1. Kegiatan Donor Darah

Kegiatan kedua dalam alur perjalanan semarak HUT SMK Negeri 6 Surakarta adalah Kegiatan Donor Darah. VivoHaska sebagai salam dan slogan ekstrakurikuler Palang Merah Remaja ( PMR) SMK Negeri 6 Surakarta turut serta mewarnai semarak HUT ke 55 SMK Negeri 6 Surakarta sebagai ejawantah kiprahnya dalam misi kemanusiaan.

Bekerja sama dengan lembaga terkait yaitu lembaga kemanusiaan PMI Kota Surakarta dan beberapa rumah sakit serta puskesmas terdekat, PMR SMK Negeri 6 Surakarta ingin  berkipran dan berperan serta mendukung pemberdayaan program kesehatan nasional terutama kesehatan siswa di sekolah maupun di masyarakat melalui peran serta guru dan siswa menyumbangkan darah untuk sesama.

Gambar 2. Kegiatan Donor darah

  1. Kegiatan Sosialisasi Kesehatan

Kegiatan pemberian tablet tambah darah untuk remaja putri dalam rangka Hari Gizi Nasional yang diselenggarakan oleh Puskesmas Purwosari bekerjasama dengan RS Kasih Ibu membuktikan sebuah kolaborasi yang apik antara sekolah dengan stake holder yang ada.  Penjalinan kerjasama sangat diperlukan dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia baik guru, karyawan, siswa ,maupun masyarakat. Mayoritas murid SMK Negeri 6 Surakarta yang berjenis kelamin perempuan menjadi alasan yang kuat perlunya sosialisasi dan inisiasi penjagaan dan penanganan gizi dan asupan  siswa agar stamina siswa tetap terjaga. Kegiatan ini juga masih dibidani Organisasi Ekstrakurikuler PMR VivoHaska SMK Negeri 6 Surakarta.

Gambar 3. Kegiatan sosialisasi dari Puskesmas terdekat.

  1. Viska Got Talent (Ajang cari bakat)

Kegiatan yang tak kalah keren adalah kegiatan Ajang Cari Bakat ( Viska Got Talent).

Penggalian dan penelusuran bakat –bakat terpendam yang dimiliki siswa memang perlu dilakukan untuk  memunculkan dan memoles lintang-lintang kecil agar bisa bersinar lebih terang lagi dalam membangun organisasi besra SMK Negeri 6 Surakarta.

Mutiara-mutiara yang terpendam ini memang harus dilanglangbuanakan agar menjadi cikal bakal prestasi yang membanggakan bagi siswa maupun sekolah. Viska Talent memang layak untuk diapresiasi.

Gambar 4. Kegiatan Viska Talent

  1. Lomba Menyanyi Guru

Jika Siswa memiliki wadah kegiatan Viska Got Talent, ternyata bapak Ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta tak mau ketinggalan kereta.  Bakat-bakat bapak ibu guru yang selama ini tertutupi rasa perkewuh akhirnya bisa dimunculkan dan ternyata waooo banget. Suara-suara emas yang indah mampu menjadikan Semarak HUT SMK Negeri 6 Surakarta ke 55 ini benar-benar menjadi heboh.

  1. Carnaval HUT SMK Viska

Satu hari menjelang hari paling membahagiakan yaitu Ulang Tahun SMK Negeri 6 Surakarta ke 55,  keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta menyelenggarakan kegiatan yang tak kalah bergensi yaitu Karnaval dengan tema Proyek P5 yaitu Sampahku  tanggung jawabku dan Menjadi kreasiku. Berbekal bahan-bahan yang sudah tak terpakai, siswa dengan penuh inspirasi, semangat dan kreasinya mampu mengubah bahan bekas menjadi kreasi yang tak kalah keren untuk dipamerkan ke masyarakat melalui kegiatan carnaval. Berikut kolase Foto kegiatan karnaval HUT SMK Negeri 6 Surakarta.

Foto Kolase carnaval

Puncak perayaan ulang tahun SMKN 6 Surakarta yang digelar Kamis, 26 Januari 2023 berlangsung tertib dan lancar sesuai dengan rangkaian acara yang disusun oleh panitia. Pagi hari, perayaan puncak acara diawali dengan kegiatan upacara yang diadakan tepat pukul 07.00 WIB di lapangan depan SMKN 6 Surakarta. Dengan berpakaian adat tradisional para peserta upacara mengikuti upadacar penuh khidmat.

Foto Upacara HUT SMKN 6 Surakarta

Selepas upacara, acara dilanjutkan dengan pentas seni dan gelar karya P5 yang diberi tema “ADHIRASWARNA” dan berlangsung di lapangan tengah, depan perpustakaan WIJANG.

 

Acara yang dihadiri oleh ketua komite SMKN 6 Surakarta, Drs. Arif Suhardi, M.Pd. juga dihadiri oleh para kepala sekolah tetangga yaitu kepala SMKN 4, Sri Ekowati, S.ST. Par. dan Kepala SMKN 5 Surakarta, Dra. Ties setyaningsih, M.M.  M.Pd.

Gelaran penghujung acara ulang tahun SMK N 6 Surakarta ini bertabur doorprize yang diundi dan dibagikan hadiahnya di sela-sela acara. Doorprize utama TV 24 inchi, Sepeda gunung, kompor gas, Kipas Angin dan ratusan hadiah lainnya.

Selain menampilkan sajian dari para penari terbaik hasil seleksi dari Viska Got Talent di hari sebelumnya, tampil juga dari PASKI, PASPRAM, ELVISKA, ROHIS, ROHKRIS, ROHKAT, KMVI, dan bintang tamu FISIP MERAUNG.

bintang tamu FISIP MERAUNG

Acara berakhir tepat pukul 15.30 WIB setelah penampilan bintang tamu FISIP MERAUNG.

 

Team e-lidi dan Keluarga Besar SMK Negeri 6 Surakarta mengucapkan :

Dirgahayu SMK  Viska Ke-55. Semoga sukses dan selalu menjadi sekolah inspiratif.

Salam Literasi. SMK, Bisa! SMK, Hebat! SMK, Bisa Hebat! SMK Viska, JAYA!!!

(Sri Setyaningsih dan team e-lidi_2023)