Viral Gak Tahan Lama…

Viska… Smart dan Semangat..!!Petikan suara yel-yel  dengan gegap gempita yang dipekikkan oleh seluruh peserta workshop yang memadati aula SMKN 6 Surakarta yang dipimpin langsung oleh Kepala SMKN 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, SSi, MPd.  Peserta workshop Workshop  Kewirausahaan di era Globalisasi bersama Grab diikuti oleh perwakilan siswa dari seluruh Program Keahlian.

Selasa 7 pebruari 2023 telah dilaksanakan workshop tentang entrepeneurship. Diawali sambutan  Ibu Dwi Titik Irdiyanti, SSi, MPd saat membuka acara worshop, menyampaikan bahwa SMK bisa, adalah bisa apa saja. Bisa melanjutkan, bisa bekerja, bisa berwirausaha. Di masa depan tantangan pekerjaan semakin besar. Oleh sebab itu orang yang sukses  di masa depan perlu menyiapkan diri.

Workshop ini yang mengusung wirausaha muda di kota Solo yang bergerak dalam pembuatan sambal. Rico, seorang pengusaha muda telah memberikan motivasi dan tips memulai usaha baru yang mudah dan dekat dengan kita. Bahwa memilih usaha tidak harus selalu sesuatu yang sedang viral. Viral adalah sesuatu yang sedang trend saat itu. Padahal umur trend itu terbatas. Biasanya yang melatarbelakangi viral adalah karena ikutan. Padahal viral biasanya tidak berumur panjang. Viral gak tahan lama. Viral akan berhenti apabila sudah tidak dibutuhkan lagi, dan viral datang karean keingitahuan atau kepo terhadap sesuatu tersebut. Oleh sebab itu, apabila memilih suatu usaha diusahakan sesuatu yang akan memilik umur panjang, yang akan selalu dibutuhkan oleh orang, bukan kebutuhan sesaat. Walaupun melakukan usaha yang viral itu cukup menjanjikan, tapi kalau kita tidak kreatif ujung-ujungnya bisa jatu kalau tidak dapat segera beralih menyesuaikan situasi dan kondisi.

 

Selain mengusung Pengusaha muda, Grab juga mengantar alumni SMKN 6 Surakarta Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata yaitu Sdri  Tri Endah Purnamawati yang merupakan Account Management Leader GrabFood Wilayah Solo Raya. Dia memaparkan bahw penggunaan IT untuk mempermudah segala aktivitas sehari-hari dengan bantuan searching google atau dengan menggunakan aplikasi-aplikasi lainnya yang tersedia akan mempermudah kebutuhan sehari-hari seperti mencari tiket membeli makanan dll. Namun kalau ingin jadi Boss harus mau mengawali dari usaha sekecil apapun, maka pasti akan jadi Boss. Namun mempunyai jabatan setinggi apapun, dia akan tetap jadi bawahan, selagi bekerja pada orang lain. Maka itulah dia mengajak adik-adik kelasnya untuk mengawali melakukan dengan usaha yang kecil. Tekad dan kuat untuk memulai. Memulai dengan minat dan bakat, dan memiliki target. Pesan lainnya agar belajar juga dari kisah para pengusaha sukses sebagai motivasi.

Acara diakhiri dengan tanya jawab dan game yang sangat menyenangkan, sampai tidak terasa waktunya untuk pulang. #ERPE#