Workshop Penyusunan Jadwal Sistem Blok – SMK Negeri 6 Surakarta

Pada hari jum’at tanggal 20 Januari 2023 bertempat di aula SMK Negeri 6 Surakarta menyelenggarakan workshop Penyusunan Jadwal Blok yang diikuti oleh bapak ibu guru dengan narasumber Bapak Bagus Eko Budiyudhanto, S. T dari SMK Mikael Surakarta. Workshop diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh Ibu Iddo Christiana, S.Pd, M.Pd dilanjutkan dengan do’a oleh Bapak Muhammad Syaifuddin, S.Pd.

Dalam sambutannya untuk membuka workshop kepala sekolah SMK Negeri 6 Surakarta Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd mengatakan bahwa penjadwalan blok ini diharapkan akan lebih meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan variasi yang berbeda dalam kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri 6 Surakarta. Hal ini dikarenakan sistem blok menciptakan pembelajaran atau pertemuan yang lebih sedikit setiap hari namun bertemu untuk waktu yang cukup lama. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan bapak ibu guru agar terus belajar dalam penyusunan jadwal blok ini agar pelaksanaannya maksimal dalam pembelajaran.

Dalam penjelasannya, Bapak Bagus Eko Budiyudhanto mengatakan pembelajaran blok akan sangat efektif ketika dilaksanakan secara kontinu dan dalam kelas yang kecil. Hal ini dikarenakan durasi waktu untuk blok tersebut lama dan terkait dengan alat praktek. Pada kesempatan kali ini beliau juga menjelaskan tentang mekanisme penghitungan JP setiap mapel dalam penjadwalan blok. Setelah masing-masing mapel menghitung JP dilanjutkan dengan pembuatan jadwal blok.

Workshop penyusunan jadwal blok ini dilaksanakan pada tanggal 20, 28 Januari dan 4 Februari 2023 dengan peserta yang berbeda, dimana untuk tanggal 28 Januari dan 4 Februari 2023 hanya diikuti oleh Waka Kurikulum, Tim Pembuat Jadwal dan Ketua Program Keahlian yang kaitannya dengan teknis pembuatan jadwal blok.Untuk pelaksanaan ditanggal 28 Januari dan 4 Februari 2023,sebagai  narasumber adalah bapak Fendi Wijarwanto, SE,M.Pd menyampaikan tentang bagaimana menganalisa jam teori dan praktek untuk mapel produktif serta penyusunan jadwal blok di SMK Negeri 6 Surakarta. Diakhir pertemuan diberikan kesempatan kepada para ketua program keahlian untuk mempresentasikan hasil pembuatan jadwal blok pada jam praktek. Setelah pelaksanaan workshop penjadwalan blok diharapkan kedepannya bapak ibu guru akan semakin bersemangat dan  pembelajaran di SMK Negeri 6 Surakarta semakin baik seperti dalam yel-yel nya

Semangat Pagi….

Pagi..pagi…pagi

SMK Viska Smart dan Semangat

SMK Bisa

SMK Hebat

SMK Bisa Hebat

Viska Jaya….