PELATIHAN PENGELOLAAN EVENT ORGANZER JILID 2

Hari Rabu, 8 Februari 2023  menjadi  hari yang sangat menyenangkan bagi siswa siswa kelas XI Manajemen Perkantoran SMK Negeri 6 Surakarta. Karena hari Rabu itu siswa siswa sebanyak 107 siswa berkumpul di Aula SMK Negeri Surakarta mengikuti pelatihan “Pengelolaan Event Jilid 2” dengan PT Mitralia Global Nusantara. Dengan Nara sumber Ibu Siti Achaliyah, S.Sos, M.Si. dan Ibu Retno Sundari, SPd.

Suara indah dari pembawa acara menandai dimulainya acara pelatihan ini .Dibacakan susunan acara dari doa bersama, menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya, sambutan Kepala Sekolah, Penyampaian materi hingga acara penutup. Yang  berbeda dari acara ini adalah mulai dari penerima tamu, pembaca acara, dirigen, dokumentasi, konsumsi petugasnya adalah siswi siswi kelas XI Manajemen perkantoran. Begitu tenang, kompak  mereka menjalankan tugas dengan sangat baik.

Dalam Sambutan Kepala SMK Negeri 6 Surakarta yaitu Ibu Dwi Titik Irdiyanti, SSi, MPd.menyampaiakan rasa sangat mengapresiasi siswa siswa yang bertugas pada kegiatan workshop ini, “sudah bagus semoga dapat diikuti teman yang lainnya”. Kata Terima kasih juga disampaikan Ibu Dwi Titik Irdiyanti, SSi, MPd. kepada Ibu Siti Achaliyah, S.Sos, M.Si. beserta Tim sebagai nara sumber pada acara ini. Setelah itu dilanjutkan dengan Yel- Yel SMK Negeri 6 Surakarta bersama ibu Dwi Titik dengan penuh semangat. Harapan Ibu Dwi Titik kegiatan pelatihan ini bermanfaat untuk siswa siswi jurusan Manajemen perkantoran dan dapat mencetak generasi yang baik dan sukses untuk kedepannya.

Pada Kesempatan acara inipun, siswi yang bernama Alifia Aura Widjaya untuk menyampaikan presentasi berbahasa Inggris dalam rangka persiapan Lomba LKS program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran tingkat Kota tahun 2023.  Dengan suara yang jelas materi disampaikan oleh Alifia. Semoga Alifia menang lomba LKS Tingkat kota dan menjadi juara 1.

Tibalah pada inti acara yaitu materi pelatihan yang disampaiakan oleh Ibu Siti Achaliyah, S.Sos, M.Si  atau yang biasa disapa  Ibu Lia. Beliau menjelaskan bahwa arti  Event Organizer (EO), adalah  penyedia jasa profesional dalam membantu menyelenggarakan acara baik formal maupun non formal. Lebih lanjut disampaikan ada beberapa  jenis acara EO,seperti promosi pribadi, pameran seni, kegiatan amal,  dan hajatan. Begitu juga  Jenis kegiatan EO, ada yang termasuk make a job dan job order.

Dalam pelatihan ini setelah menerima penjelasan dari nara sumber siswa diberi kesempatan untuk praktik menyusun acara pada pelaksanaan even organizer secara berkelompok.  Tugas siswa menyusun kalimat yang harus dipadukan pembawa acara dalam menyampaikan acara demi acara  mulai dari pembukaan hingga acara penutup. Dengan gembira tugas dikerjakan oleh siswa, hingga batas waktu yang telah ditentukan.

Setelah itu siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan siswa yang lain. Ibu Lia  dan Timmenilai,  memilih yang  terbaik. Dan ternyata siswa SMK N 6 Surakarta banyak kandidat pembaca acara yang baik dan handal.  Puncaknya ditemukan para juara pembawa acara yang baik . Dengan hasil sebagai berikut,  :

  1. Kelas XI MP 1, Juara 1 : Nayla Rofi Y
  2. Kelas XI MP 2 Juara 1 : Aida Nur Amalia
  3. Kelas XI MP 3 Juara 1  : Nadia Marsha  dan Mifthul Janah

Diakhir kegiatan ini yaitu penyerahan hadiah bagi para juara presentasi pembaca acara.

Selesai sudah kegiatan hari Rabu, 8 Februari 2023 di Aula SMKNegeri 6 Surakarta dengan penuh bahagia dan pulang membawa ilmu yang bermanfaat.

SMK… BISA,

SMK… HEBAT

SMK… BISA HEBAT