MANGAYUBAGYA LOMBA LKS TINGKAT KOTA SURAKARTA TAHUN 2023

Ajang kompetisi pencarian bakat dan keterampilan siswa tahun 2023 mulai dihelat. Kompetisi prestisius tahunan yang dilaksanakan secara berjenjang akan dimulai dari jenjang bawah yaitu tingkat kota/ kabupaten, tingkat provinsi, hingga tingkat Nasional. Hierarki lomba ini akan menjadikan kompetisi berjalan semakin ketat dan melekat. Fair play diharapkan akan lahir dalam proses penyeleksian bakat siswa untuk berhak maju ke jenjang di atasnya.

Kota Surakarta yang memiliki hampir 50 SMK baik negeri maupun swasta tentu tak mau ketinggalan untuk ikut berperan serta meramaikan ajang kompetisi bergensi tersebut.  Lomba Keterampilan Siswa (LKS) tingkat kota Surakarta akan menampikan berbagai jenis lomba sesuai program keahlian yang telah disepakati.  Lomba ini akan berlangsung mulai tanggal 6 hingga 9 Maret 2023 di lokasi yang telah disepakati masing-masing Kelompok MGMP program keahlian.

SMK Negeri 6 Surakarta sebagai salah satu Sekolah Vokasi Unggulan di kota Surakarta juga tak mau ketinggalan untuk ikut ambil peran baik sebagai peserta maupun sebagai tempat penyelenggaraan lomba LKS Tingkat Kota Surakarta tahun 2023. Berperan sebagai peserta lomba, SMK Negeri 6 Surakarta mengirimkan 11 peserta dari 7 jurusan yang dimiliki SMK Vokasi Inspiratif Surakarta ini. Sementara itu, SMK Negeri 6 Surakarta juga ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan untuk 4 Jurusan sekaligus yang tergabung dalam wadah program keahlian Bisnis dan Manajemen. Sedangkan 3 jurusan lainnya milik SMK Negeri 6 Surakarta  yaitu BC, MM, dan RPL harus mengikuti lomba di tempat yang lainnya. 3 Jurusan ini masuk dalam wadah kelompok teknik.

Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. M.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta bersama para punggawa jurusan selalu mengajak keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta untuk bisa tampil maksimal baik sebagai peserta maupun sebagai penyelenggara lomba LKS Tingkat Kota Surakarta. Sebagai penyelenggara kita harus sayuk nyengkuyung untuk bisa menjadi tuan rumah yang baik dan ramah dalam segala bentuk pelayanan prima. Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang mampu memuliakan tamunya.

Gambar 1 Kepala Sekolah bersama tim SMK VIska

Selain sebagai penyelenggara kegiatan, kita juga berposisi sebagai peserta lomba LKS Tingkat Kota Surakarta. Sebagai peserta lomba, kita harus berjuang untuk menjadi yang terbaik agar bisa untuk naik ke jenjang di atasnya hingga jenjang teratas. Tidak ada yang tidak bisa. Semua pasti bisa. Semangat dan perjuangan serta pemilihan strategi yang jitu memang harus diciptakan untuk bisa menjadi sang juara. Bergerak hingga titik darah penghabisan adalah harga mati yang harus diperjuangkan agar kita tak pernah terhentikan.

Penelusuran awal minat dan bakat siswa telah dilakukan dengan sangat ketat di masing- masing jurusan untuk melahirkan kandidat yang layak diajukan sebagai sang duta jurusan sekaligus duta sekolah. Tak dipungkiri, kerja keras bapak/ibu guru pendamping menumpahruahkan seluruh tajinya untuk sang duta layak untuk diapresiasi. Segala keterbatasan yang ada tak menyurutkan langkah sang pendamping dan sang duta untuk tetap berangan dan bermimpi untuk bisa merealisasi untuk menjadi sang juara.

Gambar 2 Salah satu proses penyaringan ketat duta AKL

Selamat berjuang laskar-laskar terbaikku. Selamat berjuang sang pendamping berintegritas. Selamat merealisasikan angan dan mimpi untuk bisa terbang lampaui Provinsi menuju Singgasana Nasional. Bismillah, Doa-doa terbaik kami insyallah akan selalu mengiringi setiap jengkal langkah – langkah bernas sebuah perjuangan. Aamiin. (team Literasikoe_2023)