PRAMUKA DI ALAM TERBUKA MENYENANGKAN

Salam Pramuka…

Beberapa hari cuaca diselimuti mendung dan hujan deras, hari ini cuaca sangatlah bersabat, terik matahari tersenyum memancarkan sinarnya namun cukup hangat, hangat menyapa sehingga Puja dan puji syukur selalu kami panjatkan kehadiran Allah Swt yang telah memberikan nikmat sehingga di hari ini jumat tanggal 3 Maret 2023 kegiatan ekstra kulikuler pramuka di SMK Negeri 6 Surakarta berjalan dengan lancar dan menyenangkan. Kegiatan ini wajib diikuti oleh siswa kelas X semua program.

Gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka :

  1. Memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, beraklak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin , menjunjung nilai – nilai tinggi bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani.
  2. Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menjadi manusia yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama – sama bertanggung jawab atas pembangunan Bangsa dan Negara, memiliki kepedulian hidup terhadap sesama hidup dan lingkungan.

Kegiatan pramuka di SMK Negeri 6 Surakarta sore ini berbeda denga kegiatan biasanya, kali ini kegiatan pramuka diadakan di alam terbuka agar kegiatan lebih santai, akrab, dan adanya unsur ketergantungan antara unsur-unsur alam dengan kebutuhan untuk melestarikanya, selain mengembangkan suatu sikap bertanggung jawab akan masa depan yang menghormati keseimbangan alam.

Kegiatan di alam terbuka memotivasi peserta didik untuk ikut menjaga lingkungannya, kegiatan di alam terbuka juga diharapkan tidak membosankan karena peserta didik bisa berinteraksi langsung dengan teman yang lainya dengan berbagai perbedaan program keahlian, mereka menyatu dalam satu wadah pramuka, diharapkan peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dirinya mengatasi tantangan yang dihadapi, membina kerjasama dan rasa memiliki. Kegiatan Pramuka diharapkan menyenangkan memikat dan menarik bagi anggota muda

Kegiatan di alam terbuka lebih menyenangkan dengan Kehadiran orang dewasa memberikan bimbingan, dorongan, dan dukungan, sehingga anggota  muda mendapatkan pendampingan dan pembinaan dari anggota dewasa

Pramuka di alam terbuka yang santai dan menyenangkan menjadikan belajar berkelompok, bekerjasama, berkompetisi, sistem beregu, bertanggung jawab, bekerjasama dalam kerukunan  agar mempermudah penyampaian pesan di alam terbuka.

Di alam terbuka kegiatan pramuka lebih leluasa untuk berkreatif, inovatif dan rekreatif yang mengandung edukasi pendidikan yang mampu mengembangkan minat, bakat, dan bermanfaat bagi perkembangan diri pribadi, masyarakat dan lingkungan.

Surakarta 3 Maret 2023., Indaruwati. S.Pd.,M.Pd