Penyelarasan kurikulum dan penandatanganan MOU dengan Industri

Dalam rangka meningkatkan link and match antara sekolah dengan dunia industri, SMK Negeri 6 Surakarta, pada hari Selasa 21 Maret 2023 mengadakan Sinkronisasi dan Penyelarasan Kurikulum dengan PT. Itho Indostock dari Jakarta. Kegiatan ini bertujuan menyempurnakan pengembangan kurikulum yang selaras dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri serta megikutsertakan peran industri sebagai mitra tempat belajar bagi para siswa atau yang biasa disebut dengan kelas indutri. Untuk kali ini PT Itho Indostock menggandeng dua program keahlian yaitu Program Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) serta Pemasaran (BDP) khususnya dalam bidang Digital Marketing and Communication (DMC).

Tujuan diadakan Penyelarasan Kurikulum yaitu agar kurikulum SMK sesuai tuntutan dan budaya kerja yang berlaku di DUDI, sehingga lulusan SMK memiliki kompetensi dan etos kerja yang sesuai dengan kebutuhan DUDI. Sedangkan kelas industri merupakan program pengadaan kelas khusus dalam lingkungan sekolah,dan dikelola secara bersama-sama antara sekolah dengan industri, sesuai dengan kompetensi yang ada di sekolah. Di kelas industri, keterampilan, gagasan, dan pengetahuan akan semakin terasah sehingga bisa meningkatkan skills secara professional, lebih fokus mendalami materi dan mempraktikkannya langsung di industri, dan akan menghasilkan SDM yang lebih berkualitas, serta lebih siap menghadapi dunia industri karena di akhir pembelajaran biasanya dilanjutkan program rekrutmen.

Dalam sambutannya Kepala SMK Negeri 6 Surakarta mengucapkan terimakasih karena sudah dapat menjalin kerjasama dengan PT Itho Indostock sebagai partner industri di SMK Negeri 6 Surakarta yang saat ini ditunjuk sebagai sekolah Pusat Keunggalan (PK). Dalam kegiatan sinkronisasi dan penyelerasan kurikulum kali ini melibatkan tim dari Program keahlian PPLG dan Pemasaran yang dikoordinir oleh masing-masing kapro yaitu Bapak Dwi Safrudin, SPd, dan Ibu Widyanti Anggita Lestari, SPd, juga WKS Bidang Kurikulum (Ibu Prihatin Darsini, S.STPar) serta WKS Bidang Humas (Ibu Endang Retna Palupi, S.Pd, M.Pd). Di akhir kegiatan dilakukan penandatanganan MoU antara PT Indostcok yang dihadiri oleh Bapak Qolbu Al Marifah  dengan Kepala SMK Negeri 6 Surakarta. #retnapalupi#