Welcome Open Recruitmen “Tong Tji”

Jum’at, 10 Maret 2023 “Tong Tji open recruitment”, merupakan bagian ataupun wujud dedikasi Bursa Kerja Khusus ( BKK ) Cipta Karya Tama SMK Negeri 6 Surakarta terhadap kebutuhan penempatan kerja untuk calon tamatan 2023. Kegiatan rekrutmen yang diselenggarakan di Aula SMK Negeri 6 Surakarta dengan BKK Cipta Karya Tama bekerjasama dengan perusahaan minuman berlebel “Tong Tji”. Kegiatan ini bertujuan untuk menjemput bola serta memberi peluang terhadap calon tamatan baik kelas XII semua jurusan, agar dapat mengikuti seleksi masuk kerja dengan harapan  dapat diterima kerja setelah pasca ujian UKK maupun Ujian Sekolah berakhir.

Start kegiatan di Aula dimulai pukul 08.00 WIB berkahir kurang lebih pukul 12.30 WIB, di awali dengan sosialisasi perusahaan oleh HRD ibu Neni, beliau memaparkan sejarah Tong Tji sejak awal ( 1938) di Tegal Jawa Tenga. Tong Tji Telah memeliki beberapa anak perusahaan yang bergerak di bidang Food And Beverage, manufaktur, Distribusi Minuman dan juga Hotel, sampai terbentuk bisnis hingga saat ini untuk memenuhi melayani dan memenuhi masyarakat Indonesia. Perusahaan teh yang tergolong kelas premium baik berupa tea bar maupun sajian menu, sehingga pantas mendapat julukan teh dengan cita rasa premium. Pak Kembar selaku perwakilan dari divisi operasional, menjelaskan mengenai tea house dan outlet yang ada di soloraya (Solo Grand Mall, Pakuwan Mall, Solo Square, Paragon, Heritage). Menu “tahu walik” menjadi salah satu menu andalan karena banyak customer yang request, beliau menambahkan secuil tips bagaimana  sikap dalam menyajikan kepada customer dengan benar, imbuhnya.

Melalui link google form terdeteksi 39 calon tamatan 2023 yang berminat mendaftar seleksi ini. Dengan semangat percaya diri para calon pelamar membawa berkas lamaran, kursi biru menjadi ruang respon dalam menurunkan rasa kecemasan dan rasa berdebar-debar dalam menghadapi momen menunggu giliran interview. “ deg-deg an bu karena belum pernah wawancara kerja yang seperti ini, tapi ini menambah wawasan bagi saya bu”, ungkap Syifa kelas XII BDP. Satu persatu para pelamar mengikuti sesi wawancara bergiliran sesuai urutan pemanggilan dengan durasi wawancara kurang lebih sekitar 10-15 menit, Tehnis wawancara mendahulukan bagi pelamar yang belum mengikuti pengisian APL Uji Kompetensi Keahlian (UKK) 2023. Harapanya agar kedua agenda yang sama-sama penting dapat berjalan dengan baik dengan prinsip simbiosis mutualisme yaitu calon tamatan sama-sama mendapat keuntungan baik untuk menghadapi UKK maupun pasca lulus nanti. Harapan besar dari kegiatan ini, BKK Cipta Karya Tama dapat menjalin hubungan kedepan dengan baik khususnya DuDi “Tong Tji”, dan secara umum dapat memperluas rekan  DuDi baru untuk kita gandeng kerjasama terkait rekrutmen. JuWar By Istie

Gambar 1. Sosialisasi HRD Ibu Neni

Gambar 2. Pelamar mengisi biodata

Gambar 3. Sesi Wawanncara

Gambar 4. Pelamar Menunggu Giliran Wawancara