Penyerahan Mahasiswa PPL PPG Prajabatan

Senin, 27 Maret 2023, sebanyak 11 mahasiswa PPL PPG Prajabatan Gel. 1 Universitas Sebelas Maret (UNS) dari 3 Bidang Studi Sejarah, Ekonomi, serta Pendidikan Jasmani dan kesehatan diserahkan oleh Koordinator Dosen Pembimbing dari Universitas Sebelas Maret , Bapak Jonet Ariyanto Nugroho, SE, MM. dan diterima oleh    Kepala SMKN 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd. Serah terima mahasiswa PPL PPG Prajabatan ini selain dihadiri oleh guru pamong juga tim manajemen, dengan koordinator WKS Bidang Kurikulum, Ibu Prihatin Darsini, S.STPar.

Dalam sambutannya saat penyerahan, Bapak Jonet Ariyanto Nugroho, SE,M.M. berpesan kepada seluruh mahasiswa PPL PPG belajar dari semua aspek, tidak hanya masalah kegiatan belajar mengajar saja, dan belajar dengan semua Bapak Ibu Guru, bukan hanya guru pamong saja. Serah terima mahasiswa PPL PPG Prajabatan disambut baik oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, karena sekolah masih dipercaya sebagai tempat untuk praktek pengalaman lapangan.

Pelaksanaan PPL PPG Prajabatan Gel. 1 ini secara resmi dimulai tanggal 22 Maret s.d 6 Juni 2023. Sebanyak 5 guru mendapat tugas sebagi guru pamong, yang akan bertugas membimbing dalam pelaksanaan PPL PPG tersebut. PPG Prajabatan akan berorientasi pada praktik belajar-mengajar melalui praktik pengalaman lapangan yang fokus pada pengamatan siswa, proyek inovasi, dan proyek studi kasus siswa. Para mahasiswa sebelumnya telah mempelajari metode pengajaran dan asesmen efektif, pembelajaran sosial-emosional, praktik pengalaman pembelajaran yang berorientasi utama kepada peserta didik, dan didorong untuk menjadi teladan dan pembelajar sepanjang hayat serta memiliki dasar-dasar kepemimpinan, sehingga guru pamong tinggal memotivasi dan mengarahkan para mahasiswa PPL PPG tersebut sesuai dengan Program PPG, sehingga calon-calon guru professional ini akan memiliki kemampuan, keterampilan, dan kemauan yang kuat untuk terus belajar agar dapat mendukung pembelajaran yang sesuai tahap perkembangan peserta didik saat ini, dengan harapan akan melahirkan pendidikan sejati yang profesional, adaptif, fleksibel, terus memprioritaskan kebutuhan para peserta didik, dan menjadi teladan pembelajar sepanjang hayat. #retnapalupi#