“ForPis On Videos – PMR Wira Vivohaska”

Siamo Tutti Fratelli…!!! Kalimat dalam Bahasa Italia tersebut yang berarti “Kita Semua Bersaudara” ini diperkenalkan oleh Sir Henry Dunant, Bapak Palang Merah Dunia. Kalimat ini menjadi dasar semangat berbagi para penggiat kemanusiaan untuk saling menolong tanpa mempedulikan ras, agama ataupun golongan. Kalimat tersebut juga menjadi “slogan” dan sumber inspirasi serta spirit/semangat dalam melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan.

Dalam rangka memperingati HUT PMR ke 73, tepat di hari Rabu, 1 Maret 2023 FORPIS SURAKARTA (Forum Remaja Palang Merah Indonesia) yang merupakan sebuah organisasi yang dikoordinir oleh Palang Merah Indonesia untuk menyalurkan aspirasi dan mengembangkan peran aktif PMR dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI menyelenggarakan kegiatan berupa lomba video kreatif “forPis On Videos” yang bertajuk “Apa Sih Pentingnya Peran PMR?”.

            Video singkat persembahan dari siswa-siswi PMR Wira SMK Negeri 6 Surakarta ini  menceritakan tentang Naya, salah satu siswi yang juga anggota PMR yang sangat rajin dan tekun mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh ekskulnya. Tetapi, disatu sisi Naya juga mempunyai beberapa sahabat yang tidak terlalu aktif dalam kegiatan ekstrakurikuler dan pengembangan diri di sekolah, terutama Angel yang selalu saja mengajak untuk bolos dari PMR karena menganggap tidak penting dan hanya membuang waktu saja. Suatu hari, sepulang sekolah, Angel dan teman-teman berniat untuk nongkrong bareng dan mengajak Naya juga ikut serta bersama mereka. Tetapi, sayangnya Naya tidak bisa ikut bersama dengan teman-temannya karena ada kegiatan PMR. Angel dan beberapa teman yang kesal dan jengkel kepada Naya meninggalkan begitu saja Naya dan Vibi yang juga salah satu “bestie”nya mereka. Tiba-tiba saja Vibi yang terlihat pucat dan kurang fit, jatuh pingsan, hingga membuat Angel dan beberapa teman tadi menoleh kebelakang karena menyadari Vibi yang jatuh pingsan. Tidak perlu waktu lama, beberapa teman PMR dengan sigap dan cekatan langsung memberikan pertolongan pertama penanganan pada korban pingsan. Peristiwa ini akhirnya mengubah mindset Angel yang awalnya menganggap PMR hanya ekstrakurikuler yang tugasnya “duduk manis” menunggu orang sakit saja, hingga menjadi lebih respect terhadap PMR. Angel menyadari bahwa PMR bukan sekedar ekstrakurikuler biasa, tetapi  penuh dengan kepedulian dan empati serta cepat tanggap dan tepat serta tekun dalam memperluas wawasan agar tidak salah dalam memberikan pertolongan.

Berikut para talent dalam lomba video :

(6 Orang Gerombolan)

  1. Angel / X MPLB 1 – Teman Naya
  2. Naya / X MPLB 1 – Anggota PMR
  3. Vibi / X MPLB 1 – Korban Pingsan
  4. Nissa / X AKL 2 – Teman Angel
  5. Devina / X AKL 1 – Teman Angel
  6. Intan / X AKL 1 – Teman Angel

(5 Orang UKS)

  1. Lidya / X AKL 3 – Jaga UKS
  2. Qonita / X MPLB 1 – Penolong
  3. Nayla / X ULP 1 – Penolong
  4. Evi / X PM 2 – Penolong
  5. Azka / X AKL 2 – Penolong

Di balik layar :

  1. Yohanes Paskah Reint / X BP
  2. Jagadita sadiya / X BP
  3. Armandio Rizky K.P / X BP
  4. Maurila Zadidia / X BP
  5. Qoddasa Ananda Nafila / X BP
  6. Arum Puji Astuti / X BP
  7. Zulfa Alin R.N.K. / X DKV 1
  8. Amel Salsabila X PPLG
  9. Andra Setyawan X PPLG

 

So, jika ditanya “Apa Sih Pentingnya Peran PMR?”

Tentu jawabannya, PMR memiliki peran yang sangat penting baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Diharapkan melalui tayangan video singkat ini, mampu  memperkenalkan dan menyebarluaskan serta mengedukasi tentang peran penting PMR itu sendiri yang bukan sekedar ekskul, melainkan sebagai salah satu sarana dalam mempersiapkan relawan kemanusiaan yang penuh empati dan kepedulian, menjunjung tinggi nilai kemanusiaan serta siap sedia dan cepat tanggap dalam segala situasi dan kondisi.  Seperti yang terdapat dalam 7 Prinsip Dasar Ke Palang Merahan yaitu :

  1. Kemanusiaan (Humanity)
  2. Kesamaan (Impartiality)
  3. Kenetralan (Neutrality)
  4. Kemandirian (Independence)
  5. Kesukarelaan (Voluntary Service)
  6. Kesatuan (Unity)
  7. Kesemestaan (Universality)

Alhamdulillah, Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, berkat dukungan dan doa dari bapak ibu guru dan seluruh warga SMK Negeri 6 Surakarta, PMR Wira Viska berhasil meraih Juara 1 Lomba POV Peringatan Hari PMR Tahun 2023 oleh FORPIS SURAKARTA. Semoga hal ini tidak berhenti begitu saja dan membuat “lupa diri”, melainkan menjadi langkah awal di tahun 2023 ini untuk terus semangat dalam berproses dan tidak lelah untuk belajar dan berlatih. Ayudahumanitaria ya…ya…yaa!!! PMR Vivohaska Jaya!!!

Banyak semut di atas papan

Semutnya membawa banyak gula

Salam untuk Kemanusiaan

Selamat Hari Palang Merah Remaja

Berlari ke pasar membeli jajanan

Badan jadi bau plus keringetan

Yuk buka hati dan perasaan

Junjung tinggi kemanusiaan

BANGGA MENJADI BAGIAN DARI PALANG MERAH REMAJA (PUTH).