Pengalaman PPG Prajabatan Kami di SMK Negeri 6 Surakarta

SMK Negeri 6 Surakarta merupakan salah satu Sekolah Mitra bagi UNS sebagai tempat untuk melaksanakan program penyiapan guru melalui Program PPL PPG Prajabatan. Di bawah ini merupakan paparan yang ditulis oleh mahasiswa PPG Prajabatan sebagai bentuk apresiasi selama melaksanakan praktik mengajar.

Mahasiswa PPL I PPG Prajabatan Gelombang 2 tahun 2023 periode 11 Januari – 7 April 2023 di kelas XI Pemasaran menyampaikan terima kasih banyak kepada Ibu Dwi Titik Indiyanti,S.Si, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Prihatin Darsini, SST. Par selaku Wakakurikulum SMK Negeri 6 Surakarta yang telah menerima dengan baik. Sekolah mitra telah memberikan kami ruang dan kesempatan untuk belajar serta memahami karakteristik siswa-siswi di SMK Negeri 6 Surakarta. Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Bapak Eko Prastyo, S.Pd, Bapak Dwi Safrudin, S.Pd, serta Ibu Lintang Madina Cahyani, S.Pd. selaku Guru Pamong yang telah  membimbing kami selama PPL I di SMK Negeri 6 Surakarta. Kami selaku Mahasiswa PPG Prajabatan UNS ingin menyampaikan kesan selama praktik pembelajaran di kelas.

Program PPG Prajabatan ini kita tempuh dengan 2 semester, dimana semester 1 dilaksanakan PPL 1 dengan kegiatan observasi dan praktik mengajar terbimbing. Selanjutnya pada semester 2 akan dilaksanakan PPL 2 dengan kegiatan Praktik Mengajar Mandiri. Semua tahapan PPL di sekolah tersebut harus kita laksanakan karena merupakan syarat untuk lulus pada program PPG Prajabatan ini. Setelah lulus mengikuti PPG Prajabatan, lulusan PPG diharapkan telah memiliki pengalaman yang cukup dalam mengajar, mempunyai bekal berupa ilmu untuk meningkatkan kompetensi pedagogig, kepribadian dan sosial yang dapat menjadi pegangan untuk berkarier sebagai guru profesional. Selain menjadi guru yang profesional, kami juga berharap lulusan PPG Prajabatan menjadi guru yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

  1. Reny

Kesan pertama saya saat diempatkan di SMK Negeri 6 Surakarta merasa berat karena saya sebelumnya, belum pernah mengajar di jenjang SMK. Namun, setelah saya menjalani observasi dengan mengenali karakteristik peserta didik di kelas XI PM 2 berat itu hilang karena anak-anak menerima kita dengan antusias dan sopan santun. Sarana dan prasarana yang ada di SMK Negeri 6 Surakarta sangat memadai dan menunjang kami dalam melakukan praktik mengajar terbimbing. Kami dapat memaksimalkan media pembelajaran dengan bantuan teknologi sehingga pembelajaran tidak monoton dengan ceramah dan peserta didik tidak bosan.

  1. Ekasari

Alhamdulillah terimakasih banyak kepada Bapak Ibu Guru beserta staff yang sudah saya kenal di SMK Negeri 6 Surakarta ini. Ketika baru pertama kali datang di sekolah ini saya sudah merasa nyaman karena suasana di sekolah sejuk banyak pohon, bersih dan warga sekolah ramah-ramah. Selanjutnya saya melaksanakan observasi dan praktik terbimbing dengan guru pamong disitu saya bertemu dengan siswa – siswi kelas XI jurusan pemasaran yang sangat ramah, dan sopan santun. SMK Negeri 6 Surakarta banyak memberi pengalaman saya ketika menjadi Guru dan mahasiswa praktik disini. Fasiitas sangat membantu saya dalam menyampaikan materi dengan teknologi dan pembelajaran interaktif. Adapun sarana dan prasarana sudah mendukung kegiatan belajar mengajar, ruangan yang luas dan siswa siswi mampu berkomunikasi dan kooperatif

  1. Mustakim

Kesan yang saya dapatkan di SMK Negeri 6 Surakarta, Saya mendapatkan banyak pengalaman yang tidak saya temui di kampus, bapak ibu guru yang ramah, siswa siswi yang sopan santu selalu saya temui di lingkungan sekolah ini. Sarana prasarana pembelajaran yang sangat mencukupi membuat saya merasa lebih mudah dalam menyampaikan konten materi kepada peserta didik. Waktu 3 bulan tidak terasa hari ini saya dan teman-teman meninggalkan sekolah yang begitu bagus dan harus kembali ke kampus untuk menyelesaikan studi kami.

Untuk siswa siswi SMK Negeri 6 Surakarta teruslah semangat dalam menimba ilmu dan gapailah cita-cita kalian sehingga menjadi kebanggaan di masyarakat nantinya.

Terimakasih SMK Negeri 6 Surakarta semoga jaya selalu. Viska Jaya Jaya Jaya.

  1. Apri Fitrianingsih

Alhamdulillah, kegiatan PPL I telah kami laksanakan selama kurang lebih 3 bulan yang menyimpan banyak cerita dan pengalaman berharga bagi saya selama kegiatan tersebut. Kesan saya setelah mengikuti kegiatan PPL I di SMK Negeri 6 Surakarta adalah saya merasa sangat senang bisa mengenal Bapak dan Ibu Guru di SMK Negeri 6 Surakarta, karena bagi saya Bapak dan Ibu Guru beserta staf sangat ramah dan baik. Banyak sekali pelajaran yang saya peroleh dari kegiatan PPL I ini khususnya tentang ilmu kependidikan praktik mengajar yang tentunya sangat bermanfaat bagi saya untuk bekal kedepan nanti lebih baik agar bisa menjadi guru yang selalu berkembang dan terus belajar sesuai dengan berkembangnya dunia pendidikan saat ini. Selama saya mengajar, siswa siswi juga bersikap ramah, sopan dan asyik untuk diajak bercerita sehingga saya juga lebih mudah mengenali karakteristik mereka masing-masing. Sarana dan prasara yang tersedia di SMK Negeri 6 Surakarta menurut saya sudah memadai bahkan lengkap, sehingga menunjang proses pembelajaran yang berbasis digital. Hal ini saya alami pada PPL I yaitu saya merasa mudah dalam menyampaikan materi menggunakan media pembelajaran yang telah saya siapkan dan didukung dengan sarana dan prasarana yang lengkap sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna.

Harapan saya, semoga SMK Negeri 6 Surakarta tetap mempertahankan sarana dan prasarana yang sudah memadai ini, khususnya pada bidang teknologi agar siswa siswi tetap terus bersemangat untuk belajar. Untuk siswa siswi SMK Negeri 6 Surakarta teruslah semangat untuk belajar, gapailah angan dan cita-cita kalian, torehkanlah prestasi yang membanggakan di SMK Negeri 6 Surakarta. Tunjukkanlah bahwa kalian tidak hanya hebat untuk saat ini tetapi juga hebat dimasa yang akan datang. Semangat…

Terima kasih atas ilmu yang sungguh bermanfaat ini… VISKA JAYA….

Demikian kesan dan pesan yang disampaikan mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 2 Universitas Sebelas Maret. Disamping kesan dan pesan dari para mahasiswa, Dosen Pembimbing lapangan yaitu bapak Jonet Ariyanto Nugroho,S.E.,M.M. juga berharap kepada para mahasiswa supaya apa yang telah didapat selama PPL untuk menjadi bekal para mahasiswa untuk menjadi guru-guru yang profesional dan mampu membranding diri masing-masing sehingga para siswa yang di didik menjadikan kita seorang guru yang dikenal sepanjang masa. Beliau juga berharap suatu saat nanti nama-nama mahasiswa yang PPL di SMK Negeri 6 Surakarta ini muncul dikalangan masyarakat sebagai pribadi yang unggul dan mampu menjadi contoh bagi banyak orang.

Acara penarikan ini diakahiri dengan pemberian cinderamata sebagai kenang-kenangan dari mahasiswa PPL PPG Prajabatan kepada SMK Negeri 6 Surakarta yang di terima oleh Ibu Dwi Titik Indiyanti,S.Si,M.Pd.