SEMINAR PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH (PTS) & PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Pengembangan keprofesian berkelanjutan dalam pengembangan profesi guru dan kepala sekolah merupakan salah satu unsur yang diperlukan untuk memenuhi angka kredit yang dipersyaratkan untuk kenaikan jabatan fungsional guru. Salah satunya adalah melakukan penelitian tindakan baik Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)  bagi kepala sekolah dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  bagi guru. Kegiatan penelitian tidak cukup hanya ditulis dalam sebuah laporan penelitian , namun hasil penelitian harus diseminarkan di depan guru atau kepala sekolah.

Hari ini, kamis 6 April 2023 di SMK Negeri 6 Surakarta terlaksana 2 (dua) jenis seminar hasil penelitian yaitu seminar hasil  Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dan seminar hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penyaji PTS adalah Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd., Kepala SMK Negeri 6 Surakarta. Penyaji PTK ke-1 adalah Bapak Yudi Cahya Ariyanto, S.Pd., M.Pd.. Penyaji PTK ke- 2 adalah Bapak Mochammad Sofwan, S.Pd., M.Pd

Kegiatan seminar dihadiri oleh para undangan yaitu Ibu Dra. Retnaningsih, M.Pd., selaku Pengawas Pembina SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dr. Dwi Susilowati, M.Pd. (Dosen Universitas Satya wacana), Ibu Dra. Ties Setyaningsih, M.Pd. (Kepala SMK Negeri 5 Surakarta), Bapak Triman, M.Pd., (Kepala SMK negeri 9 Surakarta), Ibu Esti Suryani, M.Pd., (Guru SMK Negeri 1 Surakarta) serta guru-guru dari SMK Negeri 6 Surakarta.

Acara seminar dibuka oleh pembaca acara, ibu Anis Sunarsi, S,Pd., guru SMK N 6 Surakarta, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama disampaikan oleh kepala sekolah SMK N 6 Surakarta Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd., dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada peserta seminar dan ucapan terimakasih atas kehadiran undangan pada acara seminar PTS dan PTK di SMK Negeri 6 Surakarta. Sambutan kedua adalah sambutan dari Pengawas Pembina SMK N 6 Surakarta ibu Dra. Retnaningsih, M.Pd., dalam sambutannya memberikan arahan dan motivasi bahwa seminar PTS dan PTK merupakan ruang untuk menyampaikan apa yang telah kita perbuat selama ini sesuai tupoksi kita masing-masing guna peningkatan kualitas pendidikan. Selain itu, harapan dari kegiatan seminar bahwa PTS dan PTK yang telah diseminarkan dapat dinilaikan untuk kenaikan pangkat. Karena sesuai dengan Perman RB No: 1 Tahun 2023 bahwa mulai bulan Juli 2023 sudah tidak ada lagi PAK, yang selanjutnya  penilaian pengembangan keprofesian berkelanjutan dilakukan oleh kepala sekolah. Acara pembukaan diakhir dengan pantun:

Embun tipis menemani di waktu pagi

Bunga hias dihinggapi sang kumbang

Tak akan habis ilmu jika dibagi

Seperti tunas, siap tumbuh dan berkembang

Selanjutnya, acara inti dari seminar adalah pemaparan materi hasil penelitian yang dipandu oleh moderator Ibu Endang Retno Palupi, S.Pd., M.Pd. Penyaji PTS adalah Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. mengangkat judul penelitian: “Upaya Meningkatkan Ketrampilan Literasi Menulis dengan Strategi SIAP Bagi Guru SMK Negeri 6 Surakarta”. Latar belakang dari penelitian ini adalah keterampilan literasi menulis guru SMK N 6 Surakarta rendah sehingga perlu adanya terobosan agar ketrampilan literasi menulis guru SMK N 6 Surakarta dapat meningkat. Terobosan yang dilakukan peneliti adalah dengan startegi SIAP, yaitu suatu strategi yang memberikan motivasi, arahan dan pendampingan. Motivasi sangat penting untuk diberikan kepada para guru agar bersemangat untuk mengikuti berbagai kegiatan workshop guna menambah pengetahuan literasi. Selaras dengan itu, arahan tidak kalah penting yaitu memberikan arahan apa yang harus guru-guru lakukan dalam literasi menulis, dan selanjutnya adalah pendampingan yaitu suatu pendampingan dari awal hingga tulisan itu dapat terbit. Kesimpulan dari PTS ini adalah melalui strategi SIAP dapat meningkatkan keterampilan literasi menulis guru SMK N 6 Surakarta.

Penyaji PTK ke satu: Bapak Yudi Cahya Ariyanto, S.Pd., M.Pd. Dengan judul penelitian: Peningkatan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Powerpoint Pada Siswa Kelas X MPLB 3 Semester Ganjil SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2022/2023.  Latar belakang dari penelitian ini bahwa model pembelajaran konvensional menyebabkan siswa kurang aktif belajar, materi pelajaran tidak dapat diserap dengan baik, hasil belajar siswa rendah. Untuk mengatasi hal tersebut peneliti mengubah proses pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan powerpoint sesuai dengan pembelajaran matematika yaitu menyelesaikan masalah. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan 2 siklus, siklus 1 guru /peneliti menggunakan pembelajaran berbasis masalah, siklus 2 guru/peneliti menggunakan pembelajaran berbasis masalah berbantuan powerpoint. Berdasarkan hasil refleksi penelitian yaitu kondisi awal, ke kondisi akhir bahwa capaian pembelajaran matematika meningkat 30% (nilai terendah), 25% (nilai tertinggi), 21% (nilai rata-rata) serta meningkatnya ketuntasan siswa dalam belajar matematika yaitu 20%. Atas hasil penelitian tersebut peneliti menggunakan remdial dan pengayaan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa model pembelajaran berbasis masalah berbantuan powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X MPLB 3 Semester Ganjil SMK Negeri 6 Surakarta.

Penyaji PTK ke dua: Bapak Mochammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. Dengan judul penelitian : Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Metode Struktural Bercerita Berpasangan dan Motivasi Arces Pada Siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 6 Surakarta Semester Gasal Tahun Pelajaran 2022/2023. Latar belakang penelitian ini adalah 1) Hasil belajar menulis belum maksimal, 2) sikap siswa dalam proses pembelajaran belum positif, 3) kemajuan teknologi siswa belum jernaih pakai teknologi, 4) sudut pandang guru tentang mengajar menulis belum tepat, 5) pilih terapkan metode pembelajaran belum maksimal, 6) guru belum bisa pamer tulisan asli karya guru. Untuk mengatasi keadaan di atas peneliti mengubah metode pembelajaran dengan metode struktural bercerita berpasangan dengan motivasi ARCES. Hal ini selaras dengan capaian pembelajaran yang tertuang dalam SK BSKAP No. 008/kr/2022 yaitu pentingnya kemampuan menulis sebagai pondasi berliterasi dengan bekerja dan belajar sepanjang hayat. Rumusan masalah dalam penelitian 1) bagaimana peningkatan hasil belajar menulis paragraph deskripsi peserta didik kelas X AKL 2 SMK Negeri 6 Surakarta setelah mengeikuti pembelajaran menulis paragraph deskripsi metode structural bercerita berpasangan dan motivasi ARCES? 2) bagaimana peningkatan proses belajar menulis paragraph deskripsi peserta didik kelas X AKL 2 SMK N 6 Surakarta dengan metode structural bercerita berpasangan dan metode ARCES?. Tujuan penelitian adalah meningkatkan hasil belajar dan proses belajar menulis paragraph deskripsi siswa. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Berdasarkan proses belajar baik siklus 1 maupun siklus 2 hasil belajar keterampilan menulis paragrap deskripsi siswa meningkat. Metode structural bercerita berpasangan sangat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menuliskan
paragraph dengan didukung oleh motivasi ARCES.

Acara seminar diakhiri dengan harapan penelitian ini memberikan dampak positif tidak saja pada jenjang karier guru namun juga peningkatan kualitas pendidikan khususnya di SMK Negeri 6 Surakarta. Pantun dipersembahkan untuk para hadirin undangan:

Bangun persegi bagian dari geometri

Ada juga segitiga dan belah ketupat

Ilmu yang dibagi sudah terpatri

Semoga berkah dan juga bermanfaat

Empat dibagi dua sama dengan dua

Empat kali dua sama dengan delapan

Tidak ada manusia yang sempurna

Jika ada khilaf mohon dimaafkan

–Nurul Yuhana