Purna Tugas Sang Maestro Administrasi Terbaik Nasional

Gb. 1: Pak Selamet bernyanyi pada acara HBH Viska

Suasana lebaran Idul Fitri masih terasa di mana-mana. Wajah cerah sumringah penuh rasa saling memaafkan menghiasi seluruh warga sekolah. Demikian halnya atmosfir yang sama juga terasa mewarnai lingkungan keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta. Bersamaan dengan hari ketiga masuk kerja setelah cuti bersama Idul Fitri 2023 yang berlangsung 19-25 April 2023. Tepatnya Jum’at Wage, 28 April 2023 menjadi hari terakhir bagi Bapak Selamet Hutomo, SE dalam menunaikan tugas kedinasan di SMK PK Pemadanan Industri yang terletak di Jl. LU Adisucipto 38 Laweyan, Surakarta. Sebagai kepala Tata Usaha di SMK Negeri 6 Surakarta, Bapak Selamet genap sudah selama 37 tahun mengabdikan diri pada institusi pendidikan yang saat ini dikepalai oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd.

Gb. 2: Pak Selamet dengan senyum bahagia

Dedikasi dan integritasnya yang luar biasa, berhasil menghantarkan lelaki yang hobi pada olahraga tenis meja dan penyuka segala makanan berkuah ini,  memperoleh piagam tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya XX Tahun, yang dianugerahkan oleh Presiden Republik Indonesia pada 2010 lalu. Ayah dari Anggraeny Setiawati Putri Hutomo, Yodana Setiawan Putro Hutomo dan Oktavia Anugrawati Hutomo ini juga berhasil mengukir prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Teladan yang diciptakan, bukan sekedar memberi perintah, larangan dan hukuman. Melainkan contoh nyata yang sudah dipraktikkannya dalam kehidupan keseharian. Tercatat sebagai juara 1 Kategori Kepala Tenaga Administrasi Berprestasi tingkat Provinsi Jawa Tengah pada Agustus 2019. Melaju ke tingkat nasional pada tahun yang sama, Pak Selamet yang selama ini berdomisili di Cemani Kabupaten Sukoharjo berhasil masuk dalam jajaran Finalis Pemilihan Tenaga Administrasi Sekolah Berprestasi yang diselenggarakan di Jakarta pada Oktober 2019.

Gb. 3: Pak Selamet menjelang purna

Keteladanan yang diberikan kepada jajaran staff TU di salah satu SMKN terbaik di kota Surakarta ini, berhasil menjadikannya sebagai pembicara nara sumber untuk sekolah-sekolah lain yang ingin menimba ilmu tentang kegiatan administrasi sekolah yang diterapkannya di instansi tempat beliau mengabdikan diri. Sekolah-sekolah tersebut menjadikan SMKN 6 Surakarta sebagai rujukan dalam pengelolaan administrasi dibawah kepemimpinan beliau yang memulai pengabdiannya ini pada tahun 1965.

Gb. 4: Pak Selamet dan Ibu Dwi Titik Irdiyanti bersama bapak ibu guru dan staff tenaga administrasi viska

Tegas, disiplin, teliti. Ketiga sikap tersebut menjadi modal utama beliau dalam menjalankan tugas utama. “Beliau sangat tegas dalam menerapkan peraturan. Bagi para pelanggar juga akan ditegurnya secara terang-terangan.  Penggunaan waktu, taat peraturan pemerintah, selalu mengingatkan dan menegur bagi para pelanggar peraturan adalah ciri khas beliau. Selalu berpedoman pada peraturan yang jelas dan melaksanakannya dengan tegas. Bukan galak, bukan marah. Beliau hanya berusaha menegakkan peraturan, agar instansi ini dapat menuju ke arah yang terbaik.“ demikian seorang guru menyebutkan kesannya saat ditanya tentang sosok Pak Selamet.

 

Sosok yang berwibawa namun tetap rendah hati dalam bersikap sehari-hari ini, sudah menyampaikan kata pamitnya kepada keluarga besar SMKN 6 Surakarta melalui pesan yang disampaikannya secara tertulis sejak Kamis, 27 April 2023 berikut ini:

MOHON DIRI

Dengan memanjatkan puji syukur ke hadirat Tuhan YME, dan berkat doa restu bp ibu, terhitung mulai tgl 1 Mei 2023 sy sdh memasuki masa Purna Tugas sebagai ASN dengan kondisi yang sehat.  Bahwa dalam pengabdian selama 37 tahun pernah bekerja sama , bergaul dan melakukan aktivitas kegiatan kedinasan di SMKN 6 Surakarta, ada banyak kesalahan, tingkah laku, tutur kata dan perbuatan yang tidak/kurang berkenan dengan kerendahan hati, kepada bp ibu Guru dan Karyawan SMKN 6 Surakarta, saya menyampaikan dengan tulus permohonan maaf yang sebesar-besarnya, dan mohon doanya agar dlm memasuki masa purna tugas ini saya diberikan kesehatan dan kebahagiaan di tengah-tengah keluarga dan masyarakat. Saya berdoa juga kiranya bp ibu sll diberikan Kesehatan, dan kebahagiaan Bersama keluarga serta sukses sll dlm menjalankan tugas-tugas kedinasan.

Sekian dan terima kasih

Hormat saya,

Selamet Hutomo dan keluarga

Gb. 5: Bapak Selamet dan Ibu Dwi Titik Irdiyanti

Kesan Teman Sejawat

“Dalam kedinasan beliau orangnya disiplin, rapi.” Kesan dari ibu Sri Suparti.

“Kesan saya tentang kepemimpinan Bapak Selamet Hutomo:

Sosok Pemimpin teladan, dapat menjadi contoh baik sebagai Figur Pimpinan.

Mengkoordinir staff dengan sangat baik. Selalu menelaah terlebih dahulu informasi dari berbagai sumber dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Meskipun terkadang kebijakannya memberatkan bawahan, namun kami tahu tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah demi kemajuan SMK Negeri 6 Surakarta.” disampaikan oleh Mas Anas Ridwan Jumain sebagai staff Tenaga Administrasi Sekolah.

“Pak Selamet itu berdedikasi tinggi, menjalankan tugasnya secara profesional, tegas, ngemong terhadap staff yang belum menguasai tugas dan kekeluargaannya terhadap guru-guru dan yang lainnya juga baik.” Kesan yang disampaikan oleh ibu Dra. Sri Haryatmi.

“Secara keseluruhan, Pak Selamet orang yang baik, arsip-arsipnya rapi dan sangat hati-hati dalam pekerjaan.” Demikian yang disampaikan oleh bapak Nur Sumargandhi HR, S.Pd.

 

Pungkasan Sinaga Jelang Purna

Haru biru, mendung syahdu diiringi pantun yang bernada rindu. Keluarga besar SMK N 6 Surakarta membersamai Pak Selamet dalam mengakses yang pungkasan aplikasi Sinaga menjelang purna.

Selamat menjalani masa purna, wahai sang maestro administrasi terbaik nasional…

Jejak prestasi dan keteladanan yang engkau torehkan menjadi bekal pengalaman yang sangat berharga bagi para penerusmu di masa mendatang untuk melanjutkan regulasi yang sedang berjalan.

Gb. 6: Sertijab Kasubbag TU pada Plt. Pak Nur Sumargandhi HR, S. Pd.