MANGAYUBAGYO PPDB BERNAS 2023 SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Prosesi pelayanan Pendaftaran Peserta Didik Baru tahun 2023/2024 SMK Negeri se Jawa Tengah masih berjalan sesuai time scedule yang dibuat secara terpusat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Begitu pula prosesi pelayanan pendaftaran siswa baru yang diselenggarakan di SMK Negeri 6 Surakarta. Prosesi yang diawali dengan pembuatan akun pendaftaran, verifikasi akun pendaftaran, pendaftaran peserta didik baru, pengumuman, dan daftar ulang berjalan dengan lancar. Pelayanan dan pendampingan yang dilakukan  masih dan  terkoordinasi secara matang dari lini petugas depan hingga lini utama berjalan dengan apik tanpa kendala. Koordinasi Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si. M.Pd. selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta bersama petugas lapangan dan kerjasama orang tua calon siswa baru mempermudah prosesi PPDB SMK Negeri 6 Surakarta semakin solid dan berkualitas.

Prosesi pelayanan pendaftaran siswa baru yang dilakukan secara daring dilakukan untuk menjaga kualitas pelayanan yang berkeadilan dan transparan. Slogan ‘No Titip No Jastip ( Tidak ada Titip dan tidak ada Jasa Titip) telah dicanangkan oleh SMK Negeri 6 Surakarta untuk mendapatkan calon peserta didik yang berkualitas dan jujur dalam rangka memperkuat dan mendukung slogan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yaitu ‘ora ngapusi ora korupsi.

Selain itu, Dinamika kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang telah menjadi bagian dari kehidupan keseharian masyarakat pendidikan pada umumnya, harus mampu pula diikuti oleh penyedia layanan pendidikan, baik itu Pemerintah, Pemerintah Daerah, maupun oleh masyarakat. Kondisi ini merupakan sesuatu hal yang wajib diharmonisasikan untuk menjaga gerak penguasaan teknologi dan informasi agar mampu menjawab dan memberikan kemanfaatan yang lebih besar.

Salah satu upaya atas pemanfaatan kemajuan teknologi informasi tersebut adalah  implementasi layanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Daring, yakni PPDB Daring untuk SMA Negeri dan SMK Negeri di Jawa Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Alasan utama bagi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah adalah agar masyarakat mendapatkan kemudahan dalam kerangka pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sistem PPDB Daring yang dirancang secara real time (basic waktu) tentu akan memberikan banyak kesempatan bagi masyarakat pengguna dalam menentukan pilihan studi lanjut bagi Calon Peserta Didik, maupun bagi para orang tua yang melaksanakan tanggungjawabnya terhadap pendidikan putera dan puterinya.

Melalui PPDB Daring, masyarakat pengguna layanan akan dengan cepat mendapatkan informasi, dan pada saat yang bersamaan pula masyarakat memiliki waktu untuk menentukan pilihan-pilihan lain yang tersedia dalam koridor regulasi yang menjadi pedoman utama penyelenggaraan PPDB Daring.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya mengatakan  bahwa yang perlu kalian catat, ada masa depan yang harus diperjuangkan. Masa depan yang seperti apa, kalian yang menentukan. Tapi seperti apapun masa depan yang kalian inginkan, penguatan pikiran dan mental mutlak harus dilakukan. Dan saat ini, tibalah masanya kalian memasuki ruang penggemblengan pikiran dan mental agar jadi generasi unggulan yang tidak gumunan.

Ganjar juga mewanti-wanti ‘Diskusilah dengan orangtua sebelum menentukan pilihan. Karena orangtua punya banyak pertimbangan yang seringkali luput kita perhatikan. Terlepas dari itu semua, merekalah walimu. Merekalah yang bertanggung jawab atas kehidupanmu, selain guru. Ketika seluruh pertimbangan sudah didiskusikan, mantabkan niat dan segeralah melangkah untuk melalui seluruh proses pendaftaran ini’

Ada beberapa jalur yang bisa dimanfaatkan masyarakat dalam prosesi pendaftaran siswa baru tahun 2023 di SMK Negeri 6 Surakarta. Jalur ini agak sedikit berbeda dengan PPDB SMA. Calon siswa dan orang tua dapat memanfaatkan 1) jalur Jalur Prestasi  2) Jalur Afirmasi dikhususkan untuk siswa kurang mampu, anak yatim/piatu karena orang tua kena covid-19   3) jalur Siswa domisili terdekat dengan sekolah. Tersedia 7 Program Keahlian di SMK Negeri 6 Surakarta yang bisa dipilih calon siswa baru, yaitu :

  1. Akuntansi Keuangan Lembaga ( kuota 108)
  2. Managemen Pengelolaan Layanan Bisnis ( kuota 108)
  3. Usaha Layanan Wisata ( kuota 108)
  4. Pemasaran ( kuota 72)
  5. Desain Komunikasi Visual ( kuota 72)
  6. Broadcasht dan Penyiaran ( kuota 36)
  7. PPLG ( kuota 36)

 

Sedangkan Time Scedule yang diterapkan dalam PPDB 2023 di SMK Negeri 6 Surakarta mengikuti time scedule yang telah ditentukan Pemerintah Provinsi JawaTengah yaitu

  1. Pengajuan akun dan verifikasi akun 15-23 Juni 2023
  2. Aktivasi akun 15 – 27 Juni 2023
  3. Pendaftaran 23 -27 Juni 2023
  4. Pengumuman 30 Juni 2023
  5. Daftar ulang 3 – 6 Juli 2023

 

Berikut selayang pandang Prosesi Kegiatan PPDB Tahun 2023 di SMK Negeri 6 Surakarta :

 

  1. Proses Pembuatan Akun, Verifikasi dan Aktivasi Akun dan Pendaftaran Siswa Baru

Dalam prosesi ini, SMK Negeri 6 Surakarta berusaha memberi pelayanan dan pendampingan yang terbaik untuk para calon siswa dan orang tua yang belum paham penggunaan teknologi. Pelayanan dan pendampingan berupa pemberian informasi program keahlian yang tersedia, pembuatan akun, verifikasi akun, dan aktivasi akun. Sedangkan pendaftaran bisa dilakukan siswa secara mandiri online atau dapat dipandu petugas di lokasi yang telah disediakan.

Gambar. 1 Pelayanan informasi awal PPDB SMKN 6 Surakarta

Gambar. 2 Para orang tua calon peserta didik SMKN 6 Surakarta

Gambar. 3 Pendampingan OSIS dalam pembuatan akun CPD SMKN 6 Surakarta

Gambar. 4 Prosesi verifikasi dan aktivasi akun di SMKN 6 Surakarta

Gambar. 5 Prosesi pendaftaran calon siswa baru SMKN 6 Surakarta

  1. Pengumuman Hasil PPDB

Pengumuman hasil seleksi PPDB 2023 dilakukan secara serentak pada tanggal 30 Juni 2023. Caoln Siswa dan orang tua dapat melihat di website SMK Negeri 6 Surakarta maupun melihat secara manual yang di tempel di papan pengumuman.

Gambar. 6 Orang tua dan CPD melihat pengumuman hasil PPDB 2023

 

  1. Prosesi Daftar Ulang CPD

Menindaklanjuti pengumunan hasil seleksi PPDB tahun 2023 Calon Peserta Didik Baru SMK Negeri 6 Surakarta wajib melakukan prosesi Daftar Ulang di SMK  Negeri 6 Surakarta. Daftar Ulang dilakukan oleh orang tua bersama calon siswa mulai tanggal 3 – 6 Juli 2023.

Gambar. 7 Prosesi  Daftar ulang CPD yang diterima di SMKN 6 Surakarta

Gambar. 8 Pendampingan orang tua, dan Petugas dalam prosesi daftar Ulang

Gambar. 9 Monitoring Kepala Sekolah dalam Prosesi daftar ulang di SMKN 6 Surakarta

Sebagai pungkasan tulisan, Segenap Keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta mengucapkan Selamat Datang Calon Peserta Didik Baru 2023/2024. Semoga Kehadiranmu lebih memperkuat SMK Negeri 6 Surakarta menjadi sekolah yang berkualitas dan berintegritas. Kreasi dan Prestasimu akan menjadi tinta emas untuk torehkan nama besar SMK Negeri 6 di kancah Nasional sebagai sekolah inspiratif. Aamiin.