MENGAWAL ABSEN SINAGA SAAT PURNA

Bersamaan dengan beberapa pengumuman yang hendak disampaikan oleh kepala SMK Negeri 6 Surakarta, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si.,M.Pd. berakhir pula masa pengabdian ibu Sri Suparti, salah satu staff Tata Usaha di sekolah tersebut. Tepatnya Selasa Wage, 27 Juni 2023. Ibu Sri Suparti, yang kerap dipanggil bu Parti ini, secara resmi melakukan absen sinaga terakhir dan dibersamai oleh keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta.

Setelah menyampaikan beberapa pengumuman terkait tentang kepegawaian dan jadwal cuti bersama, dalam apel yang belangsung di depan loby SMK Negeri 6 Surakarta, Bu Titik sebagai kepala sekolah menyampaikan kesannya bahwa ada yang istimewa terkait purnanya salah satu staff TU kali ini. Ternyata masa kerja bu Parti seusia dengan Mas Anas Ridwan Jumain yang kebetulan menjadi penerus bu Parti dalam tugas-tugas kedinasan di bagian kepegawaian dan bendahara gaji. Masa CPNS bu Parti yang tertanggal 2 Mei 1986, tepat saat hari yang sama dengan kelahiran Mas Anas. Artinya, masa kerja bu Parti sudah senilai kinerja Mas Anas yang sudah dewasa, menjadi PNS, dan telah berputera dua. Luar biasa masa pengabdian yang sudah dilakukan bu Parti. Piyayinya rajin, cak-cek, tidak banyak bicara tetapi selalu merantasi. Sesuai dengan yang disampaikan oleh orang nomor satu di SMK Negeri 6 Surakarta ini.

Oleh karenanya dalam kesempatan ini, bu Titik menyampaikan rasa terimakasih serta sekelumit harapan juga ucapan selamat memasuki purna tugas dengan kondisi sehat, segar, bahagia semoga panjang umur. Tak ketinggalan pantun yang diselipkan sebelum mengakhiri sambutannya. Juga permintaan maaf yang sebesar-besarnya, secara pribadi sekaligus mewakili keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta, atas tutur kata atau sikap dan pikiran yang tidak berkenan di hati Bu Parti.

“Yok, satu dua tiga wis cakep dulu, belum tak bacakan wis cakep dulu.” Canda bu Titik sebelum menyampaikan pantunnya yang disambut gelak tawa bapak ibu guru dan staff peserta apel.

Jalan-jalan di atas jembatan, sungai di bawah jadi hiasan.

Ada pertemuan ada perpisahan, kenangan indah takkan terlupakan.

Ada unggas burung Merpati, terbang di sawah hinggap di jemari.

Selamat purna tugas ibu Parti, sekalipun berpisah kita tetap silaturahmi.

“Jazakumullah khairan katsiran njih, bu Parti, semoga barakah buat semuanya, panjenengan dan keluarga selalu sehat dan senantiasa dalam lindungan dan rahmat Allah SWT. Aamiin.” Pesan yang disampaikan ibu Dra. Rumiyati, M.Pd., Kons. Pada hari ulangtahun bu Parti yakni 23 Juni 2023 lalu.

“Bu Parti itu orangnya tegas dan selalu cepat tanggap menyelesaikan tugasnya. Beliau ini sangat menguasai bidang pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.” Kesan yang disampaikan oleh guru paling senior saat ini, ibu Dra. Sri Haryatmi di sela kesibukannya.

“Bu Parti itu orang baik.” Singkat padat jelas, kesan yang disampaikan oleh bapak Nur Sumargandi Hari Ratmana, S.Pd. guru yang sekaligus kepala TU saat ini.

“Meskipun terkesan galak, namun semua itu adalah cerminan dari rasa tanggungjawab, yang menginginkan pekerjaan selesai tepat waktu tanpa cacat. Pengabdian yang dilalui adalah pengabdian yang lama dan telaten pada bidangnya.” Demikian salah satu keluarga besar SMK negeri 6 Surakarta menyampaikan kesannya.

“Selamat memasuki purna tugas Bu Parti, semoga tetap sehat dan bahagia bersama keluarga tercinta. Mohon maaf bila ada kekhilafan selama bersilaturahmi dalam kedinasan maupunsecara pribadi. Tetap terus berkarya baik di keluarga maupun masyarakat. Aamiin.” Pesan yang disampaikan oleh bapak Mochammad Sofwan, S.Pd., M.Pd. melalui grup whatsapp yang kemudian diramaikan oleh bapak ibu keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta.

Terimakasih banyak untuk kebersamaannya dan selamat menikmati masa purna, Bu Parti. Sehat dan bahagia senantiasa bersama keluarga tercinta. (NN)