Film Pendek “Melodi Asa” Raih Juara 1 dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat provinsi Jawa Tengah

Surakarta, 24 Juli 2023 – Setelah berhasil meraih juara 1 pada mata lomba Film Pendek ajang Festival Lomba Seni Siswa Nasional Tingkat Kota Surakarta pada 5 Juni 2023 lalu, kegembiraan kembali menyelimuti perasaan siswa jurusan Broadcasting SMK N 6 Surakarta yang kembali menyabet juara 1 bidang lomba film pendek pada ajang festival lomba seni siswa nasional tingkat provinsi jawa tengah pada 20-22 Juni 2023. Lomba ini merupakan ajang bergengsi bagi para pelajar untuk menampilkan karya-karya seni terbaik mereka dan film pendek berjudul “Melodi Asa” berhasil menarik perhatian dewan juri dengan pesan kuatnya.

Kompetisi ini diadakan untuk mendorong kreativitas siswa di bidang seni, terutama dalam dunia perfilman. Para peserta diminta untuk menghadirkan karya yang inovatif, orisinal, dan mampu menginspirasi serta mempengaruhi penonton. “Melodi Asa” berhasil menonjol dan mencuri perhatian dewan juri dengan cerita yang menggugah, teknik sinematografi yang menawan, serta akting para pemerannya yang luar biasa.

Film pendek garapan R. Dian Santoso dan Mikhael Rio Muaratibu yang merupakan siswa dari jurusan Perfilman SMK Negeri 6 Surakarta, yang dikepalai oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M. Pd., ini mengangkat kisah tentang perjuangan seorang bocah pengamen jalanan yang tunanetra hingga mendapatkan beasiswa dan dapat kembali ke sekolah seperti impiannya. Kisah yang menggugah batin ini dibawakan dengan gaya visual yang unik dan dikemas dengan perpaduan musik yang menyentuh hati dibawah bimbingan guru-guru yang kompeten di bidangnya: Bapak Sandha Oktadea Is Setiana, S.Sn., Bapak Lugas Rekayasa Dewa, S. Sn., dan Ibu Bertha Galuhandini, S. Sn.

Keberhasilan “Melodi Asa” dalam Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat provinsi Jawa Tengah membuktikan bahwa semangat seni dan kreativitas terus berkembang di kalangan pelajar khususnya bagi siswa siswi SMK. Diharapkan prestasi ini akan menjadi inspirasi bagi siswa-siswa lainnya untuk terus mengejar impian mereka dan menghadirkan karya-karya hebat dalam dunia seni perfilman Indonesia.

Bertha Galuh Andini