INTEGRASI INDUSTRI DAN PENDIDIKAN: GURU TAMU DARI INDUSTRI BEREVOLUSI DI JURUSAN REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Program guru tamu di SMK N 6 Surakarta  adalah salah satu program tahunan Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak   yang diselenggrakan dengan bekerjasama dengan Bidang Humas dan Bidang Kurikulum untuk menghadirkan narasumber dari luar sekolah misalnya dari Dunia Usaha/Dunia Industri/praktisi/profesional/komunitas dengan kompetensi yang terkait dengan Kompetensi Keahlian Rekayasa perangkat Lunak  untuk berbagi ilmu pengetahuan serta pengalamannya di Dunia Usaha/Dunia Industri agar dapat memperkaya pengetahuan, memotivasi dan menginspirasi agar peserta didik dapat menyiapkan diri sebelum memasuki Dunia Usaha/Dunia Industri.

Kegiatan guru tamu Program Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK Negeri 6 Surakarta dilaksanakan di SMKN 6 Surakarta selama 2 hari. Pada hari Senin tanggal 17 Juli 2023 dan Kamis tanggal 20 Juli 2023, bertempat di Lab RPL 1 SMKN 6 Surakarta.

Pada hari pertama kegiatan guru tamu diikuti oleh peserta dari kelas XI RPL yang berjumlah 35 dengan guru tamu dari industri Gamelab. Gamelab Indonesia adalah lembaga pendidikan dan pelatihan kerja yang didirikan oleh PT Educa Sisfomedia Indonesia (Educa Studio) berdiri sejak tahun 2011 (12 tahun) dengan Ijin LPK Nomor: 503/NAKER/IMLPK/001/411/XII/2020. Berdirinya lembaga ini berawal dari kebutuhan talent di industri game development hingga Educa Studio menggagas sebuah talent pool dengan format training course bertajuk Gamelab Indonesia. Tema yang diambil pada kegiatan tersebut adalah” Membuat Game 2D dengan Construct 3”, para peserta merasa antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, karena mereka sangat ingin bisa membuat sebuah game yang nantinya dapat di upload ke playstore milik sekolah dan bisa menjadi portofolio dari peserta didik tersebut. Kegiatan guru tamu ini dilaksanakan secara Online dengan platform Gmeet yang di mulai dari Pukul 13.00 sampai dengan 14.00 dapat berjalan dengan lancar.

Pada hari ke 2 acara guru tamu di program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, menghadirkan tamu dari Aditama Digimed, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang Digital Marketing dan Software House. Dalam kegiatan tersebut diisi langsung oleh Bapak Suharmantyo Adi dengan tema Pemanfaatan Digital Marketing untuk memperkenalkan produk ke masyarakat, juga pemaparan kegiatan PKL buat peserta didik yang ingin melaksanakan program PKL di Aditama Digimed. Acara berlangsung dari pukul 09.00 sampai pukul 11.00 dan berjalan dengan lancar. Peserta didik juga antusias dalam mengikuti kegiatan guru tamu ini, dilihat dari beberapa peserta didik yang mengajukan pertanyaan.

Kehadiran guru tamu dari Industri langsung untuk memberikan materi atau pengalaman yang sebenarnya di dunia kerja sangat membantu peserta didik untuk memperoleh gambaran seperti apa dunia kerja di bidang pengembangan perangkat lunak itu. Tentunya hal ini juga memberikan motivasi kepada peserta didik untuk mempersiapkan diri sebelum terjun langsung saat nanti Praktik Kerja Lapangan (PKL).

Arif Joko S & Ratnawati