COMED for Rover Scout 2023

“Galang Potensi, Tegakkan Semangat Kompetisi, untuk Bangkitkan Pramuka Berprestasi” Inilah sepenggal kalimat sebagai tema dari kegiatan COMED for Rover Scout 28 – 30 Juli 2023 yang diadakan oleh Racana Ki/Nyi Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Melihat makna gerakan pramuka yaitu organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Orang Muda yang Suka Berkarya.

Tema ini sangat tepat bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, sanggup bertanggung jawab dan mampu membina dan membangun sebagai penerus generasi selanjutnya.

“Dalam upaya menananamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara menerapkan mental, moral, fisik, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman melalui berbagai kegiatan.

Lomba “COMED for Rover Scout 2023 yang diadakan oleh Racana Ki/Nyi Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta” memicu motivasi ambalan Sambernyawa dan Dewi Sartika untuk menumbuhkan dan meningkatkan prestasi SMK NEGERI 6 SURAKARTA di bidang kepramukaan. SMK N 6 Surakarta mengirimkan peserta 1 sangga putra dan 1 sangga putri dengan formasi masing – masing  sangga 8 peserta.

Tepat di awal paruh pertama tahun ajaran 2023/2024, bagai disiram salju setelah sekian purnama terhalang pandemi covid 19.

Akhirnya ada kesempatan mengikuti lomba. Adapun jenis kegiatan lomba meliputi :

  1. Lomba 5k (Kerapian, Kebersihan, Kreativitas, Kelengkapan, Kenyamanan). Diikuti  seluruh peserta dengan tema Adat Sumatra Utara (Adat Rumah Bolon)
  2. Lomba Pemilahan Dhimas Diajeng (LPDD). Jumlah peserta 1 Orang Sangga Dhimas kategori duta putra dan Diajeng kategori duta putri (1 orang per sangga)
  3. Pionering (Jumlah peserta 3 orang per sangga).
  4. Handycraft (Jumlah peserta 3 orang per sangga).
  5. Scout Game (Jumlah peserta 3 orang per sangga).
  6. Ahmad Dahlan Night (Jumlah peserta 6 – 8 orang per kelompok)

PBB dan Variasi Gerakan (Jumlah peserta 7 orang per sangga).

Berbekal semangat juang dan tekad yang kuat serta kekompakan team, satu demi satu mata     lomba dijalani walau dengan peluh dan dahaga, capek dan penat. Loncat kegirangan manakala terdengar pembawa acara membacakan pengumuman… dan juara umum III diraih oleh   ambalan  Sambernyawa dewi sartika…tangis haru pecah memenuhi lapangan. Teriring airmata  dan ucap syukur tampak dari luapan kegembiraan peserta lomba. Selamat untuk ambalan Sambernyawa Dewi Sartika menyabet 9 kejuaraan… sebuah prestasi yang harum.  Bagaimana tidak gembira diantara pesaing juara umum berturut – turut dan segudang prestasi?

      Adapun hasil kejuaraan yang diperoleh adalah :

  1. Juara 1 Handy Craft Putra
  2. Juara 1 Scout Game Putra
  3. Juara 2 Pionering Putra
  4. Juara 3 Ahmad Dahlan Night (pentas seni) Putra
  5. Juara 3 5k (kerapian, kenyamanan, kebersihan, kreativitas, kedisiplinan) Putra Juara 3 Umum
  6. Juara Favorit LPDD
  7. Juara 1 Ahmad Dahlan Night (pentas seni) Putri

Juara Favorit COMED

Terimakasih untuk kopramsega 21-22 atas prestasi yang ditorehkan, maju terus pantang mundur,

Kepalkan tanganmu raih kemenangan…KOPRAMSEGA JAYA.

 

Salam Pramuka.

 

Murtini Rahmawati