INMEMORIAM ALMARHUM S. KRISTIAWAN WAHYU WIJAYANTO, M.Pd.

Solo, Minggu Pahing 25 Juni 2023. Tak terasa sebulan berlalu. Suasana duka menggelayuti keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta. Rasa terhenyak ketika membaca berita berpulangnya sahabat sekaligus rekan kerja  terbaik SMK Negeri 6 Surakarta menghadap Illahi, Bapak Stephanus Kristiawan Wahyu Wijayanto, S.Pd. M.Pd. pada pukul 10 15 pagi Minggu 25 Juni 2023 karena gerah sakwatawis wekdal. Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Semua milik Allah dan kepada-Nya akan kembali.

Belum kering doa-doa keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta dilantunkan untuk memohon kebesaranMu untuk memberikan kesembuhan dari sakitnya kepada saudara kami Bapak Stephanus Kristiawan Wahyu Wijayanto, M.Pd. Namun, Engkau yang maha besar, maha pengasih, maha  penyayang, maha pemaaf, dan maha penguasa, lebih menghendaki umatmu harus sowan kembali.

Mengenang dedikasinya untuk membesarkan SMK Negeri 6 yang begitu besar. Meski dengan kondisi badan yang terbebani sakit, semangat beliau untuk tetap selalu memberikan andil pemikiran demi kemajuan sekolah tak perlu diragukan lagi. Di sela-sela keluh sakitnya, beliau tetap sabar untuk bekerja dan berkolaborasi menjalin kerjasama, membantu teman, memberikan wawasan bagi teman-teman yang membutuhkan.

Dunia pariwisata adalah dunianya yang baru setelah mengikuti keahlian ganda dari sebelumnya bergelut di bidang bahasa Inggris. Selalu mendampingi sahabat-sahabat keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta setiap ada kunjungan wisata dengan tersenyum meski ragamu tak sekuat pemikiran dan senyummu. Namun, engkau tetap tersenyum dan membuat kita tersenyum. Mungkin ini yang tak akan terlupakan bagi siapapun.

Berikut sekilas riwayat karir almarhum Stephanus Kristiawan Wahyu Wijayanto, M.Pd.

Memulai karir sebagai Guru Honorer di SMK N 3 dari 1 Juli 2006 sampai 30 Juni 2007

Mengajar diberbagai bimbingan Belajar di Solo Raya dan Les Privat.

Tahun 2008 diterima menjadi CPNS hingga diangkat sebagai PNS penuh tahun 2009 dengan penempatan tugas di SMK Negeri 6 Surakarta sebagai guru Bahasa Inggris.

Tahun 2017 –  Mengikuti Program Keahlian Ganda

Tahun 2018 –  Mulai mengajar di Program Keahlian UPW

Tahun 2020 –  Menjadi Kapro UPW

Kesan-kesan di hati teman-teman  SMK Negeri 6 Surakarta tentang beliau antara lain : Merupakan pribadi yang peduli pada orang lain. Tidak kenal lelah memotivasi teman untuk meningkatkan kompetensinya. Suka berbagi ilmu. Tidak pilih-pilih teman. Ramah, suka bergurau dan Supel dan mudah bergaul

Sebagai sosok seorang  bapak  bagi istri dan anak-anak tercintanya, engkau adalah yang terbaik, bertanggung jawab. Tak lelah  engkau jemput rejeki demi penuhi kewajibanmu  terhadap orang-orang tercinta. Semoga ini menjadi sebuah kebanggaan istri dan anak-anakmu. Berikut keluarga yang ditinggalkan :

  1. Nama Istri : Endank Kiswati, A.Md.
  2. Felicia Sarasshinta Callysta (anak)
  3. William Angelo Aryasatya Wijayanto (anak)
  4. Edward Gilang Aji Wijayanto (anak)
  5. Angela Arsyfashinta Putri (anak)

Prosesi pemakaman Almarhum Bapak Stephanus Kristiawan Wahyu Wijayanto, M.Pd. dilaksanakan mulai pukul 16 00.  Para Takziah berdatangan untuk  memberi penghormatan terakhir . Ucapan belasungkawa  terus mengalir. Pukul 16 15 WIB acara pemberangkatan dimulai dengan pemberian sambutan oleh perwakilan keluarga, ketua RT, Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, dilanjutkan doa dan pemberangkatan jenazah.

Dengan rasa sedih dan merasa kehilangan, Kepala SMK Negeri 6 Surakarta memberikan sambutan dengan suara terbata-bata. Beliau menegaskan bahwa almarhum adalah guru yang baik, berdedikasi baik, mengabdi dengan sepenuh hati hingga detik-detik akhir hayatnya.  Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah, diterima semua amalan baiknya, diampuni segala kekurangannya. Keluarga yang ditinggal semoga tetap tabah, sabar, dan ikhlas.

Sambutan Kepala SMK Negeri 6 Surakarta

Acara terakhir prosesi  adalah doa yang dipimpin Bapak Perangkat kelurahan (Modin) yang sekaligus sebagai perwakilan pemerintah  setempat.

Upacara pemberangkatan ke pemakaman Ngoresan dilakukan tepat pukul 16 45 menit.  Isak tangis keluarga dan rasa sedih mengiringi pembudalan jenazah.  Papan – papan ucapan bela sungkawa dari berbagai pihak mengiringi pemberangkatan jenazah.

Prosesi pemakaman

Selamat Jalan sahabat dan rekan kerja terbaik. Selamat jalan saudaraku yang baik hati.  Semoga pisowananmu menghadap illahi pinaringan jalan yang lapang. Semoga Allah mengampuni kekuranganmu, menerima semua amal kebaikanmu, dan menempatkanmu di tempat yang terbaik.

Semoga  keluarga yang ditinggal pinaringan tabah, sabar, ikhlas, dan selalu melantunkan doa terbaik untukmu.  Aamiin Ya Robbal alamin.