SMK NEGERI 6 SURAKARTA “MERAIH MUTIARA DI SETIAP MOMEN “

FESTIVAL PERKANTORAN 2023

TINGKAT NASIONAL

UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA

Apa itu Festival Perkantoran? Yuk, kita intip sebentar tentang Festival Perkantoran 2023 Tingkat Nasional Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan mata lomba antara lain: Business Trip, Telephone Handling, dan Master of ceremony.

Perlu diketahui bahwa Business Trip atau perjalanan dinas adalah hal yang biasa dilakukan oleh seseorang. Terlebih bagi mereka yang berprofesi sebagai Country Manager, Regional Sales, Surveyor, Auditor, Direktur dan Owner. Aktivitas ini tidak dapat terhindari ketika berhadapan dengan aktivitas yang melibatkan internal atau eksternal yang tidak berada dalam satu kota. Tentu pertemuan akan dilakukan di beberapa lokasi yang disepakati, hal ini tentu akan terjadi mobilitas karyawan dari satu tempat ke tempat lain. Perjalanan dinas di beberapa perusahaan diukur berdasarkan jarak lokasi pertemuan dengan toleransi tertentu. Misal untuk perusahaan A seorang karyawan bisa ditugaskan sebagai perjalanan dinas jika melakukan perjalanan dinas lebih dari 200 km dari lokasi dia bekerja dan didelegasi oleh atasannya dengan tujuan tertentu. Dalam aktivitas ini sangat memungkinkan karyawan menginap di lokasi tujuan seperti di penginapan atau hotel, makan malam dan sebagainya. Aturan ini sangat fleksible tergantung aturan yang dibuat oleh perusahaan.

Telephone Handling adalah penanganan komunikasi yang dilakukan dengan menggunakan telepon, oleh setiap karyawan atau pegawai, terutama yang bekerja sebagai sekretaris. Sedangkan Pengertian MC – Menjadi MC (Master of Ceremony) atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai pembawa acara merupakan sebuah profesi atau ketrampilan dari seseorang sebagai seorang yang memandu sebuah acara. Tentunya tidak asing bagi kita untuk mengenal pembawa-pembawa acara yang sering kita jumpai di acara televisi seperti Tukul Arwana, Najwa Shihab, Deddy Corbuzier, Choky Sitohang, Helmy Yahya, dan lainnya. Mereka merupakan jajaran orang-orang yang terkenal melalui kepiawaiannya dalam membawakan acara dalam berbagai acara di televisi. Melalui prosesnya, mereka bukan hanya terkenal karena ketenarannya tetapi juga karena keahliannya dalam menyampaikan acara ke khalayak. Dengan begitu, pada umumnya dalam setiap acara pasti membutuhkan pemandu supaya acara yang diadakan akan terarah dan tentunya lebih menarik perhatian khalayak. Adanya MC dalam suatu acara mungkin cukup terkesan mudah, tetapi profesi seorang MC memiliki tugas yang tak mudah. Demikian sekilas informasi mengenai mata lomba yang di ikuti SMK Negeri 6 Surakarta pada acara Festival Perkantoran 2023  yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Festival ini terselenggara pada tanggal 5 dan 6 Agustus 2023, oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran (HIMADISTRA) FKIP UNS. Menjadi ajang yang sangat bergengsi karena diselenggarakan di tingkat nasional. Siapapun dan dari manapun para peserta adalah siswa-siswi hebat yang memiliki keterampilan untuk berkompetisi dengan semangat yang membara, dengan tujuan mengekspresikan kepiawaiannya untuk menjadi juara.

Harapan ke depan bagi peserta Festival, kelak akan dapat membagikan ilmu baru yang ia peroleh kepada teman-temannya, juga bermanfaat untuk dirinya sendiri dalam mengembangkan potensinya.

Bagaimana dengan SMK Negeri 6 Surakarta dengan adanya Festival Perkantoran 2023 tersebut?  Apakah SMK Negeri 6 Surakarta, aktif atau pasif dengan adanya Festival perkantoran 2023 ini?

Wow… ternyata SMK Negeri 6 Surakarta turut ambil bagian dalam festival yang diselenggarakan oleh HIMADISTRA. Lalu, bagaimana hasilnya?

Berikut ini adalah hasil yang diraih oleh siswa SMK Negeri 6 Surakarta: Juara 2 untuk Mata Lomba Business Trip diraih oleh ananda RAMONA ALIYA FIBRIYANTI, siswi kelas XII Manajemen Perkantoran 3 dan Juara 3 Mata Lomba Telephone Handling diraih oleh ananda SHINTA DWI ARYANI, siswi kelas XII Manajemen Perkantoran 2.

Apresiasi setinggi-tingginya untuk siswi yang sudah berprestasi. Semoga dapat menjadi motivasi bagi semua siswa agar selalu turut ambil bagian memberikan yang terbaik kepada SMK Negeri 6 Surakarta suatu prestasi yang gemilang di masa-masa mendatang.

Dilanjutkan Minggu, 6 Agustus 2023 diadakan Seminar Nasional Festival Perkantoran yang diikuti oleh peserta lomba dan para pembimbing.

Seminar berjudul “Peluang dan Tantangan Jurusan Pendidikan Pada Dunia Kerja di Era Society 5.0”, pembicara Hj. Astrid Widayani, S.E., S.S., M.BA (Rektor UNSA, CEO Jawara UMKM Solo, YRP Solo).

Materi sebagai berikut: Manfaat SOCIETY 5.0 (Meningkatkan kualitas diri, Memperluas peluang karier, Meningkatkan keterampilan dan mempermudah pekerjaan, Meningkatkan kesejahteraan), Pendidikan: memiliki peran penting dalam perkembangan era Soclety 5.0 (Kecakapan Hidup 4C: CREATIVITY, CRITICAL THINKING, COMMUNICATION, COLLABORATION), Generasi Z (Gen – Z).

Demikian sekilas materi Seminar Nasional yang diselenggarakan untuk mengisi waktu selagi menunggu penutupan Festival Perkantoran yang di selenggarakan di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Semoga coretan kalimat yang tertata ini dapat menjadikan inspirasi lebih bersemangat lagi dalam setiap mengikuti kompetisi yang ada. Optimis dan semangat buat siswa-siswi dan bapak ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta, mari kita maju bersama, berkarya bersama demi kemajuan Viska Jaya.

 

Oleh: M. Prapti