Gudep Ambalan Sambernyawa – Dewi Sartika dalam PTA 2023

Salam Pramuka!

Surakarta, Sabtu 26 Agustus 2023. Pagi yang cerah di halaman SMK Negeri 6 Surakarta.  Hari ini menjadi sejarah awal bagi para pandu calon anggota baru Pramuka Gugus Depan Ambalan Sambernyawa – Dewi Sartika SMK Negeri 6 Surakarta.  Pemuda- pemudi yang mengenakan baju kebanggaan berwarna coklat tersebut, serentak riang gembira penuh semangat mengawali kegiatan kepramukaan di sekolah baru mereka dengan kegiatan seremonial Penerimaan Tamu Ambalan (PTA).

 

Hadir pada momentum bersejarah ini, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd., mewakili Kamabigus Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd.  Dalam sambutannya, disampaikan agar kegiatan kepramukaan selalu dibuat meriah dan menarik, tanpa ada kekerasan dalam bentuk apapun.  Selain itu, ditanamkan juga jiwa kompetitor yang tangguh dengan tetap menjunjung tinggi kejujuran dan selalu mengasah kemampuan, sehingga Pramuka tetap memiliki prinsip berkompetisi secara sehat dan berkelas.

 

Team Pembina Pramuka SMK Negeri 6 Surakarta: Kak Tama, Kak Murtini, Kak Yulis, Kak indaru, dan Kak Badar, selalu memberikan dorongan positif di setiap kegiatan, serta secara langsung ikut terjun merumput bersama para pandu perkasa Ambalan Sambernyawa – Dewi Sartika.  Tahun ini, Pramuka SMK Negeri 6 Surakarta telah menorehkan banyak prestasi dan menjadi catatan sejarah kepramukaan di Surakarta. Mulai dari menjadi Pasukan Pengibar Bendera kota Surakarta (di Balaikota) hingga meraih 9 Piala Kejuaraan dalam satu lomba sekaligus.  Pastinya hasil terbaik itu perlu proses yang panjang dan kekompakan tim yang selalu ada pada frekwensi yang sama.

Meskipun PTA tahun ini tidak dengan kemah seperti tahun-tahun sebelumnya, namun tetap meriah dan berkualitas dengan berbagai kegiatan positif yang dilakukan.  Usai Upacara Pembukaan, anggota baru Pramuka mengikuti pemaparan materi kepramukaan oleh narasumber dan dilanjutkan dengan Scout Game.  Rangkaian kegiatan dilaksanakan sepenuhnya di lingkungan sekolah.  Peserta kegiatan terlihat sangat antusias mengikutinya, dan menjadi semakin yakin kalau Pramuka itu benar-benar menyenangkan.

Kegiatan PTA dilaksanakan dari pagi hingga sore.  Semuanya berjalan lancar tanpa ada hambatan yang berarti.  Pesan moral yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Dharma, selalu ditanamkan pada masing-masing anggota.  Pramuka mencintai alam dan menyayangi sesama. Selalu menjaga kebersihan dan tutur kata. Datang bersih pulang kembali bersih, seakan tidak terjadi apa-apa di tempat ini, begitulan semboyannya.

Akhirnya, selamat bagi para anggota baru Pramuka Gugus Depan Ambalan Sambernyawa – Dewi Sartika SMK Negeri 6 Surakarta.  Tetap semangat dan terus berkarya untuk memajukan Indonesia.

 

Salam Pramuka!

 

 

Oleh: _Badar_