HIDUP SEKALI PENUH ARTI DALAM JUMAT ROHANI

Bismillahirohmanirrohim

“Hidup hanya sekali, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, sekali sudah cukup”

Tet tet tetttt begitulah tanda bel berbunyi terdengar nyaring di lingkungan SMK NEGERI 6 SURAKARTA tepat pukul 06.55 WIB yang menandakan semua siswa untuk mengikuti rangkaian kegiatan di hari tersebut.  Tanggal 01 September 2023 bertepatan dengan hari Jum’at dan awal bulan yang baru. Sesuai agenda rutin SMK Negeri 6 Surakarta adalah agenda rutin Jumat rohani. Di pagi yang cerah ini, seluruh siswa dan bapak ibu guru karyawan yang beragama islam berkumpul di halaman utama di depan ruang perpustakaan. Bagi yang beragama selain islam berkumpul sesuai dengan tempatnya masing-masing  yang telah ditentukan untuk mengikuti kegiatan Jum’at rohani.

Dengan langkah-langkah yang penuh semangat, siswa-siswa bergegas untuk segera berkumpul di tempat yang telah ditentukan. Bagi yang beragama islam kegiatan dipusatkan di halaman depan perpustakaan.  Kegiatan diarahkan oleh bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.  Setelah semua terkondisikan dengan tertib, kegiatanpun dimulai. Untuk kegiatan kali ini dipandu oleh anak-anak sebagai pembawa acara yaitu ananda Naya dari kelas XI MPLB dan ananda Afifa dari kelas XI PM1.

Kegiatan diawali dengan penampilan hadroh Asyifa yang merupakan bagian dari ekstrakurikuler ROHIS di SMK NEGERI 6 Surakarta. Sebelumnya tampilan Hadroh Asyifa melantunkan lagu-lagu islami dengan alunan nada yang syahdu  indah serta diiringi dengan dentuman-dentuman rebana yang begitu syahdu menyentuh kalbu untuk meng-Agungkan  sang Pencipta.

Setelah penampilan hadroh Asyifa yang begitu syahdu dan menggema ke seluruh penjuru sekolah, kegiatan dilanjutkan dengan isian siraman rohani dan tausiyah dari al ustad SMK NEGERI 6 SURAKARTA Bapak Muhammad Syaifudin, S.Pd.I. Dengan penuh semangat, bapak Muhammad Syaifudin, S.Pd.I memberikan tausiyah keislaman.  Beliau membuka tauisyah dengan bacaan basmalaah dan mengingatkan kepada seluruhnya untuk Sholat serta selalu mengucap syukur alhamdulillah atas segala nikmat dari Allah.  Beliau juga memberikan pertanyaan kepada siswa; ”siapa yang melaksanakan sholat subuh, hari ini?” Alhamdulillah siswa menjawab dan mengacungkan tangan mereka sebagi bukti bahwa mereka sudah sholat meskipun ada beberapa siswa yang tidak mengacungkan tangan karena tidak sholat.

Bapak Muhammad Syaifudin, S.Pd.I kemudian melanjutkan dengan membaca surat As-Syams dan meminta siswa untuk membuka HP. Beliau membaca denga tartil dan siswa diminta untuk kompak dan semangat. Di sela-sela tausiyah beliau memberikan pertanyaan-pertanyaan kepada siswa, dan dengan antusias siswa berebut untuk menjawab pertanyaan. Salah satu siswa yang beruntung dan menjawab adalah ananda Angel dari kelas X AKL 2.

 

Kegiatan Jum’at Rohani dan tausiyah dari bapak Muhammad Sayifudin, S. Pd.I diakhiri dengan berdoa bersama yang langsung dipimpin oleh beliau.  Beliau selalu mengingatkan dan mengajak dalam kebaikan.  Dengan penuh keceriaan dan rasa senang semua siswa bapak ibu guru berjalan menuju ke ruangan masing-masing untuk melanjutkan kegiatan masing-masing.

 

Hidup hanya sekali, tetapi jika kamu melakukannya dengan benar, sekali sudah cukup. Berpeganglah pada Al-Qur’an dan Hadist.

Kita harus mengisi hidup dengan sebaik mungkin sehingga tidak ada penyesalan.

 

Oleh: Sri Waluya