WORKSHOP PENYELARASAN PEMBELAJARAN BERBASIS DUNIA KERJA 2023

Pendidikan dan pelatihan adalah kunci utama bagi perkembangan individu dan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Namun, seringkali terjadi kesenjangan antara apa yang diajarkan di dalam kelas dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja. Workshop penyelarasan pembelajaran berbasis dunia kerja untuk SMK Pusat Keunggulan adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengintegrasikan pendidikan dengan dunia kerja, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan di dunia nyata setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan (SMK).

Pada hari Jumat, 08 September 2023, di aula SMK Viska diselenggarakan workshop dengan judul “ Penyelaran Pembelajaran Berbasis Dunia Kerja”, yang dihadiri oleh kepala sekolah, guru, mahasiswa PLP dan sejumlah tamu undangan dari IDUKA (Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja) yang sudah bekerja sama dengan SMK Negeri 6 Surakarta. Adapun IDUKA yang telah menandatangani MoU dengan SMK Viska, antara lain:

  1. Kusumasari Restaurant and Ice cream
  2. Double Decker
  3. Politeknik ATMI
  4. Griya Barotal Media
  5. Lottemart
  6. Mokaya Tour and Travel
  7. Omah Production
  8. Foto Digital Katalog
  9. Aditama Digimed

Acara workshop kali ini dipandu oleh MC Ibu Istiningtyas, S.Sn, M.Pd, dimana acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dilanjutkan dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Zainal Arifin, S.Psi,I. Tak lupa Kepala Sekolah, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd memberikan pengarahan dan penjelasan yang gamblang akan pentingnya menyelaraskan pembelajaran dengan dunia usaha. Sebelum arahan diberikan, kepala sekolah meminta pada semua hadirin untuk menyerukan yel – yel SMK Viska “SMK Viska Smart dan Semangat, SMK > Bisa, SMK > Hebat, SMK > Bisa Hebat  SMK Viska > Jaya”, yel – yel ini mampu menggugah semangat hadirin. Tidak lupa orang nomor satu di SMK PK Pemadanan Industri ini juga mengingatkan tentang Visi SMK Viska,” Terwujudnya tamatan yang berkarakter kuat, siap bekerja dan berwirausaha dengan berbasis teknologi yang berwawasan lingkungan”. Untuk alasan itulah, workshop kali ini sangat tepat sebagai sarana guna mewujudkan visi SMK Viska dan untuk menjawab tantangan di dunia kerja bagi peserta didik.

Pemaparan materi workshop disampaikan oleh ibu Prihatin Darsini, S,ST. Par, selaku wakil kepala sekolah bidang kurikulum.  Beliau memaparkan tentang penyusunan ATP dan rencana asesmen PKL (Praktik Kerja Lapangan) dalam IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka). Banyak hal – hal penting dan ilmu baru yang didapat dari hasil pemaparan Ibu Prih, sapaan akrab beliau. Beliau memaparkan juga tentang bagaimana alur penyusunan ATP PKL, ini merupakan kali pertama bapak – ibu guru pendamping PKL membuat ATP dan asesmesn PKL dalam IKM. Adapun gambar alur menyusun ATP PKL sebagai berikut :

Setelah pemaparan materi, peserta workshop membuat kelompok sesuai dengan kompetensi keahlian masing – masing untuk berdiskusi dengan IDUKA. Peserta terbagi menjadi kelompok AKL, OTKP, PM, UPW, DKV, RPL dan BC. Dalam kegiatan berkelompok tersebut, guru – guru berdiskusi dengan perwakilan IDUKA, membahas apa yang harus dipersiapakan oleh guru dalam pembelajaran agar peserta didik siap sebelum masuk ke dunia kerja.

 

 

Penulis

Susilowati