MEMOTRET SEKOLAH MELALUI ASESMEN NASIONAL

Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah  program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan cara memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan dan semua jenjang. Berbeda dengan UN (Ujian Nasional), UN  menilai hasil belajar individu atau peserta didik, maka, ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu sekolah melalui peserta didik dan warga sekolah. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen  yaitu AKM Literasi, AKM Numerasi, survei karakter, dan survei lingkungan belajar.

Asesmen Nasional terdiri dari 3 instrumen, yakni:

  1. AKM Literasi dan Numerasi yang digunakan untuk mengukur kemampuan literasi dan numerasi pada siswa.
  2. Survey Karakter digunakan untuk mengukur mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Tidak semua peserta didik dalam satuan pendidikan mengikuti Asesmen Nasional. Namun, peserta ANBK dipilih secara acak oleh sistem Kemendikbud., yang terdiri dari Peserta Utama dan Peserta Cadangan. Pada tahun ini,  sebanyak 100 siswa SMK Negeri 6 Surakarta terpilih untuk mengikuti ANBK 2023, terdiri dari 90 peserta utama dan 10 peserta cadangan. Dalam pelaksanaannya , kegiatan ANBK di SMK Negeri 6 Surakarta dibagi dalam 2 sesi yang menempati 2 ruangan, dengan jadwal sebagai berikut:

Diawali dengan simulasi dan gladi Asesmen pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2023, 100 peserta utama dan cadangan mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias. Meskipun diwarnai dengan berbagai kendala pada saat gladi bersih, seperti berkali-kali login ulang dan harus pindah komputer.

Saat Gladi Asesmen Nasional, 23 – 24 Agustus 2023

Sedangkan, ANBK Utama yang dilaksanakan pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2023 dapat berjalan dengan lancar tanpa kendala yang berarti. Ini tidak lepas dari fasilitas dan infrastruktur yang disediakan oleh sekolah yang telah cukup memadai.

Selama pelaksanaan ANBK Utama, pengawasan asesmen dilaksanakan secara silang antar SMK baik negeri maupun Swasta. ANBK di SMK Negeri 6 Surakarta mendapatkaan Pengawas Silang dari SMK Sahid Surakarta pada hari pertama dan dari SMK AL Islam Surakarta pada hari kedua. Dan, SMKN 6 Surakarta mengirimkan Pengawas Silang ke SMK Kristen 2 dan SMK Muhammadiyah 4 Surakarta. Alhamdulillaah, peserta utama sebanyak 90 siswa dapat dapat hadir 100 % untuk mengikuti kegiatan ANBK, sehingga tidak diperlukan untuk memanggil siswa cadangan dari sistem AN. Hari pertama, siswa mengerjakan soal-soal literasi dan survei karakter, sedangkan hari kedua, siswa mengerjakan soal-soal numerasi dan survei lingkungan belajar. Semua siswa mengerjakan ANBK dengan tertib dan bersungguh-sungguh. Seorang siswa kelas XI, Zulfa, menuturkan bahwa secara umum dapat mengerjakan soal-soal dengan baik. “Yang dibutuhkan adalah kecermatan dalam membaca informasi yang disajikan baik untuk soal literasi maupun numerasi”, lanjutnya.

Suasana Pelaksanaan Asesmen Nasional, 30 – 31 Agustus 2023

Kelancaran pelaksanaan ANBK yang baik dan terkendali serta dapat diikuti oleh semua peserta  baik saat Gladi maupun Pelaksanaan, tentunya tidak terlepas dari adanya sinergi dan kolaborasi yang luar biasa dari semua pihak, baik orang tua siswa, walikelas, ketua program keahlian, pengampu BP serta Team ANBK, yang terus mengingatkan, memotivasi dan menguatkan tentang pentingnya Asesmen Nasional bagi satuan pendidikan dan kemajuan ke depannya. Kegiatan penunjang lainnya juga dilaksanakan agar Goal Asesmen Nasional didapatkan, antara lain dengan:

  1. Menginformasikan pentingnya ANBK kepada Orang tua/Walimurid melalui surat edaran.
  2. Kegiatan Sosialisasi Asesmen Nasional kepada Peserta ANBK.
  3. Penguatan dan Pengenalan Soal-soal AKM kepada Peserta ANBK secara terjadwal dan terbimbing.
  4. Pemberian motivasi kepada peserta melalui kegiatan Walikelas Menyapa dan Apel Pagi.

Dengan dilaksanakannya ANBK ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara nyata tentang mutu pelayanan dan pendidikan SMK Negeri 6 Surakarta khususnya dan dapat digunakan sebagai acuan untuk semakin meningkatkan kualitas sekolah ke depannya.

 

Ditulis Oleh: Ibu Anis Sunarsi, S.Pd