PERTUNJUKAN BAKAT JUMAT APRESIASI DARI PESERTA DIDIK SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Pada Jumat tanggal 29 September 2023 dilaksanakan Jumat Apresiasi di halaman tengah SMK Negeri 6 Surakarta dan diikuti oleh seluruh peserta didik. Jumat Apresiasi adalah kegiatan yang dilaksanakan guna menunjukkan bakat terpendam dari para peserta didik SMK Negeri 6 Surakarta. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd., selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan. Beliau memberi pesan kepada seluruh peserta didik agar dapat mengembangkan diri, menumbuhkan semangat belajar, dan bergembira menjalani proses kehidupan. Beliau juga berpesan agar seluruh peserta didik tidak melakukan tindakan kekerasan, perundungan, dan pembullyan seperti yang sedang viral di social media.

Selanjutnya, acara diserahkan kepada dua orang siswi selaku MC yang akan membawakan rangkaian acara Jumat apresiasi ini. Rangkaian acaranya berupa penjelasan program kerja dari ketua OSIS dan wakil OSIS terpilih tahun 2023/2024 serta pertunjukan bakat dari peserta didik meliputi menari, dance modern, fashion show, dan menyanyi. Ketua OSIS yang terpilih adalah dari siswi XI PM 2 bernama ananda Dyah Ayu Ningtyas dan wakil ketua OSIS dari XI DKV 2 bernama ananda Hafshoh. Kedua siswi ini menjelaskan program kerjanya berupa program insidental dan program non-insidental.

Program insidental adalah program yang dilaksanakan 1 kali dalam periode masa jabatan, sedangkan progam non-insidental adalah program yang dilaksanakan berkala (lebih dari 1 kali). Rencana program insidentalnya meliputi event di hari besar dari bulan Oktober hingga November. Pada bulan Oktober akan ada event bulan bahasa dan peringatan hari Sumpah Pemuda. Selanjutnya pada bulan November ada pentas kepahlawanan dan teater untuk memperingati hari Pahlawan. Pada akhir semester yang sebelumnya ada class meeting, akan diganti dengan VISKA Marketing untuk pemberdayaan UMKM. Untuk program non-insidentalnya berupa pembuatan konten video tentang prestasi siswa, kegiatan disiplin berkala, musyawarah ekstrakulikuler, pembuatan konten edukasi, karir, dan keagamaan. Selain itu, direncanakan program kerja bank sampah, pemberdayaan UMKM, dan apresiasi karya seni gambar dari siswa.

Setelah acara penjelasan dari ketua dan wakil OSIS terpilih, selanjutnya adalah acara pertunjukan bakat, meliputi ekskul tari tradisional, dance v-line, fashion show dari 2 siswi 11 ULP 3, dance JKT 48, dan menyanyi. Seluruh peserta didik sangat antusias dan bergembira. Pada saat penampilan bakat menyanyi, peserta didik menyanyikan lagu Risalah Hati dari Dewa 19 dan Dumes dari Omwawes.

Terakhir, acara ditutup oleh MC dan ucapan terimakasih dari bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd atas apresiasi dari seluruh peserta didik. Semua bahagia dan see you next time ……..

 

Penulis

ARNENIA ANJANI PUTRI, S.Pd.