PEMBEKALAN PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL) TAHUN PELAJARAN 2023/ 2024

SMK Negeri 6 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2023/2024 melaksanakan agenda Praktek Kerja Lapangan sesuai dengan Kurikulum Merdeka untuk semua Program Keahlian. Sebanyak 7 (tujuh) Program Keahlian yang ada di SMKN 6 Surakarta. Sebelum melaksanaka Praktek Kerja Lapangan (PKL) , seluruh peserta didik mendapatkan pembekalan, yang  dilaksananakan di aula SMK Negeri 6 Surakarta, selama sehari dengan pembagian kelompok sesuai dengan Program Keahlian masing-masing.

Adapun materi yang disampaiakn saat pembekalan, antara lain :

  1. Persiapan PKL. Disampaikan oleh WKS Hubungan Masyarakat dan Industri
  1. Informasi pengisian jurnal dan penyusunan laporan. Disampaikan oleh Ketua Pokja PKL dari masing-masing Program Keahlian
  1. Pengenalan IDUKA dan Lingkungan Kerja. Disampaikan oleh narasumber dari DUDI/IDUKA
  1. Sikap dan Kepribadian Siswa. Disampaikan oleh guru BP/BK
  1. Penerapan kompetensi keahlian di IDUKA dan informasi pembagian PKL. Disampaikan oleh Ketua Program Keahlian

Tujuan  dari pembekalan ini yaitu : untuk menyampaiakan informasi persiapan-persiapan yang harus dilakukan oleh peserta didik sebelum masuk di lingkungan kerja/ industri, manfaat dan tujuan PKL, kewajiban  dan larangan selama PKL, agenda PKL, sehingga peserta didik siap terjun ke dunia industri yang akan dilalui selama 6 (enam) bulan.

Kegiatan Pembekalan PKL dikoordinir oleh Wakil Kepala Seholah Bidang Hubungan Masyarakat dan Industri, Ibu Endang Retna Palupi, SP.d, M.Pd beserta Ketua Pokja masing-masing Program Keahlian yang merupakan anggota tim Humas. Pembekalan dilaksananakan mulai dari pagi hingga sore sesuai dengan rundown kegiatan yang sudah disiapkan sebelum pelaksanaan pembekalan. Pembekalan dilakukan dengan metode interaktif, sehingga peserta didik dapat bertanya langsung kepada para narasumber sehingga mendaptakan pemahaman yang lebih mendalam. Agar tidak menjenuhkan di sela-sela kegiatan.

Selamat melaksanakan  Praktek Kerja Lapangan untuk para siswa Kelas XII SMK Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2003/2004. Semoga mendapatkan pengalaman, ketrampilan dan ilmu yang bermanfaat dan juga berguna di masa yang akan datang.

Penulis : E Retna Palupi, S.Pd, M.Pd