MASUK POLISI GRATIS LHOO..

Apa yang terpikir di benak kalian tentang masuk polisi? Ya. Tentunya pengabdian untuk negara tercinta kita ini Indonesia. Pastilah banyak yang ingin menjadi abdi negara, akan tetapi di luar sana stigma masuk polisi menggunakan uang masih banyak terdengar di telinga kita. Hmmm, pastinya itu akan meruntuhkan semangat kita, ya.

Pada hari ini Kamis 19 Oktober 2023 stigma itu akan diluruskan dan dijelaskan oleh bapak-bapak polisi yang datang ke SMK Negeri 6 Surakarta. Pada kegiatan kali ini bapak-bapak polisi ini datang ke sekolah kita tercinta untuk memberikan sosialisasi tentang Penerimaan Anggota POLRI yang ternyata jauh dari kata bayar-membayar ataupun “titipan”. Sosialisasi kali ini datang dari BIRO SDM POLDA JATENG yang diisi oleh bapak Kompol Dani Permana Putra, S.H. beliau memaparkan bahwa proses rekrutmen anggota POLRI yang disingkat dengan kata BETAH yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis. Bersih berarti tidak ada celah bagi peserta, Panitia dan siapapun juga untuk melakukan KKN, Tidak ada Intervensi kepada Panitia, Panitia tidak menerima nomor titipan. Transparan, Seluruh Tahapan Seleksi dilaksanakan secara terbuka dengan membuka diri terhadap pengawas Internal dan Eksternal. Akuntabel, Seluruh Pelaksanaan dan Hasil Rekrutmen dapat secara Vertikal maupun Horisontal. Humanis, Pelayanan Optimal kepada Calon dan Orangtua. Memperlakukan Calon secara Manusiawi. Waahhh ternyata dari proses rekrutmen dengan mengusung prinsip BETAH ini berbanding terbalik dengan stigma yang ada di masyarakat, ya.

Tentunya sebelum mendaftar untuk menjadi Polisi kita juga harus mempersiapkan diri kita dengan baik, ya. Nah, ini ada spil kisi-kisi sedikit nih untuk kalian yang akan mendaftar jadi anggota Polisi disingkat SPK. Apa itu SPK?

  1. S ehat: Sehat jasmani atau rohani dan tidak ditemukan kelainan atau penyakit pada tubuh peserta sehingga dinyatakan memenuhi syarat pada item tes pemeriksaan kesehatan tahap 1 dan tahap 2.
  2. P intar: Dapat mengerjakan soal pada item tes CAT Psikologi dengan nilai minimal 61 dan CAT uji akademik dengan nilai yang bagus sehingga dinyatakan memenuhi syarat.
  3. K uat: Dapat mengikuti seluruh item tes uji kesamaptaan jasmani dengan nilai minimal 41 dan pada item anthropometri tidak ditemukan kelainan pada tubuh.

Itulah kisi-kisi jika menginginkan menjadi anggota Polisi. Jadi, siapkan diri dengan maksimal ya jika ingin mendaftar menjadi anggota POLRI. Selain itu terdapat empat jalur penerimaan anggota POLRI yaitu AKPOL, SIPSS, Bintara dan Tamtama. Sayangnya lulusan dari SMK baru hanya bisa mengikuti pendaftaran melalui jalur Bintara dan Tamtama. Untuk AKPOL lulusan harus dari SMA / MA dan untuk SIPSS harus lulusan dari D-IV, S1, S2 yang sesuai dengan Prodi yang dibutuhkan organisasi. Jika kalian berminat bisa mendaftar online di www.penerimaan.polri.go.id (website resmi Polri) yang tentunya SELAMA PROSES SELEKSI TIDAK DIPUNGUT BIAYA alias GRATIS.

Kegiatan sosialisasi  diakhiri dengan pemberian souvenir pada siswa yang aktif dalam kegiatan tersebut.