Sosialisasi Liga Basket Solo dan Sekolah Anti Perundungan

Olahraga tidak hanya baik untuk fisik, tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Aktivitas fisik melepaskan endorfin, yang dapat membantu mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Ini juga dapat meningkatkan perasaan bahagia dan meningkatkan kesejahteraan emosional.

Di pagi yang cerah tepatnya hari Jum’at, 20 Oktober 2023, nampak siswa-siswi SMK Negeri 6 Surakarta antusias berkumpul di halaman dalam, menantikan kegiatan Jum’at motivasi, dimana pagi itu kedatangan tamu dari team liga Solo divisi 2 yang akan mengadakan sosialisasi. Acara dipandu oleh MC dari team liga Solo divisi 2 dengan sangat bersemangat, sehingga semua siswa nampak asyik mengikuti rangkaian acara  hingga selesai. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sambutan oleh bapak Danang Eko Sutrisno, S. Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Dalam sambutannya, beliau menyampaiakan dukungan pada team basket SMK Negeri 6, dan berpesan untuk team suporter untuk menjaga sportifitas. Semangat boleh membara, tapi hati harus tetap sejuk.

Liga Solo divisi 2 merupakan ajang kompetisi team basket antar sekolah yang diselenggaran di GOR Bhineka Sritex pada tanggal 26 Oktober 2023 sampai dengan 4 November 2023. Pada kompetisi ini 4 team terbaik akan masuk ke liga utama. 20 tim basket dari SMA/SMK di Kota Solo dan sekitarnya akan bersaing menjadi yang terbaik di Liga Solo Divisi 2 2023.  Sementara, 8 tim putri akan memperebutkan gelar juara pada penyelenggaraan tahun ini. Team basket putra SMK Negeri 6 Surakarta dengan kapten team Kak Alvin, dan team basket putri dengan kapten team Kak Uta, akan ambil bagian dalam liga Solo divisi 2 ini, dengan semangat dan optimis bisa mengalahkan team lawan.

Setiap pertandingan basket tidak bisa lepas dengan adanya team dance yang akan menjadi suporter bagi team basket masing-masing sekolah, VIBAS dance team dance dari SMK Negeri 6 Surakarta berkesempatan tampil memperlihatkan kekompakan gerakan mereka, sehingga berhasil membuat histeris siswa-siswi yang menyaksikan penampilan mereka pada pagi itu.

Selain team dance, team suporter SMEGASKA berkesempatan menunjukkan kekompakan dan semangatnya dalam memberi suport pada team basket SMK Negeri 6 Surakarta. Semua siswa-siswa larut dalam kegembiraan, mereka penuh semangat menyanyi bersama dengan diiringi drum yang menggema dengan apik. Beberapa siswa juga nampak antusias ketika diminta follow Ig Liga Solo dan Ig dari Brand Ambasador Liga Solo kak Cynthia Riza, karena 8 orang dari mereka mendapatkan tiket gratis menyaksikan pertandingan liga basket team kesayangan mereka.

Setelah sosialisasi Liga Solo Divisi 2 selesai, kegiatan Jum’at motivasi dilanjutkan dengan sosialisasi sekolah anti perundungan. Pada kegiatan ini, siswa-siswa dibagi menjadi beberapa kelompok. Sosialisa anti perundungan disampaikan melalui pesan berupa lagu “Ayo Rukun” ciptaan Dr. Uswatun Hasanah, S. Pd, M. Pd, Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah. Dengan lagu tersebut, anak-anak diajak untuk menciptakan satu gerakan yang sesuai dengan isi lagu. Dengan pesan yang ada dalam lagu tersebut, diharapkan mereka menyadari akan adanya larangan melakukan perundungan kepada teman.

 

Penulis : Aminah Darmastuti