SERUNYA KONSEPTOR-MEDIATOR-EKSEKUTOR DALAM LDK OSIS DAN MPK

Hidup tiada mungkin… Tanpa perjuangan, Tanpa pengorbanan,

Mulia adanya…

Berpegangan tangan… Dalam satu cita… Demi masa depan…

Indonesia Jaya

 

Penggalan Bait lagu Indonesia Jaya diatas menggema di Aula SMK Negeri 6 Surakarta pada Jum’at siang, 20 Oktober 2023. Suasana penuh semangat dan larut dalam makna lagu dapat terlihat dari ekspresi para peserta kegiatan yang ikut menyanyi dengan penuh hayat. Apalagi menyanyikan bersama lagu Indonesia Jaya ini dikomandani langsung oleh Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd.

Hal tersebut merupakan rangkaian dari Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Gabungan MPK dan OSIS 2023. Tepatnya, pada pekan ketiga bulan Oktober 2023, pada tanggal 20 dan 21 Oktober 2023, SMK NEGERI 6 SURAKARTA mengadakan Kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Gabungan MPK dan OSIS 2023, yang bertempat di aula SMK Negeri 6 Surakarta. Kegiatan LDK selama dua hari ini menghadirkan narasumber dari dalam dan luar sekolah. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan berorganisasi para siswa anggota MPK OSIS SMK NEGERI 6 SURAKARTA.

Hari pertama, Jumat, 20 Oktober 2023, LDK dimulai dengan sambutan dan pembukaan yang sangat meriah oleh kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd. Siswa-siswi MPK dan OSIS sangat antusias mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan dan pancaran semangat terlihat nyata dari pekik yel-yel dan juga pada saat menyanyikan Lagu Indonesia Jaya.

Dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Bapak Danang Eko Sutrisno S.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang kesiswaan tentang “keorganisasian”. Beliau menjelaskan apa arti organisasi dan bagaimana menjalankan organisasi dengan baik dan benar. Materi dilanjutkan oleh Ibu Retna Endang Palupi S.Pd, M.Pd selaku wakil kepala sekolah bidang Hubungan masyarakat dan industri. Bu Retna menyampaikan tentang “Rapat dan Publik Speaking”, bagaimana melaksanakan rapat yang efektif dan bagaimana cara agar bisa menjadi pembicara publik yang baik.

Hari kedua yaitu Sabtu, 21 Oktober 2023, Bapak Matnuri, S.M.I, S.H, M.Kn selaku narasumber, dari Lemhanas RI (Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia). Beliau memberikan materi tentang Wawasan Kebangsaan. Materi ini diikuti dengan baik oleh peserta, karena rasa penasaran yang tinggi dan mereka yang sadar akan pentingnya wawasan kebangsaan sebagai warga Indonesia. Sebagai warga negara yang baik harus bisa memenuhi hak dan kewajiban, antara lain dalam hal bela negara. Selain itu, juga harus melindungi diri dari paparan bahaya radikalisme, terorisme, komunisme dan separatisme.

Dilanjutkan dengan kegiatan outbound yang menambah antusiasme para peserta LDK MPK OSIS, dengan pemateri bapak Matnuri serta bapak Danang dan di bantu dengan guru lainnya. Para peserta sangat senang dan antusias menerima materi dengan cara yang sangat menyenangkan yaitu dengan sebuah permainan. Sehingga kerjasama dan kekompakan antar peserta dilatih.

Ada dua jenis permainan yang dimainkan. Salah satu permainan yang dimainkan adalah Konseptor-Mediator-Eksekutor. Para peserta dibagi menjadi 4 kelompok, masing-masing adalah kelompok Pancasila, kelompok UUD 1945, kelompok NKRI, kelompok Bhinneka Tunggal Ika. Tiap kelompok diberi model bangunan dari mainan Lego, kemudian regu yang bertugas menjadi Konseptor menyampaikan pengamatan model bangunan, baik dari segi bentuk, warna, dan susunan kepada regu Mediator. Regu Mediator menyimak dengan seksama kemudian meneruskan informasi tersebut ke regu Ekskekutor. Regu Eksekutorlah yang akan menyusun mainan lego sesuai informasi yang mereka terima. Di akhir permainan, maka masing-masing kelompok akan membandingkan hasil bangunan lego yang disusun dengan model bangunan awal.

Di akhir sesi kegiatan LDK hari kedua, ditutup dengan refleksi dan menyanyikan lagu Padamu Negeri Bersama-sama. Semoga kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK), bisa menumbuhkan jiwa kepemimpinan serta berorganisasi bagi siswa dan siswi MPK OSIS SMKN 6 SURAKARTA, serta bisa bermanfaat untuk masa yang akan mendatang.

Sampai jumpa di LDK tahun depan. VISKA JAYA.

 

Penulis: Siti Aminah, S.Pd. dan Nafisya Haya Eka Putri (XI MP 1)