PENTINGNYA MEMAHAMI DISIPLIN DAN BUDAYA KERJA PERUSAHAAN

Salam sehat dan tetap bahagia untuk warga SMK Negeri 6 Surakarta.

Hari yang indah ditunjukkan dengan adanya mentari bersinar cerah menambah suasana hati adanya kegembiraan. Yuk, kita tengok ada apa dengan SMK Negeri 6 Surakarta pada pagi ini hari Kamis, Nopember 2023?

Kita mau belajar bersama dengan tema “Pentingnya memahami disiplin dan budaya kerja perusahaan, untuk kelas XI jurusan MP (Manajemen Perkantoran), dengan pendampingan semua bapak ibu guru program Manajemen Perkantoran. Pembicara guru tamu bernama Ginajar Handiansyah, S.Psi. berasal dari PT.Tribun Berita Online – Tribun Solo.

SMK Negeri 6 Surakarta ingin maju mendahului sekolah lain sehingga para siswa juga di persiapkan dengan baik pula, sehingga banyak usaha yang di upayakan untuk mendasari bekal terhadap anak untuk menjadi maju lebih dari anak yang lain. Upaya yang gigih bimbingan dari Kelapa Sekolah ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd, SMK N 6 selalu menjadi yang terdepan. Acara guru tamu di mulai pukul 09.00 dengan pembukaan sambutan oleh ibu Endang Retna Palupi, S.Pd, M.Pd , selaku Waka Humas yang mewakili Ibu Kepala Sekolah.

Disiplin kerja adalah sebuah konsep dalam tempat bekerja atau manajemen untuk menuntut pegawai berlaku teratur. Disiplin merupakan keadaan yang menyebabkan atau memberi dorongan kepada pegawai untuk berbuat dan melakukan segala kegiatan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Budaya kerja adalah nilai, karakteristik, dan atribut yang dimiliki suatu perusahaan dan dijalankan oleh setiap pekerja. Secara akumulatif, budaya kerja akan terlihat dari praktik kepemimpinan, perilaku karyawan, fasilitas tempat kerja, hingga kebijakan sebuah perusahaan

Jenis-jenis Disiplin Kerja

  1. Disiplin Preventif

Dalam disiplin ini, kegiatan yang dilaksanakan untuk mendorong para karyawan agar mampu mengikuti berbaga standarisasi dan aturan, sehingga hal tersebut dapat mencegah penyelewengan-penyelewengan yang mungkin terjadi.

  1. Disiplin Korektif

Dalam disiplin ini, kegiatan yang diambil untuk menangani pelanggaran terhadap aturan-aturan dan mencoba untuk menghindari pelanggaran-pelanggaran lebih lanjut.

  1. Disiplin Progresif

Dalam disiplin ini, memberikan hukuman-hukuman yang lebih berat terhadap pelanggaran-pelanggaran yang terus berulang. Tujuannya ialah memberikan kesempatan kepada karyawan untuk mengambil tindakan korektif sebelum hukuman-hukuman yang lebih serius dilaksanakan.

Faktor-faktor yang dapat Mempengaruhi Disiplin Kerja

Sikap disiplin kerja pada masing-masing seseorang dapat dipengaruhi oleh beberapa hal tentunya. Pada poin ini, sobat Grameds akan dijelaskan mengenai faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi disiplin kerja karyawan. Dengan demikian, sobat Graneds dapat mencari jalan keluar untuk meningkatkan disiplin kerja karyawan. Berikut ini faktor-faktor yang dapat mempengaruhi disiplin kerja karyawan, antara lain:

  1. Tujuan dan kemampuan

Tujuan dan kemampuan ikut mempengaruhi tingkat kedisiplinan karyawan. Tujuan yang akan dicapai harus jelas dan ditetapkan secara ideal, serta cukup menantang bagi kemampuan karyawan. Hal ini berarti bahwa tujuan (pekerjaan) yang dibebankan kepada karyawan harus sesuai dengan kemampuan karyawan bersangkutan, agar mereka bekerja dengan sungguh-sungguh dan disiplin dalam mengerjakannya.

  1. Teladan pimpinan

Teladan pimpinan sangat berperan dalam menentukan kedisiplinan karyawan karena pimpinan dijadikan teladan dan panutan oleh para bawahannya. Pimpinan harus memberi contoh yang baik, seperti berdisiplin, jujur, adil, serta sesuai kata dengan perbuatan. Dengan teladan pimpinan yang baik, kedisiplinan bawahan pun akan baik. Sebaliknya, apabila teladan pimpinan kurang baik (kurang disiplin) maka para bawahan pun akan kurang disiplin.

Demikian materi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi setiap pembaca.

Yuk, kita ciptakan budaya kerja lebih baik lagi untuk tetep menjadi yang terdepan dan unggul.

Ini yang bisa saya persembahkan untuk Viska. Gerakan jemari yang menari diatas tut tut huruf, Untuk menjadi sebuah tulisan yang bermakna. Semoga Viska tetap jaya menjadi yang terdepan

Unggul di antara yang lain…Jaya Viskaku…

 

Persembahanku

 

 

 

 

M.Prapti