WORKSHOP RTL RESKILLING UPSKILING GURU & TENDIK

Hari ini Kamis, 16 November 2023, SMK Negeri 6 Surakarta menyelenggarakan Workshop Rencana Tindak Lanjut (RTL) Reskilling Upskilling dengan tujuan meningkatkan kompetensi guru dan tendik sesuai standar DUDI yang menjadi tuntutan dan tantangan perkembanngan zaman saat ini. Karena guru dan tenaga pendidik merupakan ujung tombak dan garda terdepan yang akan membimbing proses tumbuhnya insan Indonesia yang cerdas, dan berkarakter sesuai tuntutan zaman di era globalisasi yang semakian modern. Oleh karena itu, penting bagi SMK Negeri 6 Surakarta untuk meningkatan kualitas para guru dan tendik melalui program Workshop Rencana Tindak Lanjut (RTL) Reskilling Upskilling yang akan dilaksanakan selama 3 hari mulai hari ini tanggal 16, 17 dan 20 November 2023.

Hari pertama workshop bersama Bapak Raden Haryadi Purnomo Raharjo, S.T., M.Si dari (BBPPMPV Seni dan Budaya) sebagai narasumber yang memberikan materi dan pencerahan kepada guru dan tenaga kependidikan di SMK Negeri 6 Surakarta. Semula rencana workshop akan dibuka dan dihadiri langsung oleh Ibu Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd selaku kepala sekolah SMK Negeri 6 Surakarta dan Ibu Dra. Retnaningsih, M.Pd selaku pengawas pembina SMK cabang dinas pendidikan wilayah VII Jawa Tengah, namun karena kegiatan beliau berdua sangat padat dan bersamaan dengan tugas lain maka, acara pembukaan diwakili oleh Bapak Abdul Muslim, S.Pd selaku ketua panitia workshop.

Materi yang disampaikan sangat menarik dan terkini sehingga sangat bermanfaat untuk  menambah wawasan dan pengetahuan, yakni meningkatkan profesionalisme guru melalui perubahan mindset dan penguatan leadership serta kewirausahaan dalam meningkatkan kompetensi terkait teknis kejuruan sesuai bidang keahlian yang terstandar, serta terbarukan dengan kebutuhan dunia kerja yang terpadu dengan pembelajaran yang selaras dengan kebutuhan dunia kerja dalam mengimplementasikan kurikulum yang berlaku. Serta membiasakan guru dengan iklim dan budaya di dunia kerja dan dapat mengimbaskan kepada peserta didik sebagai bagian dari pengembangan softskills dan karakter dunia pendidikan yang unggul dan selaras dengan dunia industri.

Untuk itu pentingnya peningkatan kompetensi bagi guru dan tendik dalam rangka melakukan atau melaksanakan pekerjaan yang dilandasi oleh pengetahuan, keterampilan dan sikap kerja yang sesuai dan selaras dengan dunia industri terkini. Guru dan tendik juga perlu mengupgrade pengetahuannya tentang Reskilling Upskilling sehingga dapat membantu dan memberikan kemudahan dalam mentranfer pengetahuan serta memberikan layanan tertentu kepada peserta didik, salah satunya peningkatan kompetensi guru dan tendik melalui program Reskilling Upskilling. Tidak ada alasan lagi untuk tidak meningkatkan kompetensi bagi guru dan tenaga kependidikan sehingga dapat menghasilkan siswa-siswa yang hebat, cerdas dan berprestasi.

 

Penulis : Lagiyo