WORKSHOP RENCANA TINDAK LANJUT (RTL) RESKILLING UPSKILLING HARI KE-3

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Senin pagi cerah bertepatan dengan tanggal 20 November 2023, pukul 09.45 WIB Bapak Ibu Guru sudah siap di Aula SMK Negeri 6 Surakarta untuk mengikuti rangkaian kegiatan Workshop Rencana Tindak Lanjut (RTL) Reskilling Upskilling untuk Meningkatkan Kompetensi Guru dan Tendik SMK Selaras dengan Dunia Kerja. Workshop ini adalah rangkaian estafet, yang startnya dimulai Kamis tanggal 16 November 2023 dengan menghadirkan pembicara Bapak Raden Haryadi Purnomo Raharjo, S.T., M.Si (BBPPMPV Seni dan Budaya).

Lanjut Hari ke-2 Jum’at tanggal 17 November 2023 dengan agenda Sharing Baik Reskilling Upskilling yang digawangi oleh Bapak Arif Joko Sukatmo, S.Kom dan Bapak Singgih Rakasiwi, S.Pd, M.Pd., dan workshop finish pada Senin hari ini dengan agenda Sharing Baik Reskilling Upskilling yang dipandu oleh Ibu Rimayanti, S.Pd., M.Pd.

MC Workshop hari ini dipandu oleh Ibu Ratnawati, S.Pd., diawali dengan pembacaan susunan acara, lanjut melafadzkan Basmallah bersama. Di sesi sambutan, Ibu Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta menjelaskan bahwa Ibu Rimayanti sebagai Guru Penggerak untuk menjadi mentor dalam upgrade desiminasi terutama pengalaman-pengalaman Bu Rima dan teman-teman yang sudah lulus. Selanjutnya Bu Titik juga mengingatkan tentang pembelajaran yang berpihak kepada murid, dengan mengacu kepada perencanaan pembelajaran dan merefleksi apa yang sudah sesuai dengan kebutuhan siswa disertai tindak lanjutnya agar SMK Negeri 6 Surakarta kompeten menjadi SMK yang maju sesuai Visi dan Misi Sekolah.

Di akhir sambutannya Bu Titik mengingatkan kembali tentang PMM (Platform Merdeka Mengajar), walaupun sudah menempati urutan tertinggi dengan prosentase 84%, Bapak Ibu Guru tetap harus kreatif dalam mengerjakan terutama di Bukti Karya, Modul Ajar, Media Pembelajaran dan Praktik Baik agar menjadi budaya yang terus berkembang.

Lanjut sesi materi Sharing Baik Reskilling oleh ibu Rimayanti, S.Pd., M.Pd., diawali dengan mengingatkan bahwa SMKN 6 Surakarta telah menerapkan IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) di tahun ke 3, harusnya sudah mulai mapan dan tambah bertanggungjawab, bahkan bisa berbagi ilmu di SMK-SMK yang lain. Tentang penerapan PMM dalam IKM, beliau mengingatkan agar Guru mengikuti tren yang sedang berkembang dilingkungan sekolah dan siswa agar tepat sasaran, misal tentang sekolah ramah anak dan isu perundungan. Dijelaskan juga pada aplikasi PMM terdapat fitur baru yaitu “Refleksi Kompetensi”, yang isinya tentang substansi model pembelajaran dan bisa diisi sebelum januari 2024. Refleksi Kompetensi adalah bentuk pengenalan diri berupa asesmen yang bertujuan untuk merefleksikan dan mengukur kompetensi Pendidik sebagai dasar perencanaan pengembangan dan berdampak pada pembelajaran yang berpusat pada Peserta Didik.

Sebagai SMK PK, Bu Rima menganjurkan agar SMK 6 Surakarta bisa membuat Komunitas Belajar sebagai wadah untuk berbagi Praktik Baik dan Sarana Belajar, juga Diskusi bersama Guru lain di seluruh Indonesia dan dapat mengikuti kegiatan daring dari komunitas yang diikuti, baik komunitas di dalam satu daerah maupun dari daerah lain.

Di sesi lain-lain, Ibu Titik mengucapkan terimakasih dan memberikan apreasiasi kepada Bapak Ibu Guru yang luar biasa dalam penerapan Rapor Pendidikan, Praktik Baik dan salut karena selalu update jejak digital terutama di webside SMK Negeri 6 sebagai potensi promosi. Serta bisa uploud di Bukti Karya, misal Modul Ajar atau Cerita PjBL, dan disarankan juga agar membuat Video Pembelajaran walaupun dengan konten yang sederhana.

Sampailah di sesi akhir acara, dengan mengucapkan hamdalah bersama maka kegiatan workshop pada hari Senin ini berakhir dengan lancar dan baik.

 

Penulis : Zainal Arifin