ASSESMEM BAKAT MINAT (ABM)

Selamat pagi….

Tepat pukul 07.30 anak-anak yang mengikuti Asesmen Bakat Minat (ABM) diperbolehkan masuk ke dalam ruangan masing-masing. Kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) yang berbasis komputer dan diperuntukkan bagi peserta didik kelas XII jenjang SMA/SMK/MA di seluruh provinsi. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP), Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemdikbudristek yang bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuan peserta didik pada bakat di bidang-bidang khusus dan minat berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan tertentu.

Dalam suasana hening, tenang dan tertib siswa mengerjakan Asesmen Bakat Minat (ABM) dengan serius. Manfaat dari pelaksanaan Asesmen Bakat Minat (ABM) adalah Memprediksi kemampuan siswa jika mendapat kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru. Kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) di SMK Negeri 6 dilaksanakan pada Selasa, 21 November 2023 dengan membagi menjadi 2 sesi, sesi pertama dimulai pukul 07.30 – 10.00 dan sesi 2 dimulai pukul 10.30 – 13.00.

Aspek asesmen bakat meliputi verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanika, bahasa, dan klerikal. Sedangkan aspek asesmen minat adalah minat dasar, minat metodis dan minat praktis. Dalam kegiatan Asesmen Bakat Minat (ABM) siswa mengerjakan 160 soal untuk asesmen bakat dengan waktu 120 menit dan 108 soal untuk asesmen minat dengat waktu 30 menit.

Dan apabila siswa sudah selesai mengerjakan, siswa diperbolehkan meninggalkan ruangan.

 

Oleh: Dinda Riski Pramessiwi, S.Pd.