KESERUAN KEGIATAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) KOLABORASI MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PENJASORKES SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan, SMK Negeri 6 Surakarta telah menerapkan metode PjBL dalam pengambilan nilai asesmen gasal. Hari Jumat, 24 November 2023, SMK Negeri 6 Surakarta melaksanakan PjBL kolaborasi mata pelajaran Seni Budaya dan Penjasorkes untuk kelas XI (Sesi 2). Kegiatan ini berlangsung di halaman depan, halaman tengah, dan lapangan basket yang diikuti oleh semua siswa kelas XI dari semua kompetensi keahlian. Semua siswa antusias dalam mengikuti kegiatan PjBL ini.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 07.30 pagi. Diawali dengan senam bersama guru, karyawan dan seluruh siswa SMK Negeri 6 Surakarta. Cuaca saat itu sangat panas, namun terik matahari tidak menghalangi semangat siswa – siswi untuk memberikan penampilan terbaiknya. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 8 siswa, mereka harus bekerjasama dan berkoordinasi untuk menentukan pilihan lagu serta gerakan atau koreografinya.  Beraneka ragam genre musik yang dipilih, ada musik dangdut, pop, campur sari bahkan jenis musik Korean- Pop atau biasa kita kenal denga istilah K_Pop. Setiap kelompok memadu padankan gerakan senam dengan alunan musik yang ada dengan kreativitas mereka masing – masing.

Pembelajaran berbasis projek kali ini tidak hanya digunakan untuk penilaian asesmen gasal, namun tiga penampil terbaik akan diberikan kesempatan tampil dalam acara gelar karya akhir semester yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2023. Hal ini pulalah yang memotivasi siswa untuk mempersiapkan projek ini dengan lebih baik. Selain melatih kekompakan, kerjasama tim, kegiatan ini juga memupuk rasa percaya diri masing – masing siswa.

Dalam kegiatan PjBL ini, siswa harus membuat nomor dada sendiri dan dipakai saat tampil. Nomor tersebut digunakan untuk mengidentifikasikan nomor urut siswa sehingga guru dalam memberikan penilaian tidak mengalami kesulitan dan bersifat objektif. Meskipun project ini dalam kelompok namun penilaian tetap berdasarkan individu masing – masing.  Ibu Istiningtyas Rahayu, S.Sn, M.Pd, selaku guru Seni Budaya serta guru mata pelajaran Penjasorkes, yaitu, Bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd, Ibu Iddo Cristiana, S.Pd, M.Pd dan Bapak Dian Budiawan , S.Pd dibantu oleh mahasiswa PPL telah memberikan penilaian berdasarkan rubrik penilaian yang telah ditentukan sebelumnya. Kegiatan ini sangat menyenangkan dan sangat bermanfaat bagi siswa, selain membuat siswa kreatif juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran siswa. Mens sana in corpore sano.

Oleh: Susilowati, S.Pd