HGN 2023 di SMK Negeri 6 Surakarta : Terus bergerak wujudkan merdeka belajar

“Terus bergerak wujudkan merdeka belajar” merupakan tema Hari Guru Nasional (HGN) 2023 yang diperingati tiap tanggal 25 November.  Dalam rangka merayakan hari besar guru tersebut diadakan upacara bendera yang dilaksanakan pada hari Senin, 27 November 2023 di halaman sekolah. Upacara yang dimulai pukul 07.00 diikuti oleh bapak/ibu Guru/Karyawan beserta siswa kelas X dan XI SMK Negeri 6 Surakarta, sedangkan kelas XII tidak bisa bergabung karena masih melakukan praktek kerja lapangan di dunia industri.

Upacara HGN pagi ini dilaksanakan berbeda karena yang bertugas bapak/ibu guru, bukan siswa PASKI seperti biasanya. Upacara dilaksanakan dengan penuh khikmat  dengan dilaksanakan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih

Kegembiraan memperingati HGN semakin bertambah dengan hadiah kemenangan yang ditorehkan oleh salah satu guru Broadcasting dan Perfilman, yaitu Bapak Lugas Rekayasa Dewa,S.Sn sebagai juara ke-2 lomba Film Pendek dengan judul “Terang Akal intelektual” pada Gelar Karya Guru dan Siswa 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

dan selanjutnya beliau bersama siswa kelas XII BP yaitu Krisna Adjie Wicaksono dan Raisya Dian Santoso sebagai juara film terbaik dalam Lomba Film Pendek Nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta dan Sahitya Event Organizer.

Bertindak sebagai Pembina upacara kali ini Ibu Dwi Titik Irdiyanti,S.Si.,M.Pd selaku Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, menyampaikan rasa haru, ucapan terimakasih, dan doa  yang mendalam  teruntuk semua bapak/ibu guru, secara khusus kepada bapak/ibu guru SMK Negeri 6 Surakarta pada sesi amanat.

Kepala Sekolah juga berpesan bahwa perjalanan hidup telah menuntun bapak/ibu guru semua sebagai guru dengan kewajiban menyiapkan generasi yang akan datang. Beliau berpesan agar semua guru bangga menjadi guru dan selalu meng’update’ diri, serta selalu menjalankan amanah sebagai guru sama halnya beribadah. Tugas dan kewajiban guru untuk menyiapkan generasi penerus yaitu dengan memandang siswa sebagai subyek yang dapat mengembangkan diri semaksimal mungkin sebagai manusia yang utuh dan mampu menghadapi tantangan zaman.

Kemudian beliau mengajak semua guru untuk terus bergerak mewujudkan merdeka belajar, terus bersemangat, bergelora dalam menunaikan tugas dan amanah sebagai guru. Beliau juga mengajak semua siswa melakukan refleksi diri agar dapat bersikap hormat dan baik sebagaimana mestinya, berterimakasih, menghargai, dan menghormati guru sebagai hal yang penting dilaksanakan.

Untuk amanat Pembina upacara juga diisi dengan pembacaan pidato menteri pendidikan Nadiem Makarim yang berpesan bahwa Bapak/Ibu guru merupakan nahkoda kapal merdeka belajar diharapkan akan terus bergerak mewujudkan merdeka belajar. Selanjutnya beliau juga berpesan bahwa ke depan guru sebagai pendidik untuk tidak kembali arah walau terjadi pergantian pemimpin di jajaran pemerintahan Republik Indonesia, baik pergantian presiden maupun menteri. Beliau lebih lanjut mengharapkan bahwa HGN tahun ini bukan sebuah perpisahan tetapi sebagai penanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasikan kemajuan system pendidikan di Indonesia.

Sesi selanjutnya adalah pembacaan puisi oleh perwakilan siswa. Aksi pembacaan puisi bagi guru ini dilakukan dengan penuh penghayatan sehingga membuat semua peserta upacara hanyut tertegun di dalamnya dan merasa terharu, bahkan membuat guru menitikkan air mata.    Situasi ini menjadi lebih syahdu dan penuh kesan yang mendalam ketika barisan peserta didik merentangkan tulisan “SELAMAT HARI GURU” dan kemudian pembaca puisi memberikan untaian bunga kepada Kepala Sekolah.

Sebagai tanda penghargaan dan penghormatan untaian bunga tersebut oleh Kepala Sekolah diberikan kepada guru-guru senior yang akan purna tugas dalam waktu dekat, yaitu Ibu Dra. Rumiyati,M.Pd.Kons.,  Ibu Dra. Nanik Isnaeny,M.Si,dan  Ibu Ari Susilandari,S.Pd.,M.Pd

Upacara hari ini ditutup dengan Flashmob yang diikuti oleh seluruh keluarga besar SMK Negeri 6 Surakarta.

Untuk video flasmob bisa disaksikan di link : https://youtu.be/_9DJtRW2XPk

Terimakasih Bapak/Ibu Guru semua.

Mari bersama-sama terus bergerak wujudkan merdeka belajar.

Selamat hari Guru Nasional 2023

Oleh : Kristyaningsih