Bergerak Bersama Rayakan Merdeka Belajar

Sebaris frasa yang diusung menjadi tema peringatan pada Hari Guru Nasional 2023. HGN diperingati setiap tanggal 25 November setiap tahunnya. Sejalan dengan tema di atas, SMK Negeri 6 Surakarta menyelengggarakan upacara bendera dengan bapak ibu guru sebagai petugasnya.

Bertindak sebagai pembina upacara yang diselenggarakan Senin, 27 November 2023 adalah kepala sekolah, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si.,M.Pd. Pengatur upacara oleh bapak Danang Eko Sutrisno, S.Pd. Pemimpin upacara oleh ibu Iddo Christiana, S.Pd., M.Pd. Pemimpin Barisan, masing-masing oleh bapak Arif Joko Sukatmo, S.Kom., Nur Fitra Wijaya, S.Pd., dan Anas Ridwan Jumain, A.Md. Bertugas sebagai penjemput oleh bapak Singgih Rakasiwi, S.Pd. dan sebagai ajudan oleh bapak Ika Wahyu Septiawan, S.kom.

Bertindak sebagai pengibar bendera adalah bapak Dian Budiawan, S.Pd., Ade Yoga Setiawan, S.Pd., M.Pd. dan ibu Era Sukmawati, S.Psi. Protokol dibawakan oleh ibu Emie Wahjuningsih, S.Pd. dan pembaca UUD 1954 oleh ibu Nani Fajar Wati, S.Pd. Sedangkan doa dibawakan oleh siswa.

Dalam pidato sambutannya yang dibacakan oleh pembina upacara, mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim menyampaikan “Hari Guru Nasional tahun ini adalah pertanda kesatuan tekad kita untuk mengakselerasi kemajuan sistem pendidikan Indonesia. Oleh karena itu, mari kita rayakan hari ini dengan semangat untuk terus melaju ke depan, dengan derap langkah serentak melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.”

Pada kesempatan ini dibacakan puisi hasil kolaborasi guru dengan siswa yang berjudul “Lukita Bagimu Sang Guru” oleh ananda Chika Rea Dinda siswi kelas XI AKL 3, Zahara Luthfa Amalia Putri siswi kelas XI DKV 1, Juwite Anika Putri siswi kelas X PM 2 dan Niken Yusnia siswi kelas X ULP 3.

Bapak Lugas Rekayasa Dewa, S. Sn., adalah salah satu guru yang berkomitmen tinggi dan berhasil mempersembahkan prestasi bersamaan dengan momen HGN 2023 ini. Pasalnya, film pendek yang diciptakannya bersama tim berhasil meraih juara II pada Lomba Gelar Karya Guru dan Siswa 2023 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi DIKBUD Provinsi Jawa Tengah. Karya Pak Lugas bersama tim yang berjudul “Terang Akal Intelektual” ini mampu memukau para juri sehingga mengharumkan nama SMK N 6 Surakarta. Bahkan pada lomba film nasional yang digagas oleh Sahitya Event Organizer UNY, film kolaborasinya bersama murid behasil menjadi juara film terbaik. Seperti yang disampaikan oleh panitia melalui akun instagram bptik_dikbud bahwa keberhasilan ini mencerminkan sinergi yang luar biasa di antara mereka yang berkomitmen untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Jawa Tengah.

Sesuai dengan tema HGN 2023, selepas upacara seluruh peserta bergerak bersama melakukan flashmob “Semua Murid Semua Guru” dengan arahan ibu Indaruwati, S.Pd., M.Pd. Semua senang, semua tenang sehingga tercipta iklim sekolah yang aman, inklusif dan menyenangkan.

 

Oleh: Sri Setyaningsih