KORPRI SEBAGAI PENGUAT NKRI DAN PELINDUNG ASN

Hari Ulang Tahun Korps Pegawai Republik Indonesia (HUT KORPRI) tahun ini jatuh pada hari Rabu 29 Nopember 2023. Tahun ini merupakan HUT ke-52 KORPRI sejak ditetapkannya Keputusan Presiden (KEPPRES) Nomor 82 Tahun 1971 tentang KORPRI. Hari KORPRI diperingati pada tanggal 29 November setiap tahunnya. KORPRI adalah organisasi beranggotakan Pegawai Negeri Sipil (PNS), pegawai BUMN, BUMD beserta anak perusahaannya yang didirikan berdasarkan KEPPRES 82/1971.

Peringatan HUT KORPRI di SMK N 6 Surakarta dilaksanakan dengan sederhana dan khidmat dengan mengadakan upacara di halaman depan.Tampak berkumpul bapak ibu guru karyawan dan siswa.di lapangan depan SMKN 6 Surakarta. Kegiatan upacara peringatan KORPRI kali ini tidak sama dengan kegiatan upacara yang dilaksanakan setiap hari Senin karena pada peringatan HUT KORPRI tidak ada pengibaran bendera. Bendera sudah berkibar dan peserta upacara cukup melakukan penghormatan kepada sang merah putih. Selain itu, bapak ibu guru menyanyikan Hymne KORPRI dan Mars KORPRI.

Yang lebih istimewa lagi adalah petugas upacara kali ini adalah bapak ibu guru dan karyawan. Pemimpin upacara adalah bapak Tri Purwadi, S.Pd yang dengan tegas dan berwibawa memimpin jalannya upacara dengan lancar. Pada kesempatan upacara ini dibacakan juga PANCA PRASETYA KORPRI oleh ibu Hartuti, S.Pd., M.Pd.

 

PANCA PRASETYA KORPRI

Kami anggota Korps Pegawai Republik Indonesia adalah insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berjanji:

  1. Setia dan taat kepada Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  2. Menjunjung tinggi kehormatan bangsa dan negara serta memegang teguh rahasia jabatan dan rahasia negara.
  3. Mengutamakan kepentingan negara dan Masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan.
  4. Memelihara persatuan dan kesatuan bangsa serta kesetiakawanan Korps Pegawai Republik Indonesia.
  5. Menegakkan kejujuran, keadilan dan disiplin serta meningkatkan kesejahteraan dan profesionalisme.

Selaku pembina upacara adalah ibu Nurul Yuhana, S.Pd, M.Si. Dalam sesi amanat Pembina, pertama tama beliau mengapresiasi bapak ibu guru karyawan yang sedang menjadi petugas upacara dalam peringatan HUT KORPRI ke 52. Beliau menyampaikan bahwa bapak ibu guru dan karyawan bisa menjadi contoh para siswa karena tugas yang disampaikan kepada bapak ibu guru sangat mendadak sekali tanpa persiapan.

Selanjutnya ibu Nurul membacakan sambutan Ketua Umum Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, SH, MH. Dalam sambutannya ketua Umum Nasional KORPRI menyampaikan rasa terimakasih kepada KORPRI dan seluruh ASN atas semua program yang bermanfaat ke Masyarakat luas. Beliau juga mengingatkan kepada segenap anggota KORPRI supaya bisa menyikapi adanya perubahan yang sangat cepat dan yang saat ini terjadi. Saat ini dunia digerakkan oleh AI (Artificial Inteleigence), IoT (Internet of Think), Big data sistem dan algoritma pemrograman, coding maupun verifikasi biometric sehingga kita tidak bisa menggerakkan pemerintahan dengan cara-cara lama. Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini program utama KORPRI mencakup peningkatan kualitas pelayanan public, digitalisasi birokrasi, penguatan ideologi ASN, perlindungan karir, bantuan hukum, dan peningkatan kesejahteraan.

Sambutan diakhiri dengan harapan “Semoga Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan kepada kita semua dalam mengemban amanah demi kemajuan bangsa dan negara. Aamiin”

DIRGAHAYU KORPS PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA KE 52

“KORPRI MAJU TERUS”

(Penulis : Dra. Alfayana Army Aryati)

(A3) スラカルタ、2023年11月29日