Studi Tiru SMK Pariwisata Metland, Cileungsi Bogor

Senin, 27 Nopember 2023 Tim Manajemen SMK Pariwisata Metland, Cileungsi, Bogor mengadakan kunjungan studi tiru ke SMK Negeri 6 Surakarta, dalam rangka memperluas wawasan tentang dunia pendidikan khususnya berkaitan dengan pelaksanaan dan kegiatan Tefa dalam hubungannya dengan pembelajaran khususnya yang berhubungan dengan implementasi Kurikulum Merdeka.  Sebanyak 17 orang dari Tim Manajemen SMK Pariwisata Metland diterima di ruang Vicon, pada pukul 11.00 WIB.

Rombongan tim Manajemen yang dipimpin oleh bapak Drs. Darmawan, M.MPar melakukan studi tiru pada Program Keahlian Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL), Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG). Studi tiru merupakan konsep belajar yang dilakukan pada suatu lembaga yang dianggap lebih kompeten dalam suatu hal. Kegiatan seperti ini sering dilakukan oleh beberapa institusi juga sekolah, dengan maksud peningkatan mutu, perluasan usaha, perbaikan sistem, penentuan kebijakan baru, perbaikan dan peraturan pada instansi atau sekolah yang bersangkutan.

Studi tiru diawali dengan pembukaan  yang dilakukan secara ceremonial, berupa sambutan dan ucapan selamat datang dari Kepala SMK Negeri 6 Surakarta, Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd, sekaligus memperkenalan tim manajemen SMK Negeri 6 Surakarta yang ikut hadir dalam kegiatan studi tiru antara lain, WKS Kurikulum (Ibu Prihatin Darsini, S.STPar), WKS Humas (Ibu E Retna Palupi, S.Pd, M.Pd), Ketua Program Keahlian DKV (Ibu Yuliani Siyamtiningtyas, S.Kom, M.Cs), Ketua Program AKL (Ibu Nurkayati, S.Pd), Ketua Program PPLG (Bapak Arif Joko S, S.Kom), Kegiatan dilanjutkan sharing dan tanya jawab mengenai Tefa dari masing-masing Program Keahlian yang diwakili oleh Ketua Program masing-masing.

Studi tiru dilanjutkan mengunjungi masing-masing laboratorium dari Program Keahlian yang dipandu para Ketua Program Keahlian. Rombongan juga singgah di Kantin Pelangi SMK Negeri 6 Surakarta. Di penghujung kegiatan studi tiru, dilakukan foto bersama dengan Tim Manajemen SMK Negeri 6 Surakarta. Semoga kujungan ini dapat menjalin silaturahmi dan bermanfaat untuk kemajuan kedua sekolah.

(Penulis : E Retna Palupi, S.Pd, M.Pd)