Gelar Karya Siswa Semester Gasal 2023/2024 “Karyaku Adalah Perjalanan Belajarku”

SMKN 6 Surakarta (Kamis, 17 November 2023) Merupakan puncak kegiatan Asesmen Sumatif Akhir Semester Gasal tahun 2023/2023. Asesmen dimulai hari Selasa, 21 November sampai Rabu 29 November 2023. Ibarat seorang petani yang menanam padi, setelah bekerja keras bercocok tanam maka diakhiri dengan panen raya. Kini tiba saatnya para siswa melakukan panen raya dengan unjuk karya yang mereka dapatkan selama belajar satu semester di SMKN 6 Surakarta. Kegiatan ini menjadi momentum mengingat, bahwa proses belajar tidak harus menghasilkan karya sempurna dalam satu kali pengerjaan. Kesalahan dan kekurangtelitian dalam belajar adalah menjadi sesuatu yang pasti.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB. Pada kegiatan ini Ibu Prihatin Darsini, S.St. Par. selaku ketua panitia asesmen menyampaikan laporan kegiatan.

Asesmen akhir semester adalah pekan yang disediakan dan digunakan untuk melaksanakan asesmen akhir pembelajaran dalam satu semester berjalan guna mengukur ketercapaian hasil belajar siswa dan dilaporkan kepada orang tua siswa dalam bentuk Laporan Hasil Belajar Peserta Didik atau Raport.

Teknik asesmen yang dilaksanakan di SMKN 6 menggunakan 3 metode yakni asesmen tertulis, asesmen berbasis proyek, dan asesmen secara daring. Asesmen tertulis disiapkan untuk mata pelajaran yang tidak berkolaborasi dalam kegiatan PJBL. Asesmen berbasis proyek dilakukan dengan berkolaborasi antarmata pelajaran yang diawali dengan persiapan, pelaksanaan, dan penilaian dari hasil PJBL. Adapun asesmen secara daring ditujukan untuk kelas 12 yang saat ini sedang melaksanakan PKL.

Sepekan setelah kegiatan gelar karya digunakan utuk kegiatan pendampingan/ remidiasi bagi siswa yang belum memenuhi KKTP.

Dengan kegiatan asesmen diharapkan kita terus belajar untuk menyempurnakan apa yang mampu kita buat, mampu kita kelola dan mampu kita sajikan serta bermanfaat dalam kehidupan diri kita dan orang lain.

Sepintar apapun penguasaan ilmu kalian dan seterampil apapun kalian. Semua akan musnah dan sia-sia tanpa adanya karakter dan attitude baik yang dimiliki.

Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si., M.Pd. selaku Kepala SMKN 6 Surakarta memberikan sambutan dengan menyampaikan bahwa kegiatan Gelar Karya Siswa merupakan hal yang istimewa karena siswa diberi kesempatan untuk memamerkan dan diapresiasi karya-karyanya. Siswa dimotivasi untuk terus semangat dalam berkarya akan menentukan masa depan kalian. Apa yang kalian lakukan saat ini akan kalian unduh 5 sampai 10 tahun ke depan.

Setelah memberikan sambutan Ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M.Pd. melakukan kunjungan ke stand-stand jurusan. Para siswa memamerkan dan menunjukkan hasil karya mereka. Banyak hal-hal yang menarik kita temui dan saksikan di sana.

Pada acara ini juga ditampilkan hasil karya PJBL PJOK dan Seni Budaya. Perwakilan siswa menampilkan senam kreasi dan tembang geguritan. Senam kreasi diwakili oleh kelas X ULP 3, XI MPLB 2, X MPLB 2, dan XI DKV 2.

 

Belajar tidak hanya tentang bagaimana kita menguasai ilmu dan mendapatkan nilai yang baik.

Belajar juga tentang bagaimana perjuangan kita untuk terus bangun di saat kita mengalami terjatuh dalam kegagalan dalam menghasilkan karya terbaik.

 

Penulis: Nur Fitra Wijaya