Apel Pagi Guru dan Karyawan SMKN 6 Surakarta dalam Rangka Perpisahahan Ibu Nanik Isnaeni yang Memasuki Masa Purna Tugas

Di pagi yang cerah di ujung tahun 2023, tepatnya pada hari Jum’at tanggal 19 Desember 2023, Kepala Sekolah beserta seluruh guru dan karyawan SMKN 6 Surakarta berkumpul di halaman tengah, dalam rangka melaksanakan apel pagi, sekaligus perpisahan ibu Nanik Isnaeni yang memasuki masa purna tugas. Sebagai pembawa acara pada apel pagi yaitu ibu Endang Retna Palupi, S. Pd, M. Pd, dan bapak Danang Eko Sutrisno, S. Pd sebagai pemimpin Apel Pagi.

Sebagai pembina apel pagi, ibu Dwi Titik Irdiyanti, S.Si, M. Pd, mengawali dengan menyampaikan harapan-harapan di tahun 2024 untuk seluruh guru dan karyawan, semoga semakin sejahtera dan  semakin bersemangat dalam memajukan SMKN 6 Surakarta, dengan meningkatkan prestasi di tahun 2024.

Suasana kerja yang nyaman dan penuh rasa kekeluargaan sangat terasa di lingkungan SMK Negeri 6 Surakarta. Sehingga pada saat salah satu guru yang memasuki masa purna tugas, rasa sedih dan kehilangan sangatlah terasa. Diwakili oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti, beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada ibu Nanik Isnaeni yang akan memasuki masa purna tugas, atas dedikasinya selama bertugas di SMK Negeri 6 Surakarta. Dengan teriring do’a, semoga ibu Nanik Isnaeni diberi kesehatan dan terus bisa berkarya di masyarakat. Sesuai dengan masa kerjanya, maka secara resmi per 1 januari 2024, Bu Nanik memasuki purna tugas. Bu Titik juga sangat bersyukur menyikapi kondisi masa purna Bu Nanik dalam keadaan sehat, bugar dan sejahtera. Harapannya, semua warga SMKN 6 Surakarta juga dapat mengikuti jejak Bu Nanik yang dapat memasuki masa purna dalam keadaan kesehatan yang prima.

Menanggapi pesan yang disampaikan oleh orang nomor satu di SMKN 6 Surakarta di atas, Bu Nanik menyatakan rasa terima kasihnya atas motivasi yang selalu diberikan tanpa mengenal waktu, utamanya dalam bidang IT. Bu Nanik menyampaikan “Tidak sungkan, tidak prekewuh dengan yang muda-muda dan terus berusaha untuk memenuhi semua yang seharusnya kita lakukan. Insha Allah kalau kita mau berusaha pasti bisa melaksanakannya meskipun dengan durasi waktu yang lebih panjang daripada yang muda-muda.”

Meski tertatih-tatih, Sekaligus permintaan maaf atas salah, khilaf dan alpa yang pastinya biasa terjadi dalam pergaulan sehari-hari serta kurang berkenan di hati. Bu Nanik juga sudah memaafkan bagi rekan-rekan yang bersalah pada beliau. Sebagai sesame manuasia hendaknya tidak menunda-nunda dalam urusan maaf-memaafkan.

Pak Sofwan menyampaikan: “Selamat memasuki Purna tugas kagem Ibu Dra.Nanik Isnaeni ,M.Si. semoga selalu pinaringan sehat, bahagia bersama keluarga tercinta. Selalu tetap berkarya dalam keluarga maupun masyarakat. Mohon maaf jika ada salah dan kilah dalam berkomunikasi secara kedinasan maupun pribadi. Terimakasih semua inspirasi terbaik untuk saya pribadi selama ini. Aamiin.”

Pesan Bu Nani Fajar wati: “Selamat purna Tugas bu Nanik, Sehat selalu.”

Bu Endang Budiarti yang sudah purna turut berpesan: “Kagem ibu Nanik…selamat memasuki purna tugas, smg sehat selalu, bahagia bersama kel tercinta…monggo bu.. gabung di Group pangsiunan…sampun lulus mengabdi mencerdaskan anak bangsa…lega..bangga ya bu…🙏🌹💞. Sugeng pinanggih wonten group  pangsiunan.”

Bu Muny Rachimah berpesan: “Selamat memasuki purna tugas kagem Ibu Dra. Nanik Isnaeni, M.Si. Teriring doa semoga selalu pinaringan sehat & bahagia bersama keluarga tercinta 🥰

Selamat mlnjutkan berkarya dalam keluarga maupun masyarakat.

Mohon maaf jika ada salah dan khilaf dalam berkomunikasi & berinteraksi secara kedinasan maupun scra pribadi. Terima kasih atas sumbangsih ilmu, tenaga & fikiran selama bertugas di SMKN 6 Ska. Walaupun sdh purna smg silaturahmi tetap sllu terjalin … Aamiin🤲🙏💐💞”

“Katur ibu Nanik…selamat dan sukses  telah lulus cum laude mengabdi mencerdaskan anak bangsa dan selamat memasuki purna tugas, semoga sehat selalu, bahagia bersama keluarga tercinta serta selalu dalan lindungan Allah SWT

Aamiin 🤲🤲🤲 selamat.datang digroup Panx.” Pesan dari Bu Hamiek yang juga telah purna.

Serta masih banyak lagi pesan yang disampaikan melalui grup whatsapp Viska Jaya oleh keluarga SMKN 6 Surakarta, baik yang masih bertugas maupun yang telah purna, kepada Bu Nanik terkait purna tugas. Terbukti bahwa rasa kekeluargaan di SMK yang terletak di depan SPBU Manahan ini terjalin dengan hangat dan akrab.

Selain dokumentasi yang dibuat dalam tulisan dan gambar, ada juga teman yang mengabadikan momen ini dalam bentuk video. Video apel pagi purna tugas Bu Nanik dapat disaksikan pada tautan berikut: https://youtu.be/R973lUWVfsU?si=PjWaUQX7mIHVr8Zs

Di akhir acara apel pagi, sebagai ucapan terimakasih dan pengikat tali persaudaraan diserahkan tali asih secara langsung oleh ibu Dwi Titik Irdiyanti. Dan acara ditutup dengan do’a, jabat tangan dan foto bersama.

Selamat memasuki masa purna, Bu Nanik Isnaeni. Tetap berkarya dan bermanfaat di masyarakat dalam penuh kesyukuran dan sehat yang paripurna.

Penulis :

Aminah Darmastuti dan Sri Setyaningsih