WORKSHOP PENGELOLAAN KINERJA GURU MELALUI PMM SMK NEGERI 6 SURAKARTA

Dalam rangka meningkatkan efektivitas serta efisiensi kinerja guru, SMK Negeri 6 Surakarta mengadakan Workshop Pengelolaan Kinerja Guru Melalui PMM. Langkah ini bukan sekadar wacana kata-kata belaka, melainkan sebuah wujud Aksi Nyata yang dilakukan SMK Negeri 6 Surakarta dalam rangka mendukung upaya pemerintah guna meningkatkan efektivitas serta efisiensi kinerja guru di sekolah. Kegiatan workshop dibuka oleh Ibu Dwi Titik Irdiyanti S.Si.,M.Pd selaku kepala SMK Negeri 6 Surakarta dengan memberikan semangat, dorongan dan dukungan kepada peserta workshop untuk selalu meningkatkan kinerja dan kompetensinya melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Disela kesibukannya Ibu kepala sekolah menyempatkan hadir memberikan sambutan guna memompa semangat para peserta workshop. Evaluasi kinerja bukanlah menjadi batasan akhir, melainkan sebagai cerminan bagi guru untuk terus berkembang mengikuti dinamika kemajuan zaman dan memberikan yang terbaik dalam bidang pendidikan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber yang pertama yaitu Ibu Nurul Yuhana, S.Pd., M.Si yang memaparkan materi tentang tahapan dalam pengelolaan kinerja guru melalui PMM, yaitu tahap perencanaan yang menjadi panggung awal yang krusial bagi proses pengembangan. Melalui langkah ini, guru memiliki kesempatan untuk menyusun strategi yang lebih terfokus guna meningkatkan kinerja mereka pada indikator rekomendasi. Rapor pendidikan yang terintegrasi di PMM menjadi landasan utama dalam mengarahkan langkah-langkah selanjutnya. Platform Merdeka Mengajar ( PMM ) menjadi sorotan utama dalam memperkenalkan revolusi bagi para pendidik atau guru yang dijadikan sebagai landasan untuk menetapkan standar kinerja yang tak sekedar memajukan dan meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga memberikan anugrah pembelajaran yang berkualitas bagi para peserta didik. PMM menjadi katalisator bagi pencapaian sasaran kinerja yang tak sekadar angka, melainkan cerminan dari sebuah keunggulan pendidikan yang menyeluruh. Pengelolaan Kinerja Guru Melalui PMM mengukir perjalanan panjang yang menghubungkan visi kebutuhan pendidikan dengan upaya pengembangan karier guru, membentuk fondasi utama bagi kesuksesan di ruang pembelajaran.

Selanjutnya pemaparan materi oleh narasumber kedua yang disampaikan oleh Bapak Hery Prakoso Utomo, S.Pd. terkait dengan petunjuk teknis pengisian kinerja guru melalui PMM dengan praktek langsung atau aksi nyata yang diikuti oleh semua peserta workshop tahapan demi tahapan. Praktek pengisian kinerja guru melalui PMM dimulai dari tahap perencanaan, pada tahap ini memberikan pandangan yang jelas dan terperinci bagi guru dalam menyusun rencana yang akan dilaksanakan dengan memilih pendekatan yang tepat, mengidentifikasi strategi yang paling efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran. Dari tahapan ini, guru dapat menetapkan tujuan yang lebih konkret dan terukur, memungkinkan mereka untuk mengarahkan upaya ke area-area yang membutuhkan perhatian lebih besar serta memberikan pemahaman yang mendalam, tidak hanya mengenai kekurangan yang ada, tetapi juga menawarkan arah yang jelas bagi para pendidik untuk mencapai sasaran kinerja yang lebih optimal. Rabu, 10 Januari 2024

 

Penulis : Lagiyo, S.E. M.Ak.